Tips Mudah Merawat Motor Honda C 70

Populernya Motor Honda C 70 ini masih memiliki peminat yang tinggi hal ini bisa dilihat di berbagai kota yang memiliki komunitas pecinta motor ini. Bisa dilihat dan meskipun ada beberapa yang memodif untuk keperluan tertentu namun estetika desain aslinya tidak berkurang.

Motor ini di produksi oleh pabrik Honda sekitar tahun 70 an. Walaupun memiliki cc 70 namun motor ini bisa dikatakan bandel juga. Desainnya yang sederhana dan menarik seperti sepeda ontel namun bermesin. Motor ini masuk juga dalam kategori 4 tak.

Motor ini juga memiliki nama yang berbeda beda disetiap kota. Dijakarta dikenal dengan nama Si Pitung, di Yogyakarta dikenal dengan Motor Pitungpuluan, di Madura dikenal dengan Moto Walang, di Bali dikenal dengan Motor Cekupluk, di Lampung dikenal dengan Motor Jangkrik, di Medan dikenal dengan Motor Astusi, dan diSurabaya dikenal dengan Motor Kuntul, dan lain sebagainya.

Tips Mudah Merawat Honnda C 70

Sumber gambar: 2.bp.blogspot.com

1. Memanaskan Mesin

Sebelum menggunakan motor tua ini ada baiknya jika melakukan pemanasan mesin hal ini dikarenakan kondisinya yang lumayan cukup tua sehingga bisa membantu performa mesin sebelum melakukan perjalanan.

Dan hal itu juga dimaksudkan supaya aliran oli bisa menyebar ke seluruh bagian mesin. Baiknya memanaskan mesin kurang lebih sekitar 5 menit.

2. Memilih Spare-parts

Pemilihan spare-part ini tentunya lakukan dengan memilih yang orisinil. Memang begitu sulit mencari spare-part motor tua ini. Namun hal itu bisa diakali dengan mengganti spare-part menggunakan motor honda lainnya. Yang perlu dilakukan ialah mencari yang mirip dan bisa diterapkan pada motor tua ini.

baca juga  Oli Mesin Terbaik Buat Motor Matic 2018!

3. Periksa Kabel Coil dan Busi

Seperti hal nya pada motor lainnya namun pengecekan pada motor tua ini harus dilakukan sesering mungkin. Karena umurnya yang cukup tua tentu perlu perawatan extra juga. Jika dirasa perlu untuk menggantinya maka segeralah ganti untuk kenyamanan berkendara.

4. Periksa Selang Bensin

Karena kebutuhan bahan bakar selang ini pun juga perlu perhatian extra. Jika melihat atau kedapatan selang sudah kotor sebaiknya dibersihkan dahulu atau bisa diganti dengan yang baru. Dan baiknya menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi seperti Pertamax.

5. Periksa Rantai dan Gear

Perhatikan kondisi rantai. Jangan biarkan kondisi rantai ini kendor dan gear jangansampai dalam kondisi tajam. Jika hal ini tetap dibiarkan maka jika berkendara akan mengalami putusnya rantai tiba tiba.

6. Kondisi Oli

Pilihlah oli yang bagus. Tidak hanya pada oli mesin saja. Lakukan pemeliharaan oli pada bagian yang memang membutuhkan supaya tidak mengalami aus. Oli ini menjadi penentu awet tidaknya spare-part yang kita gunakan pada motor ini.

7. Kondisi Accu

Kondisi accu juga sangat baik jika dilakukan pemeliharaan berkala. Hal ini untuk memacu motor ini dalam keadaan maksimum. Apabila accu melemah maka hantaran listrik yang terjadi akan mengalami masalah pada motor tua ini.

Cukup mudah bukan melakukan perawatan Honda C 70? Kini saatnya untuk melakukan perawatan rutin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *