Cara Merawat Motor Baru Agar Tetap Awet

Rate this post

Cara Membuat Motor Baru Tetap Awet– Saat mempunyai motor baru, sudah pasti motor tersebut akan mendapatkan perawatan yang lebih dari pemiliknya. Namun tidak semua orang mengetahui cara merawat motorbaru sebagaimana mestinya. Apalagi bagi pemuala yang memang baru memiliki motor baru pastinya akan sedikit kebingungan dalam cara merawat motornya. Nah, untuk kalian yang ingin motor baru kalian tetap dalam kondisi yang baik dan awet, maka kami akan sajikan informasi mengenai cara agar motor baru tetap awet. Silahkan kalian simak sedikit informasi dari kami berikut ini.

Cara-Merawat-Motor-Baru
Cara Merawat Motor Baru

1.Rutin Memanaskan Mesin Motor

Jika kalian ingin menggunakan motor kalian bepergian, baik itu jarak jauh bahkan dekat sekalipun kalian harus memanaskan mesin motor terlebih dahulu. Jangan sekali-kali menggunakan motor tanpa melakukan pemanasan mesin terlebih dahulu. Jangan hanya karena kalian merasa terburu-buru lalu kemudian kalian tidak memperdulikan saran kami ini. Tidak terlalu berat, kalian cukup memanaskan motor kalian dengan 3 sampai 5 menit saja. Perlu kalia ketahui, bahwa tidak dianjurkan melakukan pemanasan mesin motor yag memakan waktu lama, sebab jika itu terjadi maka akan meningkatkan resiko pipa knalpot mengalami penguningan dan motor juga akan boros dalam mengonsumsi bahan bakar.

2.Hindari parkir dalam jangka waktu yang lama di bawah terik matahari

Mungkin beberapa dari kalian yang membaca artikel ini sering melakukan hl ini, membiarkan motor kalian berada dibawah terik matahari dalam jangka waktu yang cukup lama. Kami sangat menyayangkan hal  yang kalian lakukan, jika kalian menyayangi motor kalian dan inginmotor kalian lebih awet maka kami anjurkan agar kalian berhenti melakukan hal itu. Mengapa? Karena paparan sinar matahari dapat membuat warna yang melekat pada motor memudar. Kalian bisa memarkirkan motor kalian di tempat parkir yang teduh atau carilah tempat yang memiliki pohon-pohon yang daunnya lebat. untuk lebih mudahnya, kalian bisa mempersiapkan sarung motor full body yang bisa kalian guanakan untuk menutupi motor kalian dari panasnya matahari bahkan dari hujan sekalipun.

baca juga  Mau Modifikasi Yamaha Jupiter Z Yang Mudah? Begini Caranya!

3.Gunakanlah bahan bakar yang berkualitas tinggi

Untuk masalah bahan bakar, sebenarnya tidak ada yang perlu di khawatirkan disini. Sebab motor biasanya sudah memiliki standar bahan bakar tersendiri dari brandnya. Namun, seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa ada beberapa jenis bahan bakar yang beredar di tanah air ini. Ada premium, pertalite dan juga pertamax yang harganya paling mahal diantara ketiga jenis bahan bakar ini.

Menurut kami, ketiga jenis bahan bakar ini sama-sama bisa digunakan, asalkan bahan bakar yang kalian beli itu murni bahan bakar dan tidak ada campuran airnya. Sebab saat ini sangat banyak kasus bahan bakar yang dicampur dengan air agar para penjual yang tidak bertanggung jawab ini dapat meraup keuntungan yang besar namun dapat merugikan kalian yang motornya kan mudah rusak dan sering mengalami masalah.

Namun jika kalian ingi motor kalian lebih awet dan memiliki performa mesin yang bagus juga, maka kalian bisa menggunakan pertamax sebagai bahan bakar motor kalian, sebab kandungan oktan pada pertamax jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya.

4.Lakukan perawatan secara berkala

Perawatan yang kami maksudkan disini bisa dilkaukan oleh siapapun, namun biasanya untuk motor baru akan diberikan pelayanan service gratis yang diberikan langsung oleh dealer tempat kalian membeli motor tersebut. Jika kalian ingin melakukan perawatan motor sendiri, kalian bisa memperhatikan buku panduan motor kalian. Yang harus kalian perhatikan yaitu ganti oli kalian sebisa mungkin sekali sebulan. Selalu cek rantai dan bannya juga, serta hal lain yang tercantum di buku panduan perawatan motor.

5.Ingat Membersihkan Motor (Cuci Motor)

Mencuci -Sepeda-Motor
Mencuci Sepeda Motor

Kalian tentu tidak mau elihat motor baru kesayangan kalian cepat berkarat, bukan? Maka dari itu kalian harus selalu mencuci motor kalian saat kalian sudah merasa motor kalian dalam keadaan kotor. Jika debu, pasir atau bahkan paling parah lumpur menempel pada bagian motor kalian, apalagi rangka/ kaki-kaki motor kalian, maka kalian harus segera membersihkannya. Jika tidak, maka akan meningkatkan kerangka motor rentan keropos.

baca juga  5 Cara Mengendarai Motor Sport/ Motor Gede Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Nah, itulah 5 tips agar motor kalian tetap awet, semoga dapat bemanfaat bagi kalian semua yah sahabat modifikasimotorz .Jika sahabat modifikasimotorsz punya tips tambahan, silahkan tuliskan tips kalian dikolom komentar yah. Terima kasih sudah berkunjung.

Tags: