Mau Modifikasi Yamaha Jupiter Z Yang Mudah? Begini Caranya!

Rate this post

Walaupun saat ini motor Matic banyak beredar dan sangat sering kita temui dimana-mana, namun minat sebagian orang terhadap jenis bebek tetaplah tinggi. Salah satu motor bebek yang cukup banyak diminati contohnya yaitu Jupiter Z karena produk buatan Yamaha ini seringkali dipakai untuk ajang mengekspresikan diri para pecinta otomotif yang sering  melakukan modifikasi motor.

Di berbagai daerah, beberapa jenis modifikasi Jupiter Z seringkali terpampang dalam setiap pameran dengan berbagai style yang berbeda dan tampil unik. Jadi, bagi sobat yang memiliki motor Yamaha keluaran jadul ini kalian pun dapat menyulap motor Jupiter Z kalian menjadi cantik dan keren sekalipun kalian seorang pemula karena komponen pokok yang dimiliki oleh kendaraan inisangatlah simple dan gampang. Apalagi jika kalian dibantu oleh teman yang memiliki kemampuan dan kreatifitas dalam mengotak ngatik di bidang otomotif tentu akan semakin keren, baik itu mau dimodel thailand look style, simple, standard ataupun untuk kontes street racing.

Dan jika kalian masih pemula dan bingung ingin memulainya dari mana, silahkan simak tips sederhana Modifikasi Yamaha Jupiter Z yang kami berikan di bawah ini.

Cara Simple Modifikasi Motor Jupiter Z Standard Untuk Pemula

modifikasi-jupiter-z-drag-bike-thailook simple
Foto Modifikasi Motor Jupiter Z Drag Bike Thailook Simple

1. Modifikasi Warna Motor

Diantara beberapa cara untuk melakukan modifikasi motor Jupiter Z 2005, 2008, 2009 ataupun jenis keluaran lainnya, biasanya yang pertama-tama dilakukan ialah merubah warna body motor dengan mengecatnya terlebih dahulu. Kalian dapat membuat gambar yang kalian sukai seperti karakter anime, tokoh komik / super hero, gambar figur idola, ataupun model abstrak sekalipun dengan tujuan memberikan sentuhan yang menarik dan berbeda pada kendaraan yang kalian miliki tersebut baik itu dengan menggunakan air brush ataupun membuat pola desainnya terlebih dahulu.

Menggunakan Scotlite atau yang biasa disebut skotlet yang telah dibentuk dengan desain yang sedemikian rupa dapat menjadi salah satu alternatif yang sering disarankan orang lain bagi yang ingin modifikasi tidak permanen pada body motornya. Ditambah lagi saat ini sudah banyak orang menjualnya dimana-mana, membuat semakin mudahnya untuk mendapatkan stiker untuk motor ini. Akan tetapi kami sangat tidak menyarankan cara tersebut jika kalian ingin memodifikasi warna atau desain bodi motor kalian karena kalian akan merasakan hal-hal merugikan yang tidak diinginkan oleh siapapun yang sayang terhadap kendaraan pribadinya, seperti lem bekas dari scotlite yang cukup susah untuk dihilangkan ataupun bodi yang terkena baretan cutter ketika memasang skotlet tersebut.

baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Isi Angin Ban Dengan Nitrogen

2. Memberikan Kesan Tambahan Pada Motor

Jika sudah selesai dengan urusan desain serta warna bodi, tips modifikasi motor Jupiter z selanjutnya ialah kalian dapat memberikan sentuhan kesan tambahan. Salah satunya seperti memberikan lapisan chrome pada bagian behel jok belakang sehingga terkesan modern atau bisa juga mengganti joknya dengan yang berbentuk rata dudukannya serta mengganti sadel motor kalian dengan motif yang menarik dan keren.

3. Mengganti Spion

Kemudian tips selanjutnya yang kami sarankan untuk modif standard pada motor Jupiter Z yang kalian miliki yaitu mengganti spion bawaannya. Jika kalian ingin memberikan kesan tampilan klasik yang kuat pada kendaraan kesayangan kalian tersebut, coba gunakan Spion Retro yang cukup banyak disarankan oleh para otomotif lovers lainnya.

4. Mengganti Velg

Apabila kalian menyukai hal-hal yang berkesan klasik, dibandingkan menggunakan velg baling-balik sebaiknya pilih modifikasi jupiter z yang mengguakan velg jari-jari. Selain itu agar lebih matching dengan tampilan bodi yang telah dirubah sebelumnya, pastikan kalian mnerapkan perpaduan warna yang sesuai dengan velg tersebut agar terlihat semakin menarik.

Cara Modif Jupiter Z Road Race atau Racing

Berbeda dengan cara modifikasi motor jupiter z standard yang hanya membuat tampilan bodi dan keseluruhannya menjadi terlihat keren dan kece abis, modif motor Road Race sendiri lebih condong bertujuan untuk membuat kendaraan yang dimiliki dapat melaju lebih kencang di jalanan. Hal ini biasanya dilakukan oleh sobat pecinta otomotif yang gemar melakukan balapan liar di tempat-tempat tertentu untuk racing dengan pembalap lainnya.

Modifikasi dengan konsep Road Race banyak digemari oleh anak-anak muda di berbagai daerah terutama yang hobi balapan. Apalagi konsep tersebut sangatlah cocok untuk diimplementasikan pada motor Jupiter Z. Sebab desain mesin produk buatan Yamaha ini dapat diotak atik menjadi kapasitas 250 cc, desain bodi yang pas dan ramping membuatnya gesit dan dapat lebih cepat dikendalikan sekalipun di tikungan tajam, sehingga membuat motor ini menjadi incaran banyak orang untuk dijadikan kendaraan balap liar.

baca juga  35+ Foto Terbaik Modifikasi Honda Beat Terbaru 2018

Adapun cara untuk melakukan modifikasi Jupiter Z menjadi motor Road Race yang biasa digunakan orang pada umumnya ialah sebagai berikut.

  1. Menggunakan CDI Rextor pada timing 35 derajat sebelum TMA
  2. Gunakan Knalpot WRX
  3. Menggunakan kombinasi jetting ukuran 22,5/165
  4. Menggunakan karburator jenis MIKUNI TM 24 SUDCO USA
  5. Memakai Bosh Klep yang baru.
  6. Menggunakan Extreme Cylinder Heads
  7. Diameter klep cs1 dikecilkan menjadi 26/23
  8. Transmisi Close-ratio spec terakhir
  9. Menggunakan kombinasi lift 9,1 mm, lsa 103 dan cam durasi 272
  10. Porting diperbesar 1mm dari ukuran standard
  11. Menggunakan kompresi 12,4 : 1 untuk Engine Braking dapur pacunya
  12. Menggunakan Piston Daytona berdiameter 52mm dan dome 3mm
  13. Balancer dibuat menjadi 450 gram dengan bobot magnet standard yang telah dibubut 1,5 mm

Kalian dapat melihat contoh konsep modifikasi motor Jupiter Z Road Race di bawah ini

Foto-Modifikasi-Jupiter-Z-Road-Race-Terbaru
Foto Modifikasi Jupiter Z Road Race Terbaru

Konsep Modifikasi Jupiter Z Racing

Konsep racing menjadi alternatif lain bagi pecinta motor yang tidak begitu berminat pada model road race Jupiter Z. Adapun bentuk motor modifikasi racing sebenarnya bisa dikatakan sama persis dengan model motor balap pada umumnya. Sobat pecinta otomotif yang dalam kesehariannya bergelut dengan berbagai jenis aktivitas modif tentu sangatlah paham seperti apa detail dari motor racing itu sendiri.

Berbagai macam jenis Jupiter Z dapat kalian terapkan konsep racing ini, mulai dari keluaran 2005, 2008, 2009 ataupun yang lainnya. Sebab kunci utama dari modifikasi motor jenis ini adalah uang, dimana kalian akan membutuhkan modal yang cukup besar untuk merombak kendaraan kesayangan kalian tersebut menjadi sempurna sesuai keinginan dan tentunya memiliki kecepatan yang tinggi ketika adu balapan dengan orang lain.

Apabila modal yang kalian gelontorkan untuk memodif motor Jupiter Z kesayangan kalian hanya setengah-setengah, maka hasil dan performa yang kalian dapatkan pun juga tidaklah maksimal alias setengah-setengah juga. Tentu kalian tidak ingin hal seperti itu terjadi pada motor kalian bukan?

baca juga  3 Cara Merawat Leher Knalpot Supaya Tidak Menguning

Modifikasi Jupiter Z Drag Bike

Drag Race atau balapan dengan lintasan yang pendek merupakan salah satu ajang balapan liar yang sering dilakukan oleh pembalap liar pada umumnya. Selain jenis road race, motor Jupiter Z juga biasanya dimodif menjadi drag bike yang mana pemiliknya akan memodifikasi mesinnya agar memiliki tarikan yang lebih kencang dan maksimal kecepatannya dari sebelumnya untuk balapan di lintasan yang pendek atau biasanya berjarak beberapa ratus meter saja.

Maka dari itu untuk konsep motor Drag Race Jupiter Z biasanya para modifikator hanya mempreteli bodinya untuk mengurangi bobot agar dapat lebih ringan ketika melaju serta melakukan perubahan pada desain mesinnya untuk menyesuaikan jarak tempuh track drag yang akan digunakan baalapan dengan top speed dari mesin tersebut.

Agar tidak penasaran, kalian dapat melihat contoh Motor Jupiter Z Drag Bike hasil modifikasi oleh pecinta otomotif dari berbagai daerah di Indonesia yang di bawah ini.

Foto-Modifikasi-Jupiter-Z-Drag-Bike-Terbaru

motor-jupiter-z-modifikasi-black motor-jupiter-modifikasi-drag modifikasi-yamaha-jupiter-z-drag modifikasi-yamaha-jupiter-z-2008-air-brush

Tags: