Cara Memperbaiki Motor Yang Mati Mendadak Akibat Panas

Rate this post

Tips Memperbaiki Motor Yang Mati Mendadak – Motor yang tiba-tiba mengalami mati mesin di tengah jalan seringkali dialami oleh para rider. Motor yang tiba-tiba mati mendadak ini paling banyak disebabkan oleh suhu mesin motor meningkat. Jika kalian memgalami ini, kalian bisa berusaha mencari tahu dulu solusinya, jangan langsung panik dan menjadi kalang kabut. Nah, untuk itu kami akan memberikan tips untuk memperbaiki motor mati mendadak ketika suhu mesin motor meningkat/ panas.

Hal yang biasanya menyebabkan motor mati secara mendadak akibat kepanasan yaitu adanya kelainan pada saluran bahan bakar, sistem pengamian yang melemah, dan juga akibat kekurang oli. Untuk mengatasinya, kami akan memberikan cara mengatasinya. Berikut adalah hal-hal yang harus kalian lakukan saat kalian mengalami masalah motor seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Dari 3 masalah yang telah kami tuliskan di atas, tentu kalian menjadi tahu apa yang harus kalian periksa saat motor kalian tiba-tiba mati di tengah jalan dan bengkel lumayan jauh. Kalian bisa memeriksa saluran bahan bakar, apakah ada yang tersumbat atau tidak. Kemudian periksa juga sistem pengapiannya, dan terakhir periksa oli motor, apakah masih dalam kondisi yang baik atau bahkan sudah habis. Jika kalian sudah mengetahui penyebab motor mati mendadak, maka kalian sudah bisa mulai memperbaikinya. Untuk mengetahui caranya silahkan kalian lanjutkan untuk membaca hingga habis, yah.

Nah, sebelumnya kami sudah menuliskan kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan motor mati secara mendadak ketika motor sedang panas.  Setelah mengetahui permasalahannya, kalian bisa melakukan terlebih dahulu pemekrisan ringan pada bagian saluran bahan bakar, apakah normal dan lacar atau tidak. Kemudian periksa juga sistem pengapiannya, meliputi spool, koil, dan CDI.

baca juga  7 TIPS Modifikasi Yamaha Jupiter MX Kamu Jadi Lebih NGEBUT!

Nah, tiba saatnya kami membagikan tips untuk mengatasi masalah motor mati mendadak yang disebabkan oleh 3 penyebab yang telah kami tuliskan di atas. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kalian simak tips berikut ini.

1.Bersihkan Saluran Bahan Bakar

Cara-Memperbaik- Motor-Yang-Mati-Mendadak-Akibat-Panas
Cara Memperbaik Motor Yang Mati Mendadak Akibat Panas

Membersihkan saluran bahan bakar memang gampang-gampang susah, apalagi untuk kalian yang tergolongmasih baru (pemula). Namun untuk yang sudah terbiasa/ sering melakukan perawatan sendiri pada motornyamkhususnya dibagian ini, maka akan sangat mudah baginya. Nah, langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu cek salurannya apakah ada kotoran yang tersumbat pada saluran yang menuju karburator? Jika ada, kalian bisa membersihkannya lebih dulu. Namun, jika yang menjadi masalah/ terdapat masalah pada karburatornya sendiri, maka lebih baik membawanya ke bengkel terdekat untuk mendapat perawatan atau mungkin untuk menggantinya dengan karburator yang baru. Pada karburator terdapat bagian yang sensitive, jadi dalam mengatasinya harus sangat berhati-hati. Jika tidak, maka besar kemungkinan kondisinya akan lebih buruk.

2.Ganti Komponen Motor Yang Menyebabkan Pengapian Melemah

Sebelumnya kami telah menyarankan kalian untuk mencari tahu penyebab sistem pengapian melemah. Setelah mengetahuinya, maka kalian bisa melakukan penggantian komponen yang rusak dengan membeli komponen yang baru (asli). Misalnya mengganti bagian spool, koil, atau  CDI, bahkan bisa mengganti secara keseluruhan jika ketiganya memang mengalami kerusakan yang mengharuskan kalian menggantinya. Sebaiknya jangan menunda-nunda saat kalian sudah mengetahui bahwa bagian ini harus diganti.

3.Tambah atau Ganti Oli

Cara-Memperbaik- Motor-Yang-Mati-Mendadak-Akibat-Panas
Cara Memperbaik Motor Yang Mati Mendadak Akibat Panas

Jika kalian sudah menemukan permasalahan dibagian oli, maka biasanya langkah yang harus diambil yaitu dengan mengganti oli motor. saran dari kami yaitu gunakanlah oli motor yang asli, jikalau bisa gunakan oli yang sesuai dengan merk motor kalian (oli bawaan). Kalian juga bisa mencari referensi dari berbagai sumber mengenai oli terbaik untuk motor kalian.

baca juga  5 Cara Merawat Shockbreaker Motor Yang Benar Agar Tetap Awet

Kalian bisa mencari oli di bengkel-bengkel terdekat dengan menyebutkan merk oli yang kalian cari. Ingat, carilah oli kotor dengan kualitas yang baik. usahakan menggunakan oli bawaan motor. Misalnya untuk motor Yamaha, gunakanlah oli Yamalube, kemudian untuk motor Honda carilah atau gunakanlah oli merk AHM oil. Namun, jika kalian tidak mendapatkan oli tersebut. Mungkin kalian memang ingin menggunakan oli motor jenis lain, maka kalian bisa mencari oli motor yang juga berkualitas tinggi yang tentunya cocok dengan motor kalian.

Itulah 3 tips dari kami untuk mengatasi motor yang mati secara mendadak akibat panas. Jika sahabat modifikasimotorz mempunyai tips lain dan ingin membagikannya kepada sahabat modifikasimotorz lainnya, maka kalian bisa meninggalkan komentar di kolom komentar yang telah disediakan. Demikianlah artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Tags: