4 Cara Jitu Untuk Mengatasi Mesin Yamaha-Vixion NVL/ NVA Yang Cepat Panas

Rate this post

Tips Mengatasi Yamaha Yang Cepat Panas – Motor yang menjadi andalan brand motor Yamaha saat ini yaitu New Vixion-Lighting (NVL) atau New Vixion-Advance (NVA). Motor Yamaha ini memiliki desain elegan dan sporty yang berhasil mencuri perhatian para konsumen di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Motor Yamaha ini juga dilengkapi dengan mesin berkapasitas 149,7 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 12.2 Kw (16.59 PS) pada putaran 8.000 rpm dengan semburan torsi mencapai 14.50 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Yamaha-Vixion-NVL-NVA
Yamaha Vixion NVL NVA

Dimensi motor ini juga lumayan bongsor, yaitu dengan panjang mencapai 1.925 mm, dengan lebar 720 mm dan tinggi motor mencapai 1.030 mm. Dengan dimensi seperti ini membutanya memiliki bobot yang lumayan berat juga, yakni 131 kg. Motor ini juga memiliki keunggulan lainnya, yakni kapasitas tangki bahan bakarnya yang mampu menampung bahan bakar hingga 12 liter.

Namun, dari beberapa pengalaman dari para pengguna motor ini, motor ini mempunyai kekurangan. Wajar saja, sebab setiap motor meski semahal apapun itu sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan motor keluaran Yamaha ini. Kekurangan motor ini yaitu pada bagian mesinnya yang sangat cepat panas. Maka dari itu, kalian harus pintar-pintar mengatasinya. Bagaimana caranya? Kami punya 5 tips untuk mengatasi hal tersebut. untuk mengetahui lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

1.Gunakanlah Oli Berkualitas

Untuk sedikit meredam suhu penas  pada mesin motor kalian, maka kalian bisa menggunakan oli yang berkualitas, kemudian kalian juga harus rutin mengganti oli sesuai dengan ketentuan. Meskipun oli motor yang berkualitas terkenal dengan harganya yang jauh di atas oli motor abal-abal, namun kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Oli yang cocok digunakan untuk meredam panas mesin yaitu oli yang memiliki kekentalan yang cukup, seperti oli motul 3100 (SAE-15 W-50), namun jika kalian merasa berat dengan harganya, kalian bisa beralih ke oli merk lain asal dengan SAE sama, yaitu 15 W-50.

baca juga  Cara Mudah Memilih Shockbreaker Motor Yang Asli

2.Oper Perseneling Gigi Tepat Waktu

Biasakan untuk tidak menggeber-geber gas motor pada RPM tinggi, apalagi pada saat pengoperan gigi. Jika ini sampai terjadi, maka itulah salah satu hal yang menyebabkan suhu mesin motor cepat meningkat, sehingga mesin motor akan cepat panas. Solusinya yaitu, fungsikan filling kalian pada saat berkendara, kalian harus mengerti keadaan dan keinginan motor yang sedang kalian kendarai. Kalian harus tahu kapan motor harus di oper gigi. Jika motor memang sudah harus di oper maka operlah segera agar motor kalian tidak tersiksa dan mengalami panas, dan hal terburuk yang  bisa terjadi karena hal ini yaiitu motor dapat mengalami kerusakan. Saat mengoper gigi, kalian harus ingat untuk mengendalikan gas, usahakan pada saat mengoper gigi kalian pada RPM rendah.

3.Gas Motor Secara Perlahan di Awal-awal

Beberapa diantara kalian para sahabat modifikasimotorsz yang saat ini sedang membaca artikel ini mungkin memiliki sifat yang suka menarik full gas motor pada saat awal-awal berkendara, dan ada juga yang menarik full gas hingga mentok pada saat posisi gigi motor yang seharusnya menarik gas secara perlahan, dan kemudian berhenti secara tiba-tiba. Nah, sebenarnya hal inilah yang juga menjadi penyebab motor cepat panas, sebab motor dipaksakan untuk bekerja diluar kemampuannya. Solusinya yaitu, kalian sabarlah sedikit dalam berkendara, lakukan semuanya sesuai prosedur yang ada jika ingin motor kesayangan kalian awet. Tariklah gas secara perlahan, jangan terburu-buruu hingga gas mentok dan kemudian berhenti tiba-tiba.

4.Cek Sistem Pendingin Motor Secara Teratur

Setiap motor pengeluaran baru tentunya sudah memiliki sistem pendinginan sendir, tak terkecuali motor Yamaha ini. Jika terjadi kelainan pada bagian ini, tentu saja motor kalian mengalami resiko cepat panas yang lebih tinggi. Maka dari itu kalian harus rajin-rajin memeriksa bagian sistem pendingin motor kalian, apakah masih berfungsi (normal) atau memang menglami kelainan. Jika ada kelainan, segeralah membawanya ke bengkel jika kalian tidak bisa memperbaikinya sendiri.

baca juga  3 Cara Membuat Stang Jepit Untuk Motor Sport (Vixion) Terasa Nyaman Digunakan Saat Berkendara

Itulah 4 tips dari kami untuk mengatasi mesin motor yang cepat panas, jika kalian para sahabat modifikasimotorsz memiliki tips lain yang belum kami tuliskan di atas, kalian bisa share tips kalian dengan cara meninggalkan komentar kalian di kolom komentar.

Demikianlah tips dari kami, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Tags: