3 Cara Merawat Leher Knalpot Supaya Tidak Menguning

Rate this post

Tips Mencegah Leher Knalpot Menguning – Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang cara membersihkan dan menghilangkan karat pada knalpot motor. jika sebelumnya kami memberi solusi menghilangkan karat pada leher knalpot motor, maka di kesempatan kali ini kami akan mempberikan tips pencegahan, dimana kami akan membahas tips merawat leher knalpot motor supaya tidak menguning.

Tips-Mencegah-Knalpot-Menguning
Tips Mencegah Knalpot Menguning

Seperti yang telah diketahui bahwa knalpot adalah satu diantara beberapa komponen terpenting untuk motor. Jika tidak ada knalpot, maka motor tidak akan maksimal dalam mengeluarkan hasil pembakaran. Jadi sebisa mungkin, kalian harus memperhatikan knalpot motor kalian dengan baik. sangat banyak dijumpai knalpot dengan hiasan-hiasan yang sangat mengganggu dibeberapa bagiannya (karat), bahkan ada juga yang sudah keropos. Karat ini biasanya terjadi akibat air hujan dan kotoran-kotoran di jalanan yang menempel.

Pada saat musim penghujan, biasanya membuat para pemilik motor muali was-was akan kondisi knalpot motornya nanti. Motornya akan diterpa hujan setiap hari yang sudah pasti knalpot juga akan dterkena air hujan. Motor yang biasanya terkena hujan setiap hari dapat menyebabkan penguningan dibagian leher knalpot, biasanya akan berwarna kuning kecoklatan. Untuk mengatasi masalah ini, kami punya solusinya. Ingin tahu lebih jelasnya, silahkan simak 3 point berikut ini.

1.Pastikan Saluran Drainsase Senantiasa Lancar

Pada umumnya, setiap knalpot memiliki lobang yang dikenal dengan nama drainase. Apa drainase itu? Drainse ini adalah lobang yang merupakan bagian dari knalpot yang memiliki fungsi membuang air yang jika masuk ke dalam selenser tidak akan tergenang. Letaknya drainase ini biasanya berada pada bagian bawah ujung silenser yang berdekatan dengan pipa knalpot. Untuk pengecekannya pun terbilang mudah, yaitu dengan memasukkan lidi, jika lidi yang kalian masukkan itu tidak terhalang, maka sudah dapat dipastikan bahwa tidak ada kebuntuan pada drainase, semuanya lancar.

baca juga  5 Cara Perawatan Motor Yang Baik Untuk Pemakaian Harian

2.Rutin Cuci Motor Setelah Terkena Hujan

Tips-Mencegah-Knalpot-Menguning,
<center?Tips Mencegah Knalpot Menguning

Air hujan dapat membuat segala jenis besi berubah jadi barang karatan. Sebab air hujan mengandung karat yang jika langsung bersentuhan dengan logam tanpa adanya pelapis semacam krom atau cat. Besi tanpa pelapis ini akan besar resikonya ditumbuhi karat. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa melakukan pencucian motor dengan mengutamakan megguyur knalpot motor kalian dengan air yang bersih agar karat yang terdapat pada knalpot tidak tumbuh lagi akibat terkena air hujan. Ingat untuk lebih memperhatikan bagian leher knalpot, sebab tempat yang sangat sering terkena air hujan yaitu dibagian leher knalpot. Cipratan-cipratan airi hujan yang terlanjur mendarat di permukaan knalpot motor bisa merusak cat dan juga leher knalpot.

3.Tuangkan Oli Ke Dalam Lobang Knalpot

Cara lain yaitu dengan memanfaatkan oli, caranya yaitu dengan menuangkan sedikit oli ke dalam lobang knalpot. Pada  saat menuangkan oli pada lobang knalpot, usahakan knalpot dalam kondisi panas, sebab oli yang dimasukkan ke dalam lobang akan menjadi uap setelah masuk dan juga menempel di dinding dalam silenser. Hal ini akan membuat bagian dalam dinding silenser menjadi basah dan karat-karat yang menempel akan terangkat dan tidak akan kembali lagi.

Itulah 3 Tips Merawat Leher Knalpot Supaya Tidak Menguning, jika kalian ada tips lain yang mengenai tema kita kali ini, kalian bisa share tips kalian di kolom komentar yang sudah tersedia.

Demikianlah informasi dari kami mengenai Tips Merawat Leher Knalpot Supaya Tidak Menguning. Semoga dapat bermanfaat untuk semua sahabat modifikasimotorz yang sedang membaca arikel ini. Terima kasih sudah membaca.

Tags: