3 Cara Mengganti Rantai Motor Dengan Benar

Rate this post

Cara Mengganti Rantai Motor Dengan Benar– Salah satu hal yang membuat motor tetap awet yakni dengan memperhatikan rantai motor, dimana perawatan rantai motor ini akan membuat motor kalian tetap bisa melaju dengan nyaman. Untuk rantai motor ini tentu saja harus selalu dalam kondisi baik agar sahabat modifikasimotorz bisa lebih mudah berakselerasi dengan mudah.

Cara-Memilih-Rantai-Motor
Cara Memilih Rantai Motor

Jika rantai motor mengalami kelainan dan tidak lagi bekerja sebagaimana mestinya, tentu saja akan menghambat performa motor, kemungkinan paling fatal yang akan terjadi yaitu motor tidak akan bisa jalan jika kerusakannya parah. Maka dari jika terjadi masalah pada rantai motor kalian seharusanya kalian mengeceknya ke bengkel untuk diperbaiki (jika masih bisa) dan diganti jika memang sudah parah.

Rantai motor memiliki fungsi yang juga sangat penting, yakni menyalurkan tenaga yang berasal dari mesin ke roda bagian belakang. Dengan kata lain, rantai motor berfungsi untuk membuat motor dapat bergerak. Jadi bayangkan saja jika terjadi masalah dirantai motor kalian, sudah pasti motor tidak akan berjalan dengan baik, apalagi jika sampai mengalami putus rantai di tengah jalan, kan kalian sendiri yang susah. Jadi jika kalian sudah merasakan adanya ketidak normalan pada rantai motor kalian, maka secepatnya harus dibawa ke bengkel, yah sahabat modifikasimotorsz.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tips yang bisa kalian jadika referensi saat ingin mengganti rantai motor kalian sahabat modifikasimotorz. Untuk mengetahui lebih jelas, silahkan kalian simak tips berikut ini.

1. Jangan Memotong Rantai Motor Hanya Untuk Dapat Menggunakannya Kembali

Beberapa diantara kalian yang sedang membaca artikel ini parti ada yang berpikiran untuk memotong rantai motor kalian agar bisa kalian digunakan kembali, iya kan? Padahal kalian sendiri tahu bahwa kondisi rantai motor kalian memang sudah seharusnya diganti, namun karena alasan ingin irit kalian malah memilih untuk memotong rantai motor kalian. Sahabat modifikasimotorz, perlu kalian ketahui bahwa rantai motor yang sudah kendor dengan posisi pengaturan kekencangan yang sudah maksimal dan mentok memang sudah seharusnya diganti dengan rantai motor yang baru. Sebab jika kalian memotong rantai kemudian membuang beberapa centi rantai (dipendekan) untuk membuat rantai pendek dan kembali kencang akan sangat berbahaya untuk keselamatan kalian karena otomatis kualitasnya akan berbeda.

baca juga  3 Cara Mengetahui Penyebab Motor Mogok

2.Gunakan Rantai dan Gear dengan Merk yang Sama

Dari beberapa informasi yang telah kami kumpulkan dari beberapa sumber terpercaya. Sehingga kami menyimpulkan bahwa jika kalian ingin mengganti rantai motor kalian, sebaiknya kalian menggantinya satu set dan dengan merk yang sama. Mengapa demikian, karena jika beda merk biasanya material bahannya akan berbeda sehingga akan berpengaruh pada kualitas barang juga. Jadi jika itu terjadi, maka kemungkinan salah satu dari onderdil tersebut akan lebih dulu kala sebab memiliki kekuatan yang berbeda (tergantung material bahan yang digunakan). Itulah alasan mengapa kami menyarankan kalian sahabat modifikasmotorsz untuk menggunakan satu merk.

3.Mengganti Secara Bertahap

Jika kalian menyadari bahwa rantai motor kalian sudah kalah alias pengaturan kekencangannya sudah maksimal alis sudah mentok, maka langkah selanjutnya yaitu perhatikan gear bagian depan dan juga belakang, apakah ada yang patah atau sudah tajam. Jika iya, maka kami sarankan agar kalian menggantinya secara bersamaan (satu set). Tapi jika tidak, maka  kalian bisa menghemat dana dengan menggantinya secara bertahap. Misalnya, yang paling harus diganti yaitu rantai, maka kalian dahulukan dulu rantai, kemudian jika kalian sudah merasa yang lainnya butuh untuk diganti juga maka kalian bisa menggantinya dikemudian hari, Lumayan menghemat dana kan. Tapi sekali lagi kami ingatkan jika memang harus mengganti secara bersamaan, maka kalian tidak boleh menunda sebab itu juga untuk menjaga keawetan motor dan meningkatkan performa mesin serta membuat kalian aman berkendara juga.

Nah, itulah 3 tips mengganti rantai motor dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi kalian para sahabat modifikasimotorz. Jika kalian punya saran tambahan, silahkan tinggalkan komentar kalian di kolom komentar. Terima kasih juga sudah berkunjung di www.modifikasimotorz.com jangan bosan untuk berkunjung yah. Salam manis.

baca juga  2 Cara Mudah Meperbaiki Motor Injeksi Dengan Benar

Tags: