7 Cara Merawat Motor Tetap Awet Dengan Mudah

Rate this post

Tips Merawat Motor  – Semua orang yag memiliki motor pribadi sudah pasti ingin motornya tetap awet hingga bertahun- tahun. Kalian juga pasti ingin performa motor kalian tetap mantap seperti halnya saat masih dalam keadaan baru. Untuk membuat impian ini terwujud, maka sahabat modifikasimotorz sekalian harus merawat motor kalian dengan baik dan benar. Jadi, untuk kalian yang memiliki motor pribadi, khususnya motor  yang banyak digunakan di tanah air, kami dapat memberi kalian tips untuk merawat motor  kalian dengan mudah. Sebenarnya tips merawat motor  ini ada sangat banyak, namun kami hanya merangkum yang paling penting. Untuk mengetahui lebih jelasnya, silahkan simak informasi berikut ini.

1.Panaskan Mesin Motor Sebelum Mengendarai Motor

Untuk membuat motor kalian lebih awet, maka akami sarankan agar kalian melakukan pemanasan terhadap mesin motor sebelum dikendara. Hal ini bertujuan agar oli mesin dapat melumasi seluruh bagian yang ada di dalam mesin. Untuk memanasi motor ini, kalian tidak perlu memanasi motor dengan waktu yang lama, cukup 2 atau 3 menit saja.

2.Cek Kondisi Aki Motor

Cara-Merawat-Motor-Tetap-Awet
Cara Merawat Motor Tetap Awet

Periksalah aki motor kalian secara berkala, untuk motor yang menggunakan aki kering yang biasanya diproduksi pada tahun 2000-an kami sarankan kalian untuk menggantinya 3 tahun sekali agar sistem kelistrikannya bekerja lebih maksimal.

3.Cek Busi Pada Sepeda Motor

Cara-Merawat-Motor-Tetap-Awet
Cara Merawat Motor Tetap Awet

sebelum berkendara, ada baiknya kalian memastikan bahwa busi motor kalian dalam kondisi baik, apakah masih layak pakai atau sudah tidak. Caranya yaitu angkat busi dari mesin kemudian perhatikan dengan seksama. Jika busi masih layak pakai, maka kalian bisa memasangnya kembali, tapi jika memang kondisinya sudah tidak layak pakai lagi, maka segeralah menggantinya dengan busi baru. Biasanya batas penggantian busi yaitu pada saat motor telah mencapai 12.000 km.

baca juga  3 Cara Merawat Leher Knalpot Supaya Tidak Menguning

4.Cek Karburator Motor

Cara-Merawat-Motor-Tetap-Awet
Cara Merawat Motor Tetap Awet

Untuk kalian yang masih menggunakan motor dengan sistem karburator, maka tentunya perawatan karbu yang baik harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran bensin menuju ke mesin pembakaran. Nah, untuk pembersihan karbu ini biasanya dilakukan dibagian pilot dan juga main-jet motor.

5.Ganti Oli

Hal penting yang harus kalian ketahui untuk mengganti oli motor kalian yaitu jarak tempuh motor. Pada umumnya, jarak tempuh maksimal untuk mengganti oli motor yaitu sekitar 200-500 km. Saat mencapai jarak tempuh maksimal, maka kalian dianjurkan untuk mengganti oli, ada baiknya jika kalian rutin mengganti oli motor setiap 2 bulan sekali. Namun, jika jarak tempuh kalian sudah mencapai 500 km meskipun belum cukup sebulan, maka kalian harus tetap melakukan penggantian oli yah sahabat modifikasimotorz.

6.Cek Rantai dan Gear Motor

Saat kalian berencana untuk berkendara jarak jauh, maka sebaiknya kalian mengecek rantai motor kalian, apakah tingkat kekencangaannya masih bagus? Ingat sahabat modifikasimotorz, rantai motor yang normal tidak memiliki tingkat kekencangan yang berlebihan dan juga tidak kendor. Jika kedua hal ini terjadi, maka segeralah mengganti rantai motor kalian untuk menjaga keamanan berkendara kalian sendiri. Jangan sekali-kali berpikir untuk memotong beberapa centi rantai yang kendor untuk disambung kembali dengan tujuan agar rantai kembali kencang, sebab hal ini sangat berbahaya. Rantai kendor yang dipotong kemudian disambung kembali memiliki resiko tinggi putus ditengah jalan.

Jika rantai motor kalian kekring sampai-sampai menghasilkan bunyi yang tidak nyaman untuk didengar, maka kalian tinggal melumasinya dengan oli. Kalian juga bisa menyemprotkan cairan khusus yang bisa kalian peroleh dengan mudah di bengkel terdekat.

7.Gunakan Sparepart Motor Asli

baca juga  2 Cara Mudah Meperbaiki Motor Injeksi Dengan Benar

Pada umumnya, sparepart motor asli memang dibanderol dengan harga yang sedikit mahal jika dibandingkan dengan sparepart abal-abal yang banyak beredar dipasaran. Namun, jika kalian ingin motor kesayangan kalian tetap awet dan tentunya memiliki performa yang baik juga, maka kami sarankan untuk menggunakan sparepart motor yang asli. Sebab sparepart motor yang asli sudah pasti memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan yang palsu.

Nah, itulah 7 tips merawat motor yang baik ala modifikasimotorz, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca artikel kami.

Tags: