Mau Motor Matic Touring Yang NYAMAN? 5 Tips Modif ini Wajib Kamu Coba!

Rate this post

Touring biasanya dilaksanakan oleh komunitas atau klub motor yang ber-CC tinggi atau biasa disebut moge. Namun, sekarang bukan hanya pemilik motor gede saja yang bisa melakukan touring, pengguna matic pun bisa. Matic memang memberikan rasa nyaman yang luar biasa saat melakukan perjalanan, tak heran jika belakangan ini tak sedikit motor matic yang digunakan untuk touring. Tetapi, sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan matic kalian untuk touring,  maka kalian harus menyimak 5 tips modifikasi motor matic touring di bawah ini.

5 Tips Modifikasi Motor Matic Untuk Touring Yang Nyaman

modifikasi-motor-matic-untuk-touring
modifikasi motor matic untuk touring

1. Sesuaikan Dengan Kondisi Jalan, Iklim, Dan Bobot Barang bawaan

Dikutip dari halaman liputan6.com, Ikim Muhammad selaku pemilik bengkel RI Matic, untuk membuat motor kalian kuat untuk touring, ada baiknya jika kalian memperhatikan kondisi jalan, iklim, dan bobot barang bawaan kalian saat hendak touring.

“Kalau saya standardisasinya sama, jarak perjalanan seperti pantura, roller turun 2 gram. Kalau perbukitan, turun 3 gram,” ucap Ikim kepada liputan6.com.

Bukan hanya itu, Ikim berpendapat bahwa penggunaan roller yang lebih ringan dan di padu  padankan dengan beberapa perubahan terhadap bagian CVT dapat menjadikan motor matic kalian menjadi semakin tangguh untuk touring.

2. Tambahkan Busa Pada Jok Motor

Touring mewajibkan kalian untuk menyusuri perjalanan jarak jauh. Maka dari itu, modifikasi motor kalian dengan menambahkan busa pada jok motor atau kalian  juga dapat  membeli satu set aftermark seat yang dapat kamu temukan dengan mudah di toko modifikasi. Kalian sudah pasti tidak mau jika kalian bepergian jarak jauh dengan jok motor yang tipis yang sudah pasti dapat membuat kalian pegal, kan?

3. Pasang Aksesoris Windshield

Motor kalian sudah dilengkapi dengan windshield atau belum? Jika belum, langkah selanjutnya yang harus kalian ambil yaitu menambahkan aksesoris motor windshield pada motor kalian.  Aksesoris windshield mempunyai fungsi untuk membantu motor kalian menahan terjangan angin dan membuat motor lebih aerodinamis. Windshield juga dapat menjadikan matic jadi makin  irit. Hal ini terjadi karena angin tidak menghalangi pergerakan motor.

baca juga  Cara Modifikasi Motor Yamaha RX-King Untuk Keseharian dan Road Race [RECOMENDED]

4. Raiser Stang

Saat kalian mau menggunakan matic kalian untuk touring, kalian bisa menambahkan tinggi stang motor kalian. Ketika kalian menambahkan tinggi stang, itu artinya kalian mengubah ergonomis menjadi lebih tegak yang akan membuat perjalanan kalian terasa lebih nyaman.

Pilihlah raiser yang bahannya terbuat dari baja yang sangat kuat sehingga mengurangi resiko pecah jika motor kalian nantinya melintasi jalan yang berlubang yang mengakibatkan benturan atau hal lainnya.

5. Kotak atau Bagasi Tambahan

Saat melakukan tour, sudah pasti kebutuhan dan barang yang kalian ikut sertakan lumayan banyak. Secara, kalian akan bepergian bukan hanya satu hari saja. Maka dari itu, kalian pasti butuh tempat lebih untuk membawa kebutuhan kalian yang memang menurut kalian harus dibawa.

Untuk mengatasi itu semua, kalian bisa menambahkan kotak atau bagasi tambahan ke dalam list modifikasi motor kamu. Kotak ini mempunyai banyak fungsi yang sangat membantu, selain bisa menyimpan barang bawaan, kotak ini dapat digunakan untuk membawa bekal dan jas hujan juga.

Itulah 5 tips untuk memodikasi motor matic kalian agar nyaman digunakan untuk touring. Sebelum kalian touring, hal yang paling penting untuk kalian yaitu, pastikan barang bawaan dan segala hal yang kalian butuhkan selama perjalanan sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Dan yang lebih penting lagi yaitu pastikan jaga kesehatan kalian agar saat touring nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Tags: