8 Tips TERBAIK Merawat Mesin Motor Matic Injeksi Jadi AWET!

Rate this post

Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Baik dan Benar – Cara mengendarai yang praktis dan lebih mudah dibandingkan dengan motor manual umumnya menjadi salah satu alasan terbesar mengapa banyak pengendara motor di Indonesia menjatuhkan pilihannya kepada motor matic.

Apalagi jika kita memperhatikan kendaraan roda dua di jalanan juga bisa dikatakan didominasi oleh motor bertransmisi otomatis ini.

Tahukah Anda bahwa faktanya saat ini banyak orang yang leboh memilih motor matic yang menggunakan sistem injeksi dibandingkan sistem konevensional yang masih menggunakan karburator?

Hal tersebut terjadi karena dibandingkan motor matic yang memakai karburator, sistem injeksi memiliki keunggulan yang sangat mencolok, yakni penggunaan bahan bakar yang lebih irit, performa lebih baik dan mampu membuat umur mesin menjadi lebih awet.

Walaupun memiliki keunggulan seperti yang sempat disebutkan di atas, bukan berarti perawatan untuk motor matic injeksi dilakukan sekedarnya saja.

Justru untuk mempertahankan performa mesinnya, Anda harus lebih memperhatikan bagaimana cara perawatan motor matic yang baik dan benar, serta tidak boleh mengabaikannya seperti yang ModifikasiMotorZ rangkum di bawah ini.

8 Tips Merawat Mesin Motor Matic Injeksi (Yamaha, Honda, Suzuki dan Lainnya)

Tips-Merawat-Motor-Matic-Injeksi-Agar-Awet
Tips Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet

Perlu Anda ketahui bahwa tips perawatan motor matic injeksi ini berlaku untuk motor Honda Vario/Beat, Yamaha Mio dan juga berbagai merk motor lainnya yang menggunakan mesin bersistem injeksi. Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:

1. Hindari Penggunaan Bahan Bakar Oplosan dan Perhatikan Kondisi Tangki

Hindari-BBM-Oplosan-Untuk-Motor-Matic-Injeksi

Sebaiknya gunakan bahan bakar yang dirasa sesuai dengan kebutuhan mesin dan mampu menunjung performa mesin motor matic injeksi Anda.

Sangat tidak anjurkan untuk mengisi bahan bakar disembarang tempat apalagi jika bahan bakarnya tersebut merupakan hasil oplosan.

Sebab hal tersebut akan mempengaruhi proses pembakaran dan tentunya berdampak pada performa mesin motor Anda.

baca juga  Cara Mudah Memilih Shockbreaker Motor Yang Asli

Selain itu hindari mengisi bahan bakar dalam keadaan tangki kosong terlalu sering.

Sebab, selain menyebabkan motor matic mogok hal tersebut juga dapat mengakibatkan motor matic injeksi Anda cepat rusak.

Jadi, selalu rutin untuk perhatikan kondisi dan status bahan bakar sebelum melakukan pengisian.

2. Memanaskan Mesin Dengan Melakukan Kick Starter di Pagi Hari

Kick-Starter-Motor-Matic-Injeksi

Tips yang satu ini mungkin sering Anda dengar dari montir di bengkel ataupun orang yang mengerti tentang masalah perawatan motor yang baik.

Meskipun demikian ternyata hingga saat ini masih banyak orang yang mengabaikannya dan malah langsung menyalakan motor dengan hand starter.

Perlu Anda ketahui bahwa sangat penting untuk memanaskan mesin motor injeksi sekitar 5 hingga 10 menit di pagi hari ataupun saat ingin digunakan setelah lama tidak terpakai maupun sesudah hujan yang cukup lama.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat bagian dalam mesin dapat dilumasi dengan oli secara menyeluruh dan suhu mesin motor injeksi pun bisa tetap stabil serta menyempurnakan proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin sebelum mulai di gunakan.

Adapun cara memanaskan mesin motor sebelum digunakan ialah sebagai berikut :

  1. Pastikan kondisi kontak kunci motor dalam posisi Off.
  2. Lalu lakukan kick starter (starter kaki) secara berulang-ulang.
  3. Kemudian putar kontak kunci motor ke posisi On, lalu lakukan kick starter hingga mesin menyala.
  4. Diamkan untuk pemanasan mesin selama 5 hingga 10 menit.

3. Rutin Mengganti Oli Mesin Secara Berkala

Ganti-Oli-Berkala-Motor-Matic-Injeksi

Ketika kita membeli motor matic injeksi baru, baik itu Yamaha, Honda ataupun merk lainnya, biasanya pihak dealer atau bengkel resmi akan memberikan anjuran mengenai penggantian oli mesin standar seperti batasan jarak tempuh tertentu sebelum dilakukan pergantian oli mesin.

Hal ini wajib untuk Anda perhatikan jika ingin kondisi bagian dalam mesin motor matic injeksi menjadi lebih awet dan tidak cepat aus bahkan rusak karena telat melakukan ganti oli mesin secara rutin.

baca juga  4 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh (TOURING)

Umumnya ketika melampaui jarak tempuh 1.500 hingga 2.000 km, pihak bengkel akan menyerankan untuk melakukan penggantian oli.

Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada pihak bengkel yang terpercaya atau resmi terlebih dahulu mengenai anjuran indikator lebih jelasnya.

4. Melakukan Pemeriksaan Kondisi Shockbreaker

ganti-Oli-Shockbreaker-Motor-Matic-Injeksi

Memeriksa kinerja shockbreaker dan kondisi olinya merupakan salah satu hal yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan pengguna motor matic injeksi.

Padahal komponen motor yang satu ini memiliki peran yang cukup penting.

Untuk menghindari shockbreaker cepat bengkok atau daya tahannya menurun, sebaiknya tidak memberikan beban yang berlebihan terhadap motor matic Anda.

Selain itu dianjurkan untuk mengganti oli shockbreaker apabila sudah mencapai pemakaian dengan jarak tempuh 10.000 km.

Atau jika shockbreaker motor matic injeksi Anda terdengar mengeluarkan suara yang tidak biasa, sebaiknya periksakan ke bengkel karena kemungkinan perlu segera melakukan penggantian oli shockbreaker.

5. Periksa Kondisi Roller dan V-Belt

Periksa-Kondisi-V-Belt-Motor-Matic-Injeksi

Ruang transmisi yang memiliki banyak kotoran serta efek penggunaan yang cukup lama membuat roller dan v-belt cukup rentan mengalami kerusakan.

Sehingga, kedua komponen yang merupakan sistem penggerak dan pendukung motor ini sangat dianjurkan untuk diperiksa secara rutin.

Sebaiknya Anda segera mengganti roller dan v-belt dengan yang baru dan sparepart asli jika kondisi roller atau v-belt motor matic injeksi kalian mengalami kerusakan atau kondisinya telah tidak laik digunakan.

6. Periksa Kondisi Busi dan Aki

Periksa-Kondisi-Aki-Motor-Matic-Injeksi

Guna menjaga performa motor matic injeksi Anda agar selalu bertenaga dan prima, sangat dibutuhkan untuk melakukan perawatan pada komponen aki dan juga busi.

Sebaiknya kenali secara seksama tentang ciri-ciri busi dan aki motor yang kondisinya sudah rusak sehingga perlu segera diganti baru supaya dapat menghindari resiko motor matic injeksi Anda mogok di tengah perjalanan ketika hendak bepergian.

baca juga  Cara Modifikasi Motor Yamaha RX-King Untuk Keseharian dan Road Race [RECOMENDED]

Sebagai komponen penunjang sistem kelistrikan pada motor, sebaiknya rutin untuk memerika kondisi aki maupun busi apakah masih dalam kondisi baik ataukah tidak.

Apabila kondisinya komponen tersebut sudah tidak berfungsi atau tidak baik, sebaiknya ganti dengan aki atau busi yang baru.

7. Periksa Kondisi ECU Secara Berkala

Periksa-Kondisi-ECU-Motor-Matic-Injeksi

Electronic Control Unit (ECU) merupakan komponen inti yang mengatur bagaimana sistem injeksi beroperasi pada motor matic, mulai dari sistem klep injektor hingga takaran penyemprotan bahan bakar.

Apabila kondisi ECU ini mengalami masalah maka dapat menyebabkan motor yang Anda miliki menjadi mogok.

Maka dari itu, perlu untuk memeriksakan kondisi ECU motor matic injeksi Anda ke mekanis atau montir bengkel terpercaya agar mengetahui apakah kondisinya berfungsi dan bekerja dengan baik.

8. Kendarai Motor Matic Dengan Baik dan Sewajarnya

Cara-Benar-Kendarai-Motor-Matic-Injeksi

Dibandingkan dengan motor manual, pengguna motor matic tidak perlu lagi direpotkan dengan masalah perpindahan persneling secara manual.

Meskipun memiliki sistem persneling yang otomatis bukan berarti motor matic dapat digunakan secara sembrono ketika melaju.

Apabila ingin motor matic injeksi Anda tidak cepat rusak dan memiliki usia yang panjang, sebaiknya perhatikan cara penggunaan yang baik dan sewajarnya.

Hindari terlalu sering melaju dengan kecepatan tinggi lalu secara tiba-tiba mengerem kendaraan atau menaik turunkan kecepatan laju motor secara tidak beraturan.

Karena hal tersebut akan berakibat fatal pada kondisi komponen motor matic injeksi Anda.

Baca juga : Cara Memperbaiki Motor Yang Mati Mendadak Akibat Panas

Itulah tadi tips perawatan mesin motor matic injeksi yang wajib Anda perhatikan untuk menjaga performa morot Anda selalu prima dan terjaga. Silahkan tuliskan komentar atau bagikan ke postingan ini ke teman maupun kerabat Anda jika informasi yang kami berikan ini dirasa membantu.