Tips Memilih Fog Lamp Untuk Motor Agar Berfungsi Maksimal

Seiring dengan berkembangnya tren berkendara motor, tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkan fog lamp untuk keperluan touring.

Namun, dengan memasuki musim penghujan, tentu lampu tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi penjelajah jalanan saja.

Namun juga sangat penting untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi segala situasi yang terjadi di jalanan. Salah satunya ialah cuaca buruk yang mewajibkan pengguna jalan lebih berhati-hati.

Terlepas dari mempersiapkan jas hujan dan penggunaan helm, tentu fog lamp juga bisa menjadi alternatif bagi bikers yang tidak ingin gentar menjelajahi jalan di musim hujan.

Tips Memilih Fog Lamp Untuk Motor Agar Berfungsi Maksimal

Tips Memilih Fog Lamp Untuk Motor Agar Berfungsi Maksimal

Seperti yang kita ketahui, Fog Lamp untuk motor mempunyai fungsi untuk memperbaiki visibilitas yang buruk ketika menembus hujan deras ataupun kabut yang tebal.

Dalam hal ini, ada begitu banyak pilihan fog lamp yang saat ini beredar di pasaran. Sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi motor masing-masing.

Harganya pun sangatlah murah, atau bahkan bisa dijangkau oleh semua kalangan. Dengan demikian tidak akan menjadi beban bagi anda yang ingin menerapkan.

Nah, sebelum memilih type (bentuk) fog lamp yang menarik, ada tips sederhana agar anda memilih fog lamp yang mempunyai fungsi optimal.

“Pilih yang materialnya kokoh dan tahan air. Selain itu sesuaikan juga dayanya dengan kemampuan sistem kelistrikan di motor,” papar Irfan, staf bengkel CIP Motor, Pamulang, Tangerang Selatan, dilansir dari GridOto.com beberapa waktu lalu.

Lantaran ada beban kelistrikan yang nantinya bertambah, pemasangan fog lamp dengan daya yang terlalu besar tentu akan membuat aki cepat tekor.

baca juga  3 Cara Mengetahui Penyebab Motor Mogok

Oleh karena itu, pemasangan fog lamp pada motor yang menerapkan kelistrikan sistem DC (Fulwave) lebih dianjurkan.

Sebab arus yang keluar lebih stabil dan juga pencahayaan yang diperoleh bisa lebih terang. “Posisi fog lamp di spion atau area setang hanya menyilaukan pengguna jalan lain, jadi sebaiknya dihindari,” imbuhnya.

Meski terbilang bisa membuat motor tampak keren dan gagah, perlu dipastikan pula pemasangan lampu tersebut sesuai dengan fungsinya.

Serta tidak mengganggu pengendara lain yang melintas didepan. Pasalnya, untuk kebutuhan harian, fog lamp sendiri kurang mempunyai fungsi.

“Asalkan dipasang dengan benar, pakai fog lamp sepasang kanan kiri sudah cukup untuk dipakai dalam beragam kondisi,” tandas Irfan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *