Cara Merawat Motor Injeksi Yang Praktis dan Simple

Rate this post

Tips Merawat Motor InjeksiSaat ini sudah banyak sekali motor dengan sistem injeksi yang beredar di pasaran tanah air. Motor ini secara instan mengambil hati para konsumen dengan kelebihannya ini. Pasalnya motor dengan sistem injeksi memang memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator. Namun untuk perawatan, motor dengan karburator memang masih lebih praktis jika dibanding dengan motor injeksi.

Cara-Merawat-Motor-Injeksi-Yang-Praktis- dan-Simple
Cara Merawat Motor Injeksi Yang Praktis dan Simple

Yah, motor injeksi memang membutuhkan perawatan yang lebih dibanding motor yang menggunakan karburator. Sebab motor dengan sistem injeksi ini membutuhkan tekhnik khusus untuk perawatannya yang membutuhkan waktu yang lumayan lama saat melakukan perawatan. Untuk biaya peawatan dan service motor jenis injeksi ini juga lebih mahal jika dibandingkan dengan motor konvensional. Namun jika kalian ingin belajar, perawatan motor injeksi ini tidak sebsulit yang kalian bayangkan. Kemudian untuk biayanya sendiri tentu saja tergantung dari tingkat kerusakan yang motor kalian alami. Jika rusaknya parah, maka biayanya tentu saja akan mahal. Sebaliknya, jika rusaknya ringan, maka biayanya juga tidak akan terlalu mahal. Kemudian langkah apa sajakah yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan motor injeksi di rumah? Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak tips dari kami berikut ini.

1.Cek Kondisi Motor Sebelum Digunakan

Untuk kalian para pengguna motor, baik itu motor konvensional maupun motor injeksi sangat disarankan untuk mengecek kondisi motor sebelum bepergian. Seperti tekanan ban, kualitas rem, lampu, klakson, dan lain-lain. Dengan melakukan ini setiap saat, maka selain membuat kalian lebih aman di jalan, juga membuat motor lebih terawatt dan jauh dari kerusakan parah. Kemudian untuk motor injeksi telah dilengkapi dengan MIL Lamp yang apabila motor mengalami kelainan, maka lampu tersebut akan bekedap-kedip. Ketika hal itu terjadi, maka sebaiknya kalian segera membawanya ke bengkel-bengkel resmi agar dapat langsung di atasi. Kerusakan yang dialami motor saat lampu MIL ini berkedap-kedip biasanya dikarenakan adanya kelainan pada sistem kelistrikan dan juga injektornya.

baca juga  3 Cara Merawat Leher Knalpot Supaya Tidak Menguning

2.Panaskan Motor Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

Sebelum kalian menggunakan motor kalian, kami sangat menyarankan kalian untuk melakukan pemanasan pada mesin motor. tidak perlu terlalu lama, cukup panasi mesin motor sekitar 2 menitan setiap hari (ada baiknya jika di pagi hari). Hal ini dilakukan agar oli yang terdapat pada mesin motor juga dapat melumasi semua komponen-komponen yang ada di dalam mesin motor.

3.Lakukan Perawatan dan Service Motor Di Bengkel Resmi

Jika motor kalian memang mengalami kerusakan yang benar-benar tidak dapat ditangani sendiri, maka sebaiknya kalian membawa motor kalian ke bengkel resmi yang mengeluarkan motor tersebut. Sebab bengkel resmi sudah pasti memiliki mekanik yang professional dan biasanya sudah memiliki sertifikat dibidangnya.

Itulah 3 tips dari kami untuk para sahabat modifikasimotorz, jika kalian punya tips lain, kalian bisa share tips kalian dengan meninggalkan komentar di kolom komentar yang telah disediakan. Oh ya, sahabat modifikasimotorz, jika kalian ingin motor kalian lebih awet dan tetap memiliki kualitas yang bagus, kalian bisa memulainya dengan cara memperlakukan motor kalian dengan baik. Kemudian sering-seringlah memeriksa keadaan motor, dan juga rajinlah mengganti oli motor dengan oli berkualias tentunya.

Selain hal di atas, kami juga ingin mengingatkan bahwa jika kalian mengalami kendala ketika melakukan perawatan mandiri di rumah, maka jangan ragu untuk membawanya ke bengkel dan jangan lanjutkan kegiatan lagi agar motor tidak tambah parah. Namun jika kalian tetap ingin melakukan perawatan mandiri, maka kalmi menganjurkan kalian untuk membuka buku panduan service motor kalian.

Demikian artikel kami kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

baca juga  2 Cara Mudah Meperbaiki Motor Injeksi Dengan Benar

Tags: