Tips Mudah Memperbaiki Karburator Motor

Memiliki kendaraan bermotor bukan berarti kamu hanya bisa mengendarainya saja tanpa tahu cara melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Komponen yang paling vital dan sering mengalami gangguan adalah karburator. Tentu akan sangat berguna sekali jika kamu dapat melakukan perbaikan sederhana terhadap karburator untuk menjaga performa motor kamu agar tetap prima.

Berikut ini adalah beberapa tips bermanfaat untuk memperbaiki karburator motor ala modifikasimotorz.com. Daripada harus membawanya kebengkel, mending diperbaiki sendiri asal tahu benar caranya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Beberapa Hal yang Harus diperhatikan Saat Memperbaiki karburator

Gambar oleh: .autos.id

Atasi Kebocoran Bahan Bakar

Hal penting yang harus diperhatikan pertama kali adalah, mengatasi kebocoran bahan bakar karena mur pengunci mangkuk bensin macet akibat sering diservis atau drat sekrup yang rusak akbiat tidak memperhatikan prosedur pengencangan yang benar. Untuk mengatasinya, cukup dengan merapatkan sekrup menggunakan pelat kaleng bekas minuman yang dipotong setengah hingga berukuran sekrup untuk mengganjal rumah drat barulah baut pengikat dimasukkan setelahnya.

Sekrup Penyetel Udara

Agar sekrup penyetel udara mudah diseting sesuai dengan kebutuhan pemilik kendaraan, maka harus dilengkapi dengan per peregang. Nah, jika tipe motor kamu berkarburator sport dan supaya per tetap kuat meregang maka harus dipotong satu ulir kemudian ditarik menggunakan tang atau bisa juga memanfaatkan pegas bolpoin kalau memang per nya agar besar. Selain itu, jika o-ring atau cincin bulat pada sekrup udara sudah rusak karena lama dipakai, maka ganti saja dengan karet bekas ban.

Mangkuk Bensin di Karbu

Pada mangkuk bensin di karburator motor terdapat sebuah bahan berjenis kertas biasa dikenal dengan paking yang kuat bertujuan untuk menjaga kerapatan antara mangkuk dengan bodi karbu agar tetap rapat dan anti bocor. Namun, jika secara tidak sengaja dibongkar, maka akan robek. Untuk menggantinya, kamu bisa menggunakan karton buku bekas dan dipotong sesuai gasket lalu pasang serta gabungkan bersama paking asli kemudian kunci dengan sekrup pengikatnya.

baca juga  3 Cara Membuat Stang Jepit Untuk Motor Sport (Vixion) Terasa Nyaman Digunakan Saat Berkendara

Cek Jarum Spuyer

O-ring adalah benda yang wajib ada di jarum spuyer. Warnanya hitam dan bentuknya kecil dan berada di antara ulir main – jet. Jika tidak hati – hati melepasnya saat membuka karbu, maka o-ring tersebut akan hilang. Sehingga jarum spuyer tidak dapat memberikan hasil yang akurat pada kendaraanmu. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan o-ring bekas pada korek gas dan langsung dipasang ke jarum spuyer serta tambahkan oli untuk pelicin.

Penambahan Lubang Udara

Saluran udara yang terdapat pada mangkuk karburator berfungsi untuk mengatur tekanan udara agar sama di dalam dan luarnya. Di beberapa motor sayangnya hanya terdapat satu lubang udara saja sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan tekanan udara. Hal yang perlu dilakukan adalah menambahkan lubang baru. Caranya dengan menambahkan lubang baru menggunakan bor dengan mata berukuran 1 mm. Lakukan pengeboran secara perlahan agar tidak merusak dinding skep.

Penutup Karburator

Saat kamu ingin membuka penutup rumah selongsong skep pada karburator, maka jangan lakukan dengan paksa misalnya menggunakan tang sebab akan bermasalah nantinya. Untuk itu, kamu disarankan untuk lebih dulu menggunakan pelindung yang terbuat dari ban bekas. Yang perlu kamu lakukan adalah potong karet berbentuk lingkaran sesuai lebar gerigi lalu pasang di atas tutup. Jangan lupa juga untuk mengganti cincin karet dibalik penutup yang sudah rusak karena lama digunakan.

Demikian artikel tentang tips memperbaiki kerusakan pada karburator motor kamu. Semoga tulisan pada artikel ini bisa memberikan sedikit referensi untuk kamu yang ingin belajar memperbaiki motor secara otodidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *