Cara Memilih Oli Motor Matic Yang Paling Bagus [WAJIB TAHU]

Rate this post

Memilih Oli Motor Matic Terbaik– Oli atau sering juga disebut dengan pelumas mesin dapat membuat gesekan antar komponen yang terjadi di dalam mesin menjadi lebih halus. Hal ini dapat mempermudah mesin untuk mencapai suhu idealnya. Oli juga mempunyai fungsi sebagai fluida yang dapat membuat suhu panas ruang bakar berpindah kebagian mesin yang suhunya lebih dingin.

Oli-Motor-Matic
Oli Motor Matic

Tingkat peminat dan pengguna motor skutik saat ini semakin tinggi. Hal ini membuat para perusahaan perakit motor bersaing untuk menciptakan skutik berbagai jenis dan berbagai tipe guna mengimbangi minat dan permintaan masyarakat di dunia, khususnya di Indonesia. Dengan banyaknya motor matic yang lalu lalang di jalanan menjadi lahan untuk meraup keuntungan bagi perusahaan yang menyediakan sparepart motor dan juga perlengkapan perawatan motor, salah satunya adalah oli khusus motor matic.

Oli Khusus Motor Matic

Untuk perawatan bagian oli, motor skutik membutuhkan perhatian yang lebih dibanding jenis motor jenis lainnya. Jika motor jenis bebek dan sport menggunakan kopling dan gigi, berbeda dengan motor matic yang malah sebaliknya. Hal ini karena skutik memiliki karakter kopling kering yang tidak membutuhkan adittif sebagai anti slip kopling. Bagian dalam mesinnya juga lebih sempit dibanding dengan motor jenis lain sehingga membutuhkan pelumas yang lebih encer dari pelumas motor jenis lainnya.

Oli-Motor-Matic
Oli Motor Matic

Melihat peran oli yang sangat penting bagi motor matic, apalagi perbedaan karakter mesin motor matic dengan motor jenis lainnya mewajibkan kalian untuk lebih menomor satukan pemilihan pelumas atau oli yang cocok untuk mesin di motor matic kalian. Pemilihan oli yang cocok dapat membuat performa mesin motor matic kalian tetap stabil bahkan akan lebih awet dan performanya lebih maksimal.

Cara Memilih Oli Motor Matic Yang Paling Bagus

Menggunakan merk pelumas yang bagus untuk motor kalian sudah seharusnya dilakukan. Sekarang sudah sangat banyak merk oli yang bermunculan dengan kualitas yang jauh dari standar yang telah ditetapkan. Jika kalian kurang teliti dalam memilih oli, maka akan menyebabkan kerusakan terhadap mesin motor kalian. Jadi sebisa mungkin kalian harus menguunakan oli yang memenuhi standar. Untuk menghindari oli yang merupakan barang imitasi dan merk tiruan lainnya, maka dari itu pastikan bahwa kalian menggunakan pelumas/ oli yang direkomendasikan oleh pabrik motor kalian.

baca juga  Mengenal Blok Silinder Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Secara umum, setiap motor bebas menggunakan oli apapun, meskipun oli tersebut bukanlah rekomendasi dari pabrik motor yang kalian gunakan. Namun, oli yang digunakan tidak sembarangan juga yah, oli itu harus memenuhi standard kekentalan untuk oli matic. Standar kekentalan atau lebih dikenal SAE oli motor matic yang baik yaitu antara 10 sampai dengan 30.

Pada dasarnya, oli motor matic jauh lebih encer jika dibandingkan dengan dengan oli untuk jenis motor selain matic. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan oli yang bagus untuk motor matic kalian, sehingga motor kalian dapat menghasilkan performa mesin yang bagus pula. Maka dari itu kami akan memberikan tips untuk memilih oli yang bagus untuk motor matic kalian.

Jalanan di kota-kota Indonesia saat ini sangatlah padat. Hal ini membuat para pengendara yang terjebak macet harus sering-sering berhenti dan kemudian jalan sedikit demi sedikit untuk menembus kemacetan. Badan mesin yang tertutup dan juga desain transmisi yang berkesinambungan akan membuat suhu mesin menjadi sangat panas. Untuk mengatasi hal ini, motor matic kalian membutuhkan oli yang didalamnya tekandung zat aditif molybdenum yang berguna untuk mengurangi suhu panas pada mesin.

Selain itu, oli dengan zat aditif juga membuat gesekan mesin semakin halus. Kekentalan oli juga seharusnya memenuhi standar API-SL (standard American-Petroleum-Institute yang tingkat kekentalannya “L”) yang pas untuk digunakan pada motor matic. Pililhlah jenis oli yang telah memiliki sertifikat resmi.

Hingga saat ini, sudah sangat banyak jenis sertificat yang beredar luas dipasaran. Tapi, khusus untuk motor matic umumnya yaitu API, yang tak lain adalah lembaga yang menguji kualitas oli di Negara- negara Amerika dan Eropa dan juga JASO (Japanese-Automotive-Standar-Association) yang juga merupakan lembaga yang menguji kualiatas oli di Jepang. Saran untuk kalian nih guys, gunakanlah oli motor berkode JASO-MB yang memang menjadikan motor matic sebagai sasarannya.

Rekomendasi Merk Oli Motor Matic Paling Bagus

Oli-Motor-Matic
Oli Motor Matic

1.TOP 1 Action Matic JASO MB Synthetic

Oli TOP 1 yang merupakan aftermarket ini memang oli yang konsumennya paling banyak. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya oli ini hadir dengan label oli shynthetic. Oli ini tersedia dalam 3 varian, ketinganya dapat menjadi pelengkap kebutuhan pelumas bagi pengendara motor skutik. Ada TOP 1 Action-Matic 20 W-40, TOP 1 Action-Matic 10 W -30, dan Top 1 Action-Plus dengan kekentalan SAE 10 W-40. Harga ketiga jenis oli ini bisa dibilang cukup murah dan tejangkau, yaitu sekitar  40 ribu rupiah.

baca juga  5 Daftar Harga Oli Terbaik & Paling Pas Untuk Satria-FU Terbaru Januari 2018 [REKOMENDASI]

Salah satu keunggulan dari TOP 1 Action-Matic yaitu mampu menjaga kebersihan piston. Dengan perlindungan yang optimal atas oksidasi. Ada kandungan sintetik di dalamnya, dan jangka waktu untuk ganti oli pun lebih lama. Performa mesin yang maksimal, dan penggunaan bahan bakar yang irit. Dan Pelumas mampu melubrikasi dengan sangat cepat semenjak start up awal.

Enduro-Matic 10W- 30 JASO-MB ialah oli motor 4 tak motor matic dengan kualitas tinggi dengan moly additif yang dapat mengurangi beban terhadap gesekan komponen mesin pada temperatur serta kecepatan tinggi. Oli jenis ini mempunyai viskositas yang rendah yang dapat memudahkan sirkulasi pelumasan serta memberikan fuel ekonomi lebih baik.  Oli dengan tingkatan mutu JASO-MB ini merupakan  standar Jepang yang diperuntukkan bagi motor 4 way matic. Dan yang pastinya sudah memenuhi standar performance API-SL.

Oli motor matic dengan kualitas terbaik (API-SL) dengan kekentalannya yang pas dan sesuai dengan karakteristik skutik. Apalagi dengan zat aditif molydenum yang berfungsi meminimalisir gesekan yang terjadi dalam mesin, sehingga membuat kinerja mesin lebib efisien. Harga dari oli enduro matic ini yaitu sekitas 45 ribu rupiah.

Selanjutnya, keunggulan lain dari enduro matic yaitu dapat mengurangi gesekan yang terjadi pada temperatur serta kecepatan tinggi. Dengan kekentalan SAE 10 W-30 sangat cocok untuk generasi terbaru sepeda motor yang dapat memudahkan motor start meski mesin dalam kondisi dingin. Oli ini juga mampu memberi perlindungan pada mesin dari keausan dan korosi yang berlebihan.

2.Federal Flick

Sebelumnya, produk ini memiki tingkat kekentalan 10 W-30 yang sekarang mengalami pengkatan menjadi SAE 10 W-40. Pelumas mesin jenis ini merupakan salah satu oli yang paling sering dicari oleh para pengendara skutik. Harganya pun jauh lebih murah dan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan oli motor matic jenis lainnya. Harganya yakni 34 ribu rupiah.

Keunggulan oli jenis ini yaitu mampu menjaga suhu mesin tetap dalam keadaan dingin. Selain itu, oli ini juga dapat menjaga kestabilan motor saat menempuh perjalanan jarak jauh. Kelebihan lain dari oli ini yaitu mampu membuat suara mesin senantiasa halus.

3. Suzuki-Genuine-Oil (SGO)

Oli motor matic yang berlambang (S) ini harga jualnya sekitas 32 ribu rupiah dengan isi sebanyak 0.8 liter dan memiliki viskositas SAE 10 W-40. Selanjutnya SGO-4T Matic 10 W-40 Api Servis SL JASO-MB yang di formulasikan khusus motor dengan kopling kering (Motor Matic). Keunggulan dari SGO (Suzuki-Genuine-Oil) ini yaitu dapat mencegah pengendapat yang terjadi pada mesin, tahan terhadap oksidasi dan juga korosi. Oli ini juga dapat membuat mesin jauh lebih awet dan tahan lama berkat perlindungannya terhadap tingkat keausan yang berlebih. Apalagi dengan tarikan mesin yang lebih ringan yang dapat membuat penggunaan bahan bakar akan lebih irit.

baca juga  7 Nama Spare Part Motor dan Fungsinya yang WAJIB Anda Ketahui

4. AHM Oil MPX2

Merk oli ini dikhususkan bagi motor matic yang diproduksi oleh Honda. Oli ini memiliki kekentalan 10 W-30 dengan harga cukup terjangkau dengan kualitas yang baik pula. Harganya yaitu sekitar 35 ribu rupiah.

Keunggulan oli AHM ini yaitu dapat menghemat bahan bakar hingga 8 persen jika dibandingkan dengan tingkat kekentalan oli yang lebih tinggi. Selain itu, oli ini juga membuat motor lebih dalam perawatan sebab usia pergantian oli mencapai 400 kilometer. Oli ini juga mampu membuat kinerja mesin lebih maksimal. Yang pastinya lebih ramah lingkungan

5. Yamalube Matic

Yamaha saat ini menawarkan 2 varian oli motor khusus matic. Yakni Yamalube Matic-Oil dan Yamalube Power-Matic-Oil. Untuk oli Yamalube-Matic Oil, pelumas ini mempunyai spesifikasi viskositas 20 W-40 dikelas SJ dan Yamalube Power-Matic-Oil dengan viskositas 10 W-40 dikelas SL.

Kedua jenis oli ini sama-sama mengandung zat molybdenum sehingga Yamaha berani menjamin ketahanan komponen mesin motor matic hingga mencapai 30%. Harga untuk pelumas mesin dari yamaha ini berkisar 40 ribuan.

Keunggulan yamalube-oil-matic yaitu dapat meningkatkan performa motor, membuat motor lebih irit dalam penggunaan bahan bakar,lebih ramah lingkungan, mampu meminimalisir gesekan yang terjadi antar logam dalam mesin motor (piston) yang berdampak baik terhadapperputaran mesin yang lebih halus dan juga respontif.

Pelumas mesin motor terbaik yang telah dicantumkan di atas juga mendukung penggunaan untuk segala jenis motor matic. Misalnya, Vespa Piaggio Matic, (Suzuki )Spin, Skywave, Skydrive, Hayate125, Nex, (Honda) PCX, Revo matic, Scoopy, Spacy, Vario, Beat, (Yamaha) Nouvo, Fino, Xeon, Mio Sporty CW, Mio, Mio Soul, dan Mio J.

Demikianlah informasi dari kami mengenai Oli Motor Matic, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tags: