4 Cara Ampuh dan Mudah Dalam Merawat Motor Klasik

Rate this post

Tips Merawat Motor Klasik– Motor klasik merupakan motor yang dapat meningkatkan penampilah pengendaranya. Pengguna motor klasik tidak jarang menarik perhatian pengendara lain saat berada di jalanan. Maka berbanggalah kalian yang memiliki motor klasik yang banyak orang ingin memilikinya juga. Namun, dengan memiliki motor klasik ini tentu membuat pemiliknya mengalami sedikit kesulitan dibagian perawatannya. Sebab motor klasik memang membutuhkan perawatan yang lebih untuk membuatnya tetap awet dan tetap memiliki performa yang tetap stabil.

Pada umumnya, perawatan motor klasik ini hampir sama dengan denganperawaran motor jenis lain seperti motor bebek, sport, dan matic sekalipun. Perbedaannya lebih ke cara memperlakukannya. Untuk motor ini memang harus sedikit di istimewakan, sebab motor ini memang memiliki usia yang sudah tua. Kemudian untuk perawatannnya, kami punya tips untuk kalian yang jika dilihat secara sepintas hampir sama dengan sistem perawatan motor yang lainnya. Untuk mengetahui tips tersebut, silahkan simak ulasan berikut ini.

Tips-Merawat-Motor-Klasik
Tips Merawat Motor Klasik

1.Cuci Motor Secara Rutin

Mencuci motor adalah hal terpenting  dalam perawatan motor klasik ini (berlaku untuk motor lain juga), sebab hal ini dilakukan untuk mencegah warna yang melekat pada motor memudar dan juga untuk mencegah pengkaratan pada besi yang ada pada motor. Apalagi jika mengingat motor ini adalah motor klasik. Untuk itu, kalian harus mencuci motor kalian secara rutin, minimal sekali seminggu, dan dengan menggunakan cairan khusus untuk mencucui motor. Namun, jika tidak ada cairan khusus, kalian juga bisa menggunakan shampoo saschet.

2.Ganti Oli Secara Rutin

Mengganti oli motor tepat waktu juga merupakan salah satu hal terpenting, usahakan lakukan penggantian oli motor kalian minimal sebulan sekali. Oli yang bertugas melumasi mesin ini dapat menjaga kinerja komponen-komponen yang ada dalam mesin motor, oli ini juga dapat menjaga kinerja mesin tetap stabil. Sebenarnya ada ketentuan dalam mengganti oli motor, misalnya pada saat motor telah menempuh jarak tempuh 2000 sampai 3000 km, maka kalian harus melakukan penggantian oli. Namun untuk amannya, kalian bisa mengganti oli motor kalian setiap sebulan sekali atau minimal 2 bulan sekali lah. Tapi ingat yah, jika sudah mencapai jarak tempuh yang ditentukan, segeralah mengganti oli motor kalian agar mesin dan motor tetap awet.

3.Gunakan Spare Part Yang Asli

baca juga  3 Cara Merawat Leher Knalpot Supaya Tidak Menguning

Jika kalian memiliki motor klasik, kami sangat menyarankan agar kalian menggunakan spare part yang asli saat kalian melakukan penggantian spare part yang sudah kalah atau rusak. Biasanya spare part motor yang asli memang dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, namun jangan ragu untuk membelinya, apalagi ini untuk motor klasik kalian yang memang membutuhkan perawatan khusus untuk membuatnya tetap terjaga keawetannya. Sebab spare part asli memang terbukti lebih awet dan tahan lama daripada spare part lain yang abal-abal yang harganya murah namun dapat merusak beberapa komponen motor kalian.

4.Cek Sistem Pengapian Motor Secara Teratur

Nah, sistem pengapian pada motor juga memiliki peran yang cukup penting, sebab jika terjadi masalah pada pengapian motor kalian, maka motor kalian akan lumpuh alias tidak bisa jalan, bahkan bunyi pun tidak bisa. Maka dari itu, cek selalu sistem pengapian motor kalian. Kalian bisa cek aki motor, platina, dan ada juga kabel koil, apabila terjadi masalah diantaranya, maka segeralah menggantinya dengan yang baru agar motor kalian bisa tetap berfungsi.

Itulah tips dari kami sahabat, bagaimana? Mudah, kan?

Nah, sahabat modifikasimotorz sekalian, kami telah menuliskan 4 tips dalam merawat motor klasik. Mungkin saja kalian ada tips lain yang ingin dibagikan, kalian bisa meninggalkan komentar dikolom komentar yang telah tersedia. Demikianlah artikel dari kami kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua yah sahabat modifikasimotorsz. Terima kasih terlah membaca.

Tags: