Tips Memilih Ban Motor Terbaik dan Tahan Lama

Meski terlihat sepele, namun pada nyatanya memilih ban untuk motor merupakan hal yang susah-susah gampang, Anda tidak bisa sembarangan membeli ban kemudian meminta montir untuk menggantinya. Penggunaan ban yang salah bisa berpengaruh pada performa motor yang berakibat pada keamanan, kenyamanan, dan konsumsi bahan bakar motor Anda.

Dengan beragam varian yang dijual di pasaran membuat banyak penggua roda menggunakan ban spesifikasinya tidak sesuai dengan motor.Untuk Anda ketahui ban sendiri memiliki berbagai macam karakter dengan kegunaan yang berbeda pula. Untuk itu jika ingin membeli ban harus di sesuaikan dengan kebutuhan apalagi jika digunakan untuk harian.

Agar tidak bingung memilih ban, berikut Modifikasimotorz berikan tips memilih ban motor terbaik dan tahan lama untuk Anda.

Beberapa Tips Memilih Ban Motor

Sumber gambar: setangsetir.com

1. Perhatikan Ukuran Ban

Setiap tipe motor tentu memiliki ukuran yang berbeda-beda, ukuran ban motor matic tidak sama dengan ban motor bebek. Jika pemakaian motor untuk sehari-hari misalnya hanya untuk pemakaian biasa Anda bisa menggantinya dengan ban berukuran standar,akan tetapi apabila pemakaian motor untuk mengangkut beban berat untuk membawa barang dagangan misalnya.

Sebaiknya perbesar ukuran ban Anda yaitu 80/90 untuk ban depan dan 90/90 untuk ukuran ban belakang. Tidak dianjurkan memperkecil ukuran ban, misalnya ban depan diperkecil menjadi 60/90 dan belakang 70/90, selain boros dalam pemakaian,memperkecil ukuran ban dapat mengakibatkan ban mudah bocor dan Anda tentu akan kena tilang polisi.

2. Pilih Ban Dengan Merk Terkenal

Tidak ada salahnya memilih merk ban yang cukup terkenal seperti Corsa, Mizzle, atau FDR, meskipun sedikit lebih mahal, namun ban dengan merk terkenal bisa lebih awet dan tentu lebih aman. Namun ada baiknya Anda bekonsultasi dengan montir mengenai merek yang cocok untuk ban motor Anda untuk mendapat rekomendasi merk ban yang cocok untuk motor Anda.

baca juga  Sederhana! Tips Ini Bisa Mencegah Terjadinya Kecelakaan Bermotor

3. Jenis Ban

Ada dua jenis ban motor yang tersedia di pasaran, ban Tube type dan Tubeless. Ban Tube type adalah ban motor yang menggunakan ban dalam, sedangkan ban Tubeless adalah ban motor yang tidak menggunakan ban dalam. Jika Anda menggunakan velg casting wheel ada baiknya Anda menggunakan ban jenis tubeless, karena dikhawatirkan pinggiran velg yang tajam akan menggores ban dalam Anda.

4. Perhatikan Corak/Alur Ban

Alur kembangan ban depan dan ban belakang memiliki fungsi yang berbeda. Bila alur ban depan berfungsi sebagai pencengkeram saat pertama kali menyentuh jalanan serta air apabila hujan. Maka ban belakang berfungsi sebagai penjaga kestabilan. Oleh karena itu, alur ban depan dan ban belakang harus berbeda.

Itu tadi tips memilih ban motor yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih ban terbaik untuk kendaraan Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *