3 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor

Rate this post

Tips Menghilangkan Karat Pada Motor – Untuk beberapa pengendara motor (mungkin saja semua) pernah mengalami hal yang lumayan meresahkan, yakni knalpot motor mengalami karat. Dimana knalpot yang karatan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering terjadi yaitu akibat knalpot motor sering terkena air hujan. Hal ini dapat menyebabkan knalpot motor kalian menguning dan lama kelamaan menjadi karatan.

Yang menjengkelkan dari kejadian tersebut yaitu, cara membersihkan dan menghilangkan karat tersebut sangatlah susah. Tapi tenang sahabat modifikasimotorz, kali ini kami akan membagikan informasi yang selama ini kalian cari-cari. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tips membersihkan dan menghilangkan karat pada knalpot motor.Hampir semua orang sudah pasti akan jengkel dengan knalpot motornya yang mengalami karatan, mungkin kalian sedang bergumam dalam hati “mmm, iya siapa yang tidak jengkel”.

Tips-Membersihkan-Karat-Pada-Knalpot,
Tips Membersihkan Karat Pada-Knalpot

Bukan hanya kalian yang merasakan itu, namun hampir semua orang guys. Mungkin juga beberapa dari sahabat modifikasimotorz yang membaca artikel ini sedang mengalami hal tersebut. Jika iya, kalian jangan membiarkan motor kalian berlarut-larut dengan keadaan knalpot yang seperti itu, sebab jika kelamaan di diamkan maka knalpot bisa saja mengalami pengeroposan dibagian leher knalpot yang bisa merembes ke seluruh bagian knalpot.

Tips-Membersihkan-Karat-Pada-Knalpot
Tips Membersihkan Karat Pada Knalpot

Karat yang timbul dibagian leher knalpot biasanya disebabkan oleh suhu yang teramat panas dibagian leher knalpot dibanding ujung knalpot, sehingga kotoran-kotoran yang menempel dibagian tersebut langsung melumer. Hal inilah yang menyebabkan karatan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kalian bisa mengikuti 3 tips membersihkan dan menghilangkan karat pada knalpot yang akan kami bahas di bawah ini.

1. Gunakan Porstex

baca juga  4 Cara Ampuh Membuat Rem Tromol Menjadi Pakem

Untuk menghilangkan karat pada knpalot motor kalian, maka kalian bisa memakai/ menggunakan porstex. Caranya yaitu dengan menuangkan porstex secukupnya ke dalam wadah yang telah disediakan sebelumnya. Kemudian oleskan hingga merata pada permukaan yang berkarat atau kotor dengan menggunakan kuas. Namun jangan sampai kalian menetekan porstex kebagian blok mesin, sebab jika ini terjadi maka dapat mengakibatkan car luntur.

2.Gunakan Stempet

Cara kedua yaitu dengan menggunakan stempet. Caranya cukup gampang, panaskan motor kalian sekitar 10 menit (boleh lebi) untuk membuat knalpot motor menjadi panas dan semakin panas. Jika sudah panas, kalian tinggal mengoleskan stempet pada bagian knalpot yang berkarat, oleskan keseluruh bagian knalpot, tak terkecuali leher knalpot yang biasanya lebih rentan terkena karatan. Setelah mengoleskan stempet, maka motor kalian akan mengeluarkan asap. Namun jangan khawatir, sebab ini hal yang wajar. Asap tersebut berasal dari stempet yang menguap akibat panas dari knalpot motor. Dengan begitu, bagian knalpot yang memiliki karat akan hilang sendiri. Oh ya sahabat modifikasimotorz, jika kalian tidak memiliki stempet, maka bisa diganti denan oli bekas, yah.

3.Gunakan Pertamax Plus

Terakhir yaitu dengan menggunakan pertamax plus yang juga dipercaya dapat menghilangkan karat yang terdapat pada knalpot motor kalian. Caranya lumayan ribet, yaitu pertama-tama campurkan pertamax plus dan minyak tanah dengan menggunakan perbandingan 1:2 atau secukupnya. Setelah tercampur, kalian tinggal oleskan campuran ini ke bagian noda/ karat yang terdapat di knalpot tersebut. Kemudian ambil sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai dan sikatlah bagian yang sudah diberi campuran pertamax dan minyak tanah tersebut secara perlahan-lahan. Alhasil knalpot motor kalian akan bersih dan lebih bagus dari sebelumnya.

baca juga  4 Cara Jitu Untuk Mengatasi Mesin Yamaha-Vixion NVL/ NVA Yang Cepat Panas

Itulah 3 tips dari kami mengenai tips membersihkan dan menghilangkan karat pada knalpot motor. Mungkin beberapa diantara sahabat modifikasimotorz yang sedang membaca artikel ini mempunyai tips lain yang bisa menghilangkan karat pada knalpot motor, kalian bisa share tips kalian di kolom komentar.

Demikianlah informasi dari kami kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua para sahabat modifikasimotorz yang setia membaca hingga akhir. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Tags: