Tips Naik Motor Matic Di Tanjakan Dan Turunan

Tidak banyak yang tahu bahwa Naik Motor Matic Di Tanjakan ataupun turunan ternyata ada tipsnya. Dalam hal ini tentu membutuhkan jam terbang yang lebih banyak, sehingga proses berkendara motor matic tersebut tidak membahayakan diri sendiri atapun pengendara lain.

Jika hanya melihat dari sistem kontrol yang tampak begitu mudah, justru motor matic lebih berbahaya dibanding dengan motor dengan roda gigi. Khususnya ketika dikendarai pada jalan menanjak dan juga sebaliknya.

Nah bagi sebagian orang, mungkin hanya berpikir tentang menarik handle gas atau juga rem depan belakang. Namun sesungguhnya, dibalik berkendara tersebut ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Dengan tujuan untuk menjaga keselamatan dan juga berkendara lebih nyaman.

Tips Naik Motor Matic Di Tanjakan Dan Turunan

Tips Naik Motor Matic Di Tanjakan Dan Turunan

Untuk memberikan jawaban tentang beberapa pertanyaan mengenai tata cara mengendarai motor matic. Khususnya ketika digunakan pada jalanan yang menanjak atau menurun. Maka tips berikut bisa menjadi penambah ilmu sebelum berkendara.

1. Tips Naik Motor Matic Ditanjakan

Ketika sedang berada pada jalanan menanjak dengan jarak jauh dan tinggi. Mungkin bagi orang yang awam akan merasa bingung, lantaran kondisi akan sangat berbeda dengan tanjakan jarak pendek. Tips ini sangat sesuai ketika anda sedang berkendara di pegunungan.

Pasalnya, ketika naik gunung, jalan pastinya berkelok, dan juga mempunyai tanjakan yang panjang. Dan apabila dikendarai oleh orang yang belum paham, kadang motor ngadat ditengah jalan. Atau bahkan menjadikan mesin motor mati. Tips yang bisa dilakukan ialah :

  • Pastikan kondisi motor dalam keadaan baik, serta sudah diganti oli (jika niat untuk pergi ke puncak).
  • Cek kondisi rem (depan dan belakang), apa masih bekerja dengan baik atau tidak.
  • Usahakan pengendara dalam keadaan tenang, dan tidak takut (gugup).
  • Lakukan tancap gas (jangan tanggung-tanggung), namun juga diukur dari segi keselamatan. Sebab pada kondisi ini, umumnya orang yang tanggung menarik handle gas, maka motor tidak akan naik atau bahkan mesin mati.
  • Usahakan pula lebih waspada dalam memperhatikan jalan (apalagi anda belum kenal dengan kondisi jalan tersebut).
baca juga  Inilah Kelebihan dan Kekurangan Memakai Footstep Underbone Racing!

2. Tips Naik Motor Di Turunan

Berbanding terbalik dengan kondisi jalan yang menanjak, tips pada jalan menurun lebih mengandalkan penggunaan rem. Namun bukan hanya itu saja, sebab ada tips sederhana yang diperoleh dari pengalaman pribadi penulis. Seperti apa? Berikut selengkapnya!

  • Seperti poin diatas, pastikan kondisi rem dalam keadaan baik. Intinya mempunyai daya cengkeram yang masih bagus.
  • Ketika berada pada jalan menurun, jangan serta merta mengosongkan gas motor. Sebab hal tersebut akan membuat kendaraan roda tersebut meluncur lebih cepat.
  • Buka sedikit handle gas, sembari melakukan pengereman. Dengan demikian, mesin motor juga turut membantu proses tersebut. (Meski berbahaya untuk komponen motor, namun akan lebih bahaya jika tidak dimanfaatkan)

Demikian untuk Tips Naik Motor Matic Di Tanjakan Dan Turunan. Semoga yang kami tulis bisa memberikan informasi yang memang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *