5 Cara Perawatan Motor Yang Baik Untuk Pemakaian Harian

Rate this post

Tips Merawat Motor Untuk Pemakaian Harian – Banyak orang yang mengatakan bahwa untuk saat ini motor adalah pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai alat transportasi yang sangat praktis. Apalagi dengan keadaan jalan yang tidak begitu lancar akan memungkinkan motor untuk bisa menyalip beberapa kendaraan roda empat atau lebih, sehingga kalian dapat mencapai tempat tujuan dengan waktu yang bisa dikatakan lebih singkat jika dibandingkan saat menggunakan mobil. Selain itu, motor juga memiliki harga yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan mobil yang harganya tentu saja di atas 100 juta (baru).

Untuk sahabat modifikasimotorz.com yang memang membeli motor untuk membantu kebutuhan sehari-hari, misalnya menggunakan motor untuk membantu kalian tiba di kantor tiap hari, atau untuk kegiatan penting lainnya (diigunakan untuk harian).  Jika kalian mengandalkan motor kalian untuk mempermudah langkah kalian sehari-hari maka kalian juga harus memanjakan motor kalian sebagai balas budi dengan cara  melakukan perawatan motor. Selain sebagai balas budi, kalian juga bisa membuat motor kalian tetap awet dan juga terhindar dari kerusakan terhadap mesin dan body.

Baiklah, jika kalian ingin mengetahui bagaimana cara merawat motor yang baik dan benar untuk membuat motor harian tetap awet dan lebih nyaman unutk digunakan, kalian bisa membaca 7 point yang telah kami rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

  1. Jaga Kebersihan Motor
Perawatan-Motor-Yang-Baik
Perawatan Motor Yang Baik

Untuk menjaga kebersihan motor, kalian bisa mengambil langkah mencuci motor kalian secara teratur, misalnya saja sekali seminggu.  Mencuci motor ini bertujuan agar cat yang melekat di motor kalian tidak memudar. Selain itu, mencuci motor secara teratur juga dapat membuat knalpot motor, velg dan juga bagian luar motor kalian terhindar dari resiko knalpot berkarat yang dapat membuat knalpot menjadi keropos. Tentu kalian tidak mau, kan.

  1. Jangan Melewati Batas Beban Maksimal
baca juga  3 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor

Sama halnya dengan manusia, motor juga memiliki batas maksimal, seperti batas maksimal beban yang bisa dibawa. Kalian bisa melihat buku panduan motor kalian, disana kalian bisa mengetahui batas beban maksimal yang bisa dibawa motor kalian. Apabila kalian melampaui batas, maka akan berpengaruh pada kualitas motor kalian.

  1. Ganti Sparepart Motor Tepat Waktu

Maksud mengganti sparepart motor tepat waktu disini yaitu jika kalian sudah menyadari bahwa ada kelainan pada performa motor kalian, maka segeralah mengecek kondisi motor kalian. Kemudian jika sudah menemukan masalahnya dan ada kekurangan pada beberapa bagian sparepart motor, maka lakukan perawatan jika masih bisa diperbaiki. Namun jika sudah harus diganti, maka jangan memaksakan motor untuk tetap bekerja dengan sparepart yang sudah rusak. Lakukanlah penggantian pada sparepart yang rusak tersebut sesegera mungkin.

Tujuan lain dari mengganti sparepart motor yang rusak sesegera mungkin yaitu agar kerusakan pada satu bagian rusak tidak menyebar ke bagian lain. Sebab komponen yang satu dengan yang lainnya itu saling terhubung, sehingga jika terjadi kerusakan pada satu bagian dan tidak cepat ditangani, maka bisa saja merambah kebagian lain. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka lakukanlah pengecekan secara rutin agar kalian selalu tahu kondisi motor kalian.

  1. Gunakan Kick Starter (Starter Kaki) Pada Saat Pertama Kali Menghidupkan Motor
Perawatan-Motor-Yang-Baik
Perawatan Motor Yang Baik

Sebagian dari kalian pasti pernah mendengar hal ini. Yah, hal ini memang harus dilakukan agar membuat motor kalian lebih awet dan juga tahan lama. Caranya yaitu lakukan kick starter sekitar 5 kali dalam keadaan motor mati. Setelah cukup, maka selanjutnya kalian hidupkan motor kalian dengan cara melakukan kick starter lagi.

Kenapa harus melakukan kick starter dalam kondisi motor mati? Ini dilakukan agar oli dapat melumasi seluruh komponen mesin yang ada di dalam motor sebelum mesin motor dinyalakan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir gesekan-gesekan yang akan dihasilkan motor. setelah motor hidup, tunggu beberapa menit (sekitar 5 menit) dan kemudian mainkan gas untuk memanasi mesin sebelum berjalan.

  1. Lakukan Service Motor Secara Rutin
baca juga  7 Cara Merawat Motor Tetap Awet Dengan Mudah

Service motor sangat penting dilakukan jika kalian ingin motor kesayangan kalian lebih awet dan tahan lama. Mengapa? Sebab dengan melakukan service motor secara teratur, maka semua komponen motor kalian akan tetap aman dan tentunya akan membuat kalian lebih aman dan nyaman dalam berkendara. Dengan melakukan service ini, motor kalian akan mendapatkan perawatan dimana jika terjadi kelainan pada beberapa bagian akan langsung diperbaiki jika perlu langsung diganti dengan yang baru. Untuk melakukan service motor, kami sarankan agar kalian membawanya ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya agar motor kalian mendapatkan perawatan yang maksimal.

Jika kalian ingin motor tetap awet dan kalian pun selamat saat berkendara di jalanan yaitu dengan memperhatikan etika berkendara di jalanan. Kalian harus membawa motor kalian dengan baik dan tanpa ugal-ugalan. Pastikan juga kalian tidak memaksakan motor kalian dalam berkendara, misalnya kalian melampaui batas top speed motor kalian. Ingat juga untuk selalu patuh pada aturan berlalu lintas, dan jangan mengganggu pengendara lainnya.

Itulah tips dari kami untuk merawat motor harian, semoga dapat bermanfaat untuk para sahabat modifikasimotorsz. Jika kalian punya tips tambahan, kalian bisa membagikannya dengan cara meninggalkan komentar di kolom komentar yang telah tersedia. Terima kasih telah membaca.

Tags: