5 Cara Mengendarai Motor Sport/ Motor Gede Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Rate this post

Tips Mengendarai Motor Sport/ Moge Untuk PemulaDapat memiliki motor sport (motor gede) sudah pasti menjadi impian semua orang yah sahabat modifikasimotorz, apalagi untuk kaum adam. Selain desainnya yang memang sangat gahar dan dapat meningkatkan penampilan pengendaranya, performa mesinnya juga sangat mantap. Karena hal ini, banyak perusahaan perakit motor yang membuat motor jenis sport, bahkan perusahaan-perusahaan tersebut saat ini sedang bersaing ketat.

Cara-Mengendarai-Motor-Sport
Cara Mengendarai Motor Sport

Namun ada kalanya untuk pengendara yang baru memiliki motor jenis sport mengalami kesulitan untuk mengendarainya. Pasalnya, motor sport memang jauh berbeda dari motor jenis lain yang menggunakan mesin 150 cc. Rata-rata motor sport mengusung mesin 250 cc yang memang memiliki bobot keseluruhan lebih berat dibanding motor jenis bebek dan matic yang berkapasitas 150 cc. Maka dari itu, kami ingin berbagi tips untuk sahabat modifikasimotorz yang baru pertama kali menggunakan motor sport, atau kalian yang masih belum lancar betul mengendarai motor gede ini.

Untuk mengetahui tips mengendarai motor sport bagi pemula, silahkan simak penjelasan berikut.

1.Pahami Karakter Motor

Membuat motor gede berjalan sesuai dengan keinginan kalian bisa dibilang gampang gampang susah. Sebab motor ini memang lebih sulit dikendalikan dibanding motor bebek dan matic, dimana motor sport atau motor gede ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar yang tentu saja berpengaruh pada bobotnya. Motor bebek dan matic mempunyai bobot yang masih bisa dikatakan ringan. Namun beda dengan motor sport yang memiliki bobot yang sangat berat.

Untuk dapat mengendalikannya sesuai keinginan, maka kalian harus memahami karakter motor kalian. Dimana kalian harus memperlakukan motor kalian sesuai dengan seenaknya. Kebanyakan orang yang menggunakan motor gede mengendarainya dengan sangat terburu-buru, hingga tidak memperhatikan medan jalan yang pada akhirnya berdampak pada motor. Oleh sebab itu, jika kalian memang pemula, maka kalian bisa memulai dengan berkendara secara hati-hati agar kalian juga bisa terbiasa dengan motor tersebut.

baca juga  4 Cara Jitu Untuk Mengatasi Mesin Yamaha-Vixion NVL/ NVA Yang Cepat Panas

2.Cek Kendaraan Sebelum Berkendara

Jika kalian memiliki motor gede, maka kalian haris sering-sering melakukan pengecekan. Sebenarnya hal ini juga berlaku untuk motor lainnya, dimana pada saat kalian ingin bepergian, naik itu sehari-hari maupun untuk berkendara jarak jauh. Hal yang paling penting utnuk diperiksa saat akan berkendara yaitu sistem pengeremannya, pastikan bahwa rem motor kalian berfungsi dengan baik agar kalian tetap aman saat berkendara. Kemudian periksa juga bagian mesin lainnya untuk jaga-jaga.

3.Safety Riding

Dengan motor yang mempunyai kapasitas mesin yang besar serta top speed yang sangat tinggi membuat kalian harus berkonsentrasi tinggi saat mengendarainya. Sebab salah sedikit saja, maka akan berakibat fatal. Namun jangan sampai kalian kehilangan rasa nyaman saat berkendara akibat terlalu fokus dan berkonsentrasi, dengan kata lain kalian harus tetap rilex saat berkendara.

Kemudian yang terpenting yaitu kalian harus memakai barang-barang yang bisa membuat kalian sebagai pengendara lebih aman saat berkendara menggunakan motor gede. Seperti helm, shoes, jaket, gloves, pants, elbow protecto or knee. Hal ini perlu dilakukan agar jika terjadi kejadian yang tak diinginkan seperti kecelakaan, luka yang kalian alami tidak separah jika dibanding tanpa menggunakan alat keselamatan tersebut.

4.Etika Saat Berkendara di Jalanan           

Hal yang perlu kalian tanamkan dalam diri yaitu etika berkendara. Menggunakan motor dengan top speed yang tinggi tentu saja membuat kalian berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan. Sebenarnya hal itu sangat wajar, namun kalian juga harus menyesuaikan dengan kondisi jalanan dan pastinya tetap berhati-hati. Jika jalanan sedang ramai seharusnya kalian tidak ngebut-ngebut. Sebab hal itu dapat membuat pengendara lain resah/ terganggu dan juga dapat membahayakan hidup kalian beserta hidup pengendara lainnya juga.

baca juga  Modifikasi Motor Matic Kamu Agar Tampak Lebih Keren Dengan 3 Tips Ini!

5.Buat Diri Sendiri Nyaman Saat Berkendara

Saat mengendarai motor sport/ motor gede haruslah mengutamakan kenyamanan. Buatlah diri kalian senyaman mungkin saat berkendara, apalagi saat melakukan touring. Salah satu upaya yang bisa kalian lakukan agar tetap nyaman yaitu mengatur posisi duduk. Posisi duduk saat berkendara menjadi kunci kenyamanan, dimana jika posisi kalian nyaman, kalian tidak akan mudah lelah dan pegal. Hal lain yang juga bisa kalian lakukan yaitu memodifikasi motor kalian agar tetap nyaman, sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Itulah tips mengendarai motor sport/ moge bagi pemula, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua sahabat modifikasimotorz. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Tags: