Cara Mengadopsi Kelistrikan Motor Balap Bagi Kalian Para Pecinta Road Race

Rate this post

Tips Mengadopsi Kelistrikan Motor – Untuk para sahabat modifikasimotorz yang gemar pada motor balap, tentu saja beberapa dari kalian ada yang ingin melakukan modifikasi motor di beberapa bagian, misalnya pada bodi dan ada juga yang melakukan perubahan pada bagian mesin. Bahkan lebih ekstream lagi, pasti ada yang inginatau pernah merubah motor mereka secara keseluruhan. Namun, yang paling banyak dipilih oleh para rider untuk dimodifikasi yaitu dibagian kelistrikan.

Cara-Mengadopsi-Kelistrikan-Motor-Balap-Bagi-Kalian-Para-Pecinta-Road-Race
Cara Mengadopsi Kelistrikan Motor Balap Bagi Kalian Para Pecinta Road Race

Untuk bagian kelistrikan ini, masih banyak yang belum paham betul. Karena memang untuk bagia ini membutuhkan pakar ahli dan juga yang sudah memiliki pengalaman dibidang kelistrikan motor. Terlebih lagi kelistrikan yang diaplikasin untuk motor balap, baik itu untuk road race maupun drag race. Sistem kelistrikan ini sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan modifikasi, sama halnya dengan komponen (sparepart) lain. Kelistrikan ini memiliki fungsi mengalirkan tenaga listrik yang berasal dari aki yang ke komponen lain yang butuh tenaga listrik, misalnya sistem pengapian dll.

Blink yang merupakan pemilik bengkel gila balap motor yang berlokasi di wilayah pondok gede, Bekasi mengungkapkan bahwa “pada motor bagal biasanya menggunakan metode kelistrikan (total post) atau kelistrikan DC”. Kemudian blink juga menambahkan bahwa total lost yaitu metode kelistrikan yang aliran listrik ke pengapian tak menggunakan spool, melainkan ke CDI dan aki langsung. Dengan adanya total lost ini dapat menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan motor untuk harian yang pada umumnya menggunakan sistem kelistrikan AC/ DC.

Jika berbicara mengenai motor balap, maka metode kelistrikan yang menggunakan AC/ DC memiliki beban yang berat. Pendapat ini diperkuat oleh Asep lutfi alfaruki yang bekerja sebagai mekanik. Menurutnya, bila motor balap tidak menggunakan sistem kelistrikan AC/ DC, maka motor tidak akan memiliki tenaga saat dalam ajang balapan, baik itu road race maupun drag race sekalipun. Pada umumnya, jenis aki yang digunakan yakni jenis aki kering dengan ukuran kecil, sebab motor balap memang lebih membutuhkan bobot yang tidak terlalu berat (ringan). Tenaga yang dihasilkan pun minimum 12 Volt yang memiiliki kapasitas aki minimum 4 ampere, ungkap Asep.

baca juga  4 Cara Jitu Untuk Mengatasi Mesin Yamaha-Vixion NVL/ NVA Yang Cepat Panas

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips kelistrikan motor balap, baik untuk drag race maupun road race. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tips berikut ini.

1.Usahakan Kelistrikan Tetap Dalam Kondisi Stabil

Pastikan bahwa kelistrikan yang ada pada motor balap kalian tetap stabil dan konstan saat pengisian tenaga supaya motor balap kalian dapat melaju sangat kencang dan mencapai top speed dengan mudah. Lakukanlah pemeriksaan secara berkala,

2.Gunakan Aki Yang Berkualitas Tinggi

Kalian bisa dengan mudah mendapatkan aki dengan merk berkelas yang memiliki kualitas tinggi di bengkel-bengkel resmi. Namun bukan asal bermerk yah, sahabat modifikasimotorz, kalian harus mencari aki dengan kapasitas minimum 5 ampere agar nantinya dapat menghasilkan tenaga listrik minimum 12 Volt.

3.Pahami Kebutuhan Kelistrikan Motor Yang Kalian Kendarai

Hal yang penting untuk kalian para pembalap yaitu lebih memahami kebutuhan kelistrikan pada motor balap kalian. Seba, tidak semuanya motor memiliki kebutuhan kelistrikan yang sama, semua motor pasti memiliki kebutuhan kelistrikan yang berbeda-beda. Kalian yang berberan sebagai pembalap seharusnya bisa lebih peka pada kelistrikan yang ada pada motor kalian, sering-seringlah melakukan pemeriksaan agar kalian tahu kondisi dari kelistrikan motor kalian. Hal ini juga dilakukan agar pada saat kalian sedang balapan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Minimal kalian harus tahu tentang sistem kelistrikan.

Jiak kalian memang tidak memiliki sedikitpun pengetahuan tentang kelistrikan ini, maka kami sarankan kalian untuk mencari banyak referensi dari berbagai sumber untuk belajar. Kemudian jika motor balap kalian mengalami kendala dibagian kelistrikan dan kebetulan kalian belum memiliki pengetahuan yang cukup, maka kami menyarankan untuk tidak menyentuh atau mengutak atik motor kalian, bawalah motor kalian ke bengkel terpercaya/ resmi.

baca juga  5 Cara Mengendarai Motor Sport/ Motor Gede Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Jika kalian ingin memodifikasi motor kalian, kalian juga lebih baik menyerahkannya kepada orang-orang yang ahli dibidangnya. Atau kalian bisa membawanya ke bengkel khusus untuk modifikasi, paling tidak bengkel yang memiliki mekanik yang handal dalam memodifikasi motor, yang dapat meningkatkan laju kendaraan.

Itulah tips dari kami, jika sahabat modifikasimotorz memiliki tips lain yang ingin dibagikan ke sahabat modifikasimotorz lainnya, kalian bisa meninggalkan komentar di kolom komentar yang telah disediakan. Demikianlah artikel kami kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung.

Tags: