Yamaha RX-King Orisinil Masih Banyak Diburu Kolektor

Ketika masih eranya dulu, Yamaha RX-King termasuk pada jenis motor yang paling digandrungi. Sebab selain mempunyai tenaga yang mumpuni, motor tersebut juga mempunyai suara yang garang.

Nah, seiring dengan perkembangan zaman, motor 2-tak dianggap memberikan kontribusi besar dalam menyumbang polusi. Serta dianggap konsumsi bahan bakar terlalu boros.

Sehingga tidak sedikit orang yang beralih untuk menggunakan kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan. Khususnya bagi mereka yang ingin berhemat (bahan bakar), dan juga dengan memperhatikan beberapa faktor.

Namun untuk saat ini, tidak sedikit pula kolektor motor lawas yang justru memburunya. Sebab motor RX-King mempunyai nilai plus untuk dikendarai. Apalagi banyak klub atau komunitas dari kendaraan roda dua tersebut.

Yamaha RX-King Orisinil Masih Banyak Diburu Kolektor

Yamaha RX-King Orisinil Masih Banyak Diburu Kolektor
Yamaha RX-King / Foto : Kompas/Dony

Diungkap oleh kolektor motor lawas, Purwanto, menyebut bahwa harga RX-King saat ini semakin naik, meski kenaikan tersebut secara bertahap. Apalagi kondisi motor RX-King masih dalam keadaan bagus dan orisinil.

“Motor RX-King dengan kondisi yang masih tidak dimodifikasi, atau dengan kata lain masih standar pabrikan, kondisi tersebut yang sebenarnya semakin banyak dicari.” Papar Purwanto beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Purwanto juga menjelaskan terkait harga yang semakin mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan banyak permintaan, akan tetapi justru kondisi populasi motornya yang saat ini semakin sedikit.

Apalagi, untuk RX-King yang diproduksi pada tahun sebelum 2006. Namun, paling banyak dicari tetap RX-King Cobra.” Jelas Purwanto.

Seperti yang diketahui, tahun 2006 lalu Yamaha melakukan perombakan pada RX-King. Dalam hal ini, ada beberapa ubahan yang diterapkan. Seperti halnya pada bagian lampu depan belakang, hingga knalpot yang digunakan. Dalam hal ini, kanlpot juga sudah menggunakan catalytic converter.

baca juga  7 TIPS Modifikasi Yamaha Jupiter MX Kamu Jadi Lebih NGEBUT!

Sedangkan RX-King Cobra sendiri merupakan motor generasi pertama yang diproduksi tahun 1983 hingga 1991. Nama Cobra diperoleh lantaran bentuk setang yang meliuk-liuk serupa dengan leher ular cobra.

Sedangkan menurut data yang terkumpul dari beberapa situs jual beli kendaraan online, tidak sedikit pula yang menjual RX-King. Namun dari sebagian besar, memberikan penawaran harga yang sangat tinggi.

Bahkan juga masih ada yang menjual RX-King Cobra, yang diproduksi tahun 1991 dalam kondisi baik. Sedangkan untuk harga, mencapai pada kisaran Rp. 20 juta. Sedangkan yang paling banyak dijual, RX-King yang tahun produksinya antara 90-an keatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *