4 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh (TOURING)

Rate this post

Persiapan Sebelum Touring– Touring atau perjalanan jarak jauh biasanya dilakukan untuk menjelajah jalanan demi tujuan yang berbeda-beda. Ada yang memang memiliki tujuan pasti (misalnya berkunjung ke keluarga), dan ada juga yang melakukan touring hanya untuk mengelilingi beberapa tempat, biasanya mereka ingin menghibur diri dan menyalurkan hobby-nya. Apapun tujuannya, touring adalah suatu kegiatan yang menyenangkan namun juga sekaligus melelahkan. Pada saat di perjalanan, para rider sudah pasti memanjakan matanya dengan banyak pemandangan indah yang dilaluinya menuju tempat yang dituju. Hal ini dapat mengurangi rasa lelah yang diperoleh dari berkendara jarak jauh yang membutuhkan waktu yang relative lama.

Tips-Sebelum-Melakukan-Touring
Tips Sebelum Melakukan Touring

Untuk melakukan perjalanan jarak jauh (touring), kalian perlu mempersiapkan diri. Adapun hal yang harus kalian perhatikan sebelum melaksanakan kegiatan ini yaitu:

1.Persiapkan Kendaraan Untuk Touring

Langkah awal yang harus kalian perhatikan yaitu kendaraan kalian yang akan kalian gunakan untuk berkendara jarak jauh (touring). Adapun hal yang harus diperhatikan dalam hal ini yaitu mesin motor, speedometer, rantai motor, sistem pengereman, pencahayaan (lampu utama, lampu sein, lampu belakang), kondisi velg, ban dan tekanan ban.

Kalian juga bisa memeriksa bahan bakar sebelumnya, kami sarankan kalian isi penuh tangki bahan bakar kalian sebelum hari H keberangkatan. Selanjutnya cek oli mesin, kami sarankan jika kalian ingin bepergian jarak jauh, maka kalian bisa mengganti oli mesin terlebih dahulu. Jika semuanya dirasa sudah beres, maka kalian bisa mempersipkan hal lain. Namun, jika kalian mendapati motor kalian ada yang tidak normal, maka segeralah kalian melakukan perawatan atau perbaikan.

2.Kesehatan Diri

Sebelum berangkat, kalian harus memastikan kesehatan kalian, baik itu kesehatan jasmani maupun kesehatan rohaniah. Selain itu, kalian juga harus sehat secara financial, hehehe. Jika ketiga hal pada poin pertama ini sudah terpenuhi, maka kalian sudah bisa touring dengan rasa aman dan juga nyaman. Tinggal bagaimana nanti kalian menjaga kesehatan saat dalam perjalanan.

baca juga  5 Cara Merawat Shockbreaker Motor Yang Benar Agar Tetap Awet

3.Tentukan Rute dan Destinasi Yang Akan Dilalui

Selanjutnya, silahkan kalian menentukan rute atau destinasi yang ingin atau akan kalian lalui. Jika mungkin, kalian juga sudah bisa mengancang-ancang waktu yang akan kalian tempuh hingga tiba ditujuan. Jika tempat yang kalian tuju memang sudah familiar dan memang sudah sering sekali kalian datangi, maka akan sangat mudah bagi kalian untuk memperkiran waktu tempuhnya.

Namun jika tempat yang kalian tuju adalah tempat yang belum pernah kalian kunjungi, maka kalian bisa mencari tahu informasi tentang tempat tersebut dengan melakukan survey. Untuk melakukan survey lokasi, kalian bisa meminta bantuan pada google maps. Dengan aplikasi ini, kalian juga dapat mengetahui rute dan waktu tempuh perjalanan kalian.

4.Safety Rider

Setelah mengetahui rute dan destinasi yang akan dilalui, maka selanjutnya kalian bisa mulai mempersiapkan safety rider. Adapun yang harus dipersiapkan dalam hal ini yaitu:

  • Helm berstandar nasional (SNI)
  • Sepatu
  • Protector kaki dan juga siku
  • Sun glases
  • Jaket tebal (usahakan yang menggunakan bahan kulit)
  • GPS (kalian bisa menggunakan aplikasi di handphone kalian)

Setelah kalian melakukan 4 tips di atas, maka selanjutnya kalian sudah bisa bersipa-siap dan jangan lupa untuk selalu berdoa meminta keselamatan pada Tuhan Yang Maha Esa. Jangan lupa juga untuk meminta ijin dan restu dari orang rumah (orang tua, istri, suami, anak, kakak, adik, dsb.) agar banyak yang mendoakan kalian saat dalam perjalanan hingga sampai di tempat tujuan.

Saat kalian dalam perjalanan, ingatlah untuk tetap berhati-hati saat berkendara, agar kalian dapat sampai ditujuan dan bisa pulang dengan selamat pula, sebab ada keluarga yang menanti kalian pulang dengan selamat. Kalian tentu masih ingin berkumpul dan bercanda ria dengan orang-orang yang kalian sayangi dan menyayangi kalin, bukan. Maka dari itu, tetaplah berkendara dengan aman dan tertib.

baca juga  3 Cara Mengganti Rantai Motor Dengan Benar

Nah, itulah tips dari kami untuk kalian sebelum melaksanakan perjalanan jarak jauh, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua para sahabat modifikasimotorz. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Tags: