Tips Mudah Merawat Karburator Motor

Karburator menjadi salah satu bagian paling penting untuk kendaraan apapun, yang dimana fungsinya agar dapat mengatur volume campuran bahan bakar beserta udara yang akan masuk ke bagian pembakaran. Jika karburator kendaraan Anda mengalami kerusakan, kotor atau pemasangan yang tidak tepat.

Kondisi tersebut akan sangat mempengaruhi laju motor Anda sehingga perawatan pada karburator sangat dibutuhkan untuk kendaraan apapun karena merupakan bagian vital dari kendaraan tersebut. Maka dari itu silahkan simak beberapa tips dibawah ini mengenai tips merawat karburator motor dari modifikasimotorz.com.

Beberapa Tips Mudah Merawat Karburator Motor

Sumber Gambar: autos.id

1. Bersihkan filter udara

Untuk bisa membersihkan bagian filter udara Anda cukup melepaskan filter udara ada pada mulut karburator, cara dengan mengambil busa filter kemudian dibersihkan dengan air yang bersih lalu biarkan sampai kering dan jangan sekali-sekali membersihkannya dengan menggunakan alat penyemprot udara bertekanan tinggi sebab akan menimbulkan dapat seperti rusaknya pori-pori pada dilter udara tersebut.

2. Lepaskan mangkuk karburator, pelmapung serta jarumnya

Ketika sudah Anda lepaskan sebaiknya ditaruh di wadah yang aman agar nantinya ketika ingin memsanganya kembali tidak susah untuk menemukannya. Apabila sudah terlepas semuanya Anda dapat mulai membersihkan karburator dengan menggunakan kuas kemudian semprot bagian sela-selanya dengan udara bertekanan tinggi.

Setelah itu Anda dapat menggunakan amplas yang halus untuk membersihkan bagian kotor yang ada di spuyer. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa jangan mengamplasnya terlalu lama, bisa saja spuyer kendaraan Anda mengalami perubahan ukuran.

3. Cara membuka yang benar

Cobalah untuk membuka karburator dengan cara yang tepat yakni dengan melepas baut-baut yang terpasang, membuka tutup karburator, katup cuk serta keran bensin. Pakailah kunci atau alat perkakas yang sesuai seupaya semua komponen tidak cepat aus. Jika semuanya sudah dilepas taruhlah ditempat atau wadah yang berisikan cairan pembersih, termasuk menggunakan bensin sebagai cairan pembersih.

baca juga  Tips Merawat Motor Habis Turun Mesin

4. Memasang kembali spuyer

Setelah bagian spuyer sudah dibersihkan saatnya untuk memasang kembali ketempat semula. Pakailah obeng spuyer untuk merapatkan kembali dan jangan terlalu kencang atau keras, hanya diputar dengan 2 jari saja untuk memutar obeng tersebut. Kemudian menyetel pelampung, sebaiknya sebelum komponen karburator dipasang Anda harus menyetel tinggi pelampung bahan bakar dengan memakai jangka sorong.

5. Merakit karburator kembali

Ketika semuanya sudah selesai baik dari pembersihan filter, spuyer dan komponen lainnya. Anda tinggal memasang kembali karburator motor Anda dan mengembalikan bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dengan memasang kembali filter udara kemudian menyetel langsam motor dalam keadaan mesin menyala. Lalu mengatur spuyer angin, Anda hanya perlu memutarnya searah jarum jam rasakan tekanan anginnya sesuai standar mesin motor Anda.

Demikianlah tips merawat karburator dengan baik, khususnya untuk Anda yang ingin merawat karburator Anda di rumah tanpa harus mngeluarkan budget lebih untuk sekedar membersihkan dan melihat kondisi karburator kendaraan Anda sendiri. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat sebagai refrensi perawatan kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *