7 Cara Perawatan Motor Disaat Musim Hujan Tiba

Rate this post

Perawatan Motor Di Musim Hujan – Jika musim hujan tiba, maka hari-haripun akan dihiasi dengan tetesan air yang turun dari langit setiap saat. Nah, saat musim penghujan tiba, maka kalian para pengendara motor harus bersiap-siap nih untuk melakukan perawatan ekstra untuk kendaraan kalian. Yap, perawatan motor yang terkena hujan memang agak sedikit ribet dibanding perawatan motor pada hari-hari biasa.

Perawatan-Motor-Disaat-Musim-Hujan-Tiba
Perawatan Motor Disaat Musim Hujan Tiba

Air hujan mengandung asam yang dapat menyebabkan cat motor ataupun mobil damenjadi pundar dan luntur. Untuk menghindari hal itu terjadi, maka kalian harus merawat motor kalian dengan benar. Adapun cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat motor kalian pada saat musim hujan yaitu dengan cara berikut.

  1. Bersihkan Motor Setelah Terkena Air Hujan

Membersihkan motor setelah terkena air hujan bertujuan agar dapat melunturkan kandungan asam yang terdapat pada air hujan yang terlanjur menempel pada motor kalian. Ingat yah sahabat modifikasimotorz, kalian harus mencuci motor kalian dengan air bersih yang bukan merupakan air hujan. Jangan sampai kalian mencucinya dengan air hujan yang telah kalian tampung. Jika ini terjadi, maka motor kalian akan lebih beresiko mengalami pengkaratan dan keindahan warna motor kalian juga akan luntur dan memudar.

Setelah mencuci motor, usahakan untuk menginjak pedal brake (rem) terlebih dahulu agar kanvas motor kalian bisa kering. Sebab  kanvas rem pada umumnya terbuat dari asbes yang apabila terkena air akan mengakibatkan penggelembungan (menggelembung) serta mengeras jika sudah kering.

  1. Tambahkan Angin Pada Ban

Perawatan-Motor-Disaat-Musim-Hujan-Tiba
Perawatan Motor Disaat Musim Hujan Tiba

Pada saat musim hujan, tidak sediki tempat yang jalannya tergenangi air akibat derasnya hujan. Jika kalian melalui jalanan dengan genangan air ini, maka setelah itu kalian hendaklah memeriksa keadaan ban motor kalian, apakah masih normal atau butuh tambahan angin. Kalian bisa cek dengan cara menekan ban motor dengan kedua jempol tangan kalian.

baca juga  Mau Motor Matic Touring Yang NYAMAN? 5 Tips Modif ini Wajib Kamu Coba!

Jika masih keras saat ditekan, maka itu menandakan bahwa tekanan ban masih dalam keadaan normal. Namun  jika sebaliknya, kalian hendaklah menambah tekanan angin pada ban motor kalian. Sebab jika tekanan angin pada ban kurang, maka permukaan telapak ban akan bersentuhan dengan permukaan jalan. Hal ini dapat mengakibatkan tarikan motor jadi lebih berat dan akan membuat ban motor lebih cepat mengalami penipisan ban (ban gundul).

  1. Perhatikan Busi

Perawatan-Motor-Disaat-Musim-Hujan-Tiba
Perawatan Motor Disaat Musim Hujan Tiba

Busi dikatakan sebagai salah satu komponen motor yang berperan sebagai jantung. Sebab tanpa busi, motor tidak akan bisa berfungsi sama sekali. Komponen motor yang sangat sensitive pada saat musim penghujan tiba yaitu komponen ini. Jadi setelah kalian selesai membersihkan motor kalian, maka hendaklah memeriksa keadaan busi ini. Jika busi ini basah, maka kalian bisa meniupnya agar kering dan juga kotoran yang melekat pada busi juga bisa ikut hilang. Saat kalian melakukan pengecekan terhadap busi, maka jangan lupa juga untuk mengecek kabel-kabelnya.

  1. Periksa Rantai Motor

Kandungan asam yang terkadung pada air hujan dapat membuat besi rentan terkena karat, begitupun dengan rantai motor. Apalagi jika kendaraan kalian tidak menggunakan penutup rantai. Maka dari itu kalian bisa melakukan pencegahan pengkaratan pada rantai motor dengan cara membersihkannya dengan air bersih yang mengalir sembari menggosoknya dengan air lap bersih. Dan jika rantai motor kendor, maka kalian bisa menggantinya dengan rantai motor yang baru.

  1. Perhatikan Knalpot Motor

Kotoran yang disebabkan air hujan yang bercampur dengan debu biasanya tidak menempel pada body dan spakboard saja, namun juga pada bagian leher knalpot.  Maka dari itu, kalian bisa membersihkan bagian ini supaya sistem pembuangannya tetap dapat berfungsi dengan baik. Caranya mudah, kalian tinggal menyemprotkan oli ke dalam knalpot kemudian oleskan grese pada leher knapot.

  1. Periksa Filter Udara

Saat motor kalian baru saja terkena hujan, maka kalian bisa membersihkan komponen kotak filter udara. Dimana komponen motor yang satu ini juga sangat penting untuk performa mesin motor kalian. Jika filter udara ini sampai basah, maka sistem pembakaran yang terjadi di ruang bakar otomatis akan terganggu. Maka dari itu silhkan kalian periksa bagian ini setelah nekat menembus hujan.

baca juga  3 Cara Mengetahui Penyebab Motor Mogok

Itulah tips dari kami mengenai 7 Cara Perawatan Motor Disaat Musim Hujan Tiba, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jika kalian memiliki tips tambahan mengenai hal ini, kalian bisa membagikan tips kalian di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca.

Tags: