5 Cara Merawat Shockbreaker Motor Yang Benar Agar Tetap Awet

Rate this post

Perawatan Shockbreaker Motor – suspensi bagian depan dan juga belakang yang lebih kita kenal dengan nama shockbreaker ini adalah salah satu komponen motor yang memiliki peran penting. Shockbreaker dapat meredam getaran-ketaran yang dihasilkan oleh motor saat berkendara, apalagi saat kalian mengendarai motor kalian di jalanan yang berbatu atau jalanan dengan medan yang tidak normal. Shockbreaker juga membuat kalian lebih nyaman bukan hanya saat melalui medan yang permukaannya tidak rata, namun juga pada saat kalian melewati jalan menikung dan saat melakukan pengereman.

Cara-Merawat-Shockbreaker-Motor
Cara Merawat Shockbreaker Motor

Untuk tetap merasa nyaman saat berkendara, apalagi saat sahabat modifikasimotorz touring bersama komunitas kalian, maka kalian harus merawat shockbreaker motor kalian agar tetap kualitasnya tetap awet. Untuk itu, kami akan memberikan kalian tips untuk merawat shockbreaker kalian agar tetap awet. Silahkan kalian terapkan cara merawat shockbreaker agar tetap awet berikut ini.

1.Bersihkan Tabung Silinder Secara Teratur

Kalian bisa memperhatikan bagian tabung silinder pada shockbreaker dibagian depan, jika terdapat debu yang menyebabkan stanchion kotor, atau misalnya motor kalian baru-baru kalian gunaka berkendara dibawah derasnya hujan. Nah, jika dalam keadaan seperti ini, maka kalian bisa membersihkannya dengan air bersih dan kemudian keringkanlah dengan lap/ kain bersih sampai betul-betul kering.

Cara-Merawat-Shockbreaker-Motor
Cara Merawat Shockbreaker Motor

2.Berikan Minyak Finish Line Tipe Wet

Setelah dibersihkan dan dikeringkan, maka langkah selanjutnya yaitu berikan minyak finish-line tipe wet disekeliling karet stanchion. Pada saat kalian mengoleskan minyak ini, usahakan untuk melakukannya dengan sangat hati- hati dan secara perlahan agar tidak meninggalkan goresan (lecet). Setelah mengoleskan minyak, selanjutnya lakukanlah penekanan di shockbreaker bagian depan, agar minyak yang dioleskan tadi dapat naik dan turun mengikuti tinggi dari shock.

baca juga  Mau Modifikasi Yamaha Jupiter Z Yang Mudah? Begini Caranya!

3.Bersihkan Sisa Minyak

Biasanya setelah mengoleskan minyak akan menyisakan sisa minyak yang berceceran di sekitar shockbreaker bagian depan. Maka, kalian bisa membersihkannya dengan kain/ lap/ kuas. Caranya yakni, bersihkan sisa minyak tersebut dengan air bersih atau bisa juga dengan bensin, kalian bisa menggunakan kuas atau lap untuk membersihkan sisa minyak yang berceceran.

4.Keringkan Kembali

Setelah kalian membersihkan sisa minyak dengan air/ bensin maka segera keringkan kembali dengan kain bersih. Sebab jika masih basah, maka kotoran akan gampang menempel dan menyebabkan batang shockbreaker lecet dan  jika shockbreaker kotor maka besar kemungkinan kotoran tersebut masuk kecelah sil shock depan yang dapat mengakibatkan sil shock bocor.

5.Jangan Menambahkan Aksesoris

Kebanyakan orang biasanya menanambahkan anting-anting shock, dimana yang dimaksud anting disini bertujuan untuk menambahkan ketinggian posisi shock, ada juga yang memasangnya hanya untuk meningkatkan penampilan motor saja. Namun, kami sangat tidak menganjurkan sahabat modifikasimotorz untuk melakukan ini, sebab jika kalian menambahkan anting shock, maka fungsi asli dari shockbreaker akan terganggu bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Kemudian jika kalian ingin memasangi roda depan kalian dengan kunci pengaman yang dijepitkan ke tabung shock, maka lakukanlah dengan hati-hati. Karena jika pemasangannya terlalu kencang/ kuat, maka tabung shock bisa mengecil dan membuat batang shock terjepit dan membuat batang shock cepat kalah (lecet).

Bagaimana tips yang kami berikan sahabat modifikasimotorz? Semoga bermanfaat yah. Oh ya, jika kalian merasakan ayunan pada shockbreaker kalian merasakan ada kelainan, maka segera ganti oli shock motor yang sahabat modifikasimotorz gunakan. Biasanya penggantian oli dilakukan sekitar 2 pemakaian, sebab jika sudah mencapai waktu tersebut maka oli shockbreaker bagian depan sudah mulai encer dan juga mengurangi kualitas daya redamnya.

baca juga  Cara Merawat Motor Baru Agar Tetap Awet

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara merawat shockbreaker motor, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Tags: