4 Cara Ampuh Membuat Rem Tromol Menjadi Pakem

Rate this post

Rem Tromol Kuat Mencengkram – Rem motor merupakan salah satu komponen terpenting pada motor. Rem merupakan salah satu fitur keselamatan yang dimiliki setiap motor. Rem bertujuan untuk untuk memperlambat laju kendaraan hingga menghentikan laju kendaraan. Jadi, kalian tentu sudah paham betul dengan fungsi rem motor yang sangat penting ini. Namun, terkadang ada beberapa hal yang membuat re mini tidak berfungsi dengan baik, hingga membuat pengendaranya berada dalam bahaya. Nah, untuk itu kalian harus mengetahui cara perawatan rem ini.

Cara-Membuat-Rem-Tromol-Menjadi-Pakem
Cara Membuat Rem Tromol Menjadi Pakem

Sebelumnya kami ingin memberitahukan bahwa komponen pengereman sepeda motor pada umumnya terbagi menjadi 2, yakni:

1.Sistem pengereman dengan tromol/ rem tromol

2.Sistem pengereman dengan cakram/ disc brake

Dari 2 jenis sistem pengereman yang kami tulis di atas, kalian juga tentu sudah tahu bahwa sistem pengereman yang menggunakan cakram atau disc brake mempunyai kualitas pengereman yang sangat baik. Tapi bukan berarti bahwa sistem pengereman yang menggunakan tromol tidak memiliki kualitas yang baik. Hanya saja cakram memang memiliki kualitas yang lebih baik dibanding tromol.

Motor yang menggunakan rem tromol sebenarnya juga memiliki daya cengkram yang cukup kuat. Namun, apabila  sistem pengeramannya tidak berfungsi dengan baik secara optimal, maka tentu saja hal ini akan membuat si pengendara dalam bahaya saat mengendarai motornya. Maka dari itu, kami ingin berbagi Tips Membuat Rem Tromol Tetap Kuat Mencengkram untuk para sahabat modifikasimotorz.

Berikut adalah 4 tips yang bisa kalian coba untuk mempertahankan kepakeman rem tromol kalian.

1.Lepas dan Bersihkan Tromol

Untuk membuat rem tromol kalian menjadi tetap kuat, maka lakukanlah pembersihan tromol secara berkala. Kalian bisa membersihkannya dengan memulai melepas dudukan kamvas dan juga tromol dari tempatnya, setelah itu bersihkanlah tromol tersebut. bersihkan tromol tersebut dengan menggunakan kain lap yang bersih. Bisa juga menggunakan angin berkekuatan tinggi (kompresor). Setelah kalian membersihkannya, pastikan bahwa tidak ada sisa debu/ kotoran yang tersisa pada lubang tromol.

baca juga  5 Cara Modifikasi Motor Agar Melaju Lebih Kencang Lari

2.Rendam Kampas Rem Dalam Air Bersih

Untuk merawat kampas rem juga bisa menggunakan air bersih. Caranya sangan simple, yaitu cukup dengan merendam kampas rem tersebut di dalam air bersih. Setelah itu, jangan lupa untuk menjemur kampas sampai kering di bawah terik matahari setelah merendamnya. Jika kampas sudah kering, maka pasanglah kembali kampas ke dudukan tromol.

3.Atur Tingkat Kedalaman Tromol

Kalian juga bisa mengatur setelan rem tromol sepeda motor kalian, aturlah tingkat kedalaman rem tromol motor kalian sesuai dengan selera kalian. Sebab pada dasarnya, tingkat kedalaman motor memang bisa disesuaikan dengan selera pengedaranya.

4.Ganti Kampas Rem Jika Memang Sudah Kalah

Jika kalian merasa daya cengkram rem motor kalian sudah tidak maksimal, coba kalian periksa dengan cara melepas tromol kemudian perhatikan tingkat ketebalan kampas rem tersebut, apakah masih tebal atau memang sudah habis. Jika memang masih tebal, maka langkah yang bisa kalian ambil yaitu dengan melakukan pembersihan dengan langkah yang telah kami tuliskan di atas. Namun jika sudah habis, maka kami sarankan agar kalian menggantinya dengan kampas rem yang baru. Mengapa harus diganti? Sebab kampas rem yang menipis tidak bisa melakukan pengereman secara maksimal lagi, sehingga dapat membahayakan pengendaranya.

Sebelum melakukan perjalanan menggunakan motor, sebaiknya kalian memeriksa terlebih dahulu sistem pengereman motor kalian. Jika memang ada kelainan, kalian bisa melakukan perawatan dengan berpacu pada tips yang telah kami tuliskan di atas. Jika telah melakukan tips di atas, jangan lupa ya sahabat modifikasimotorz, kalian harus memastikan bahwa komponen-komponen rem tromol telah terpasang dengan benar dan juga kuat. Sebab jika ada kesalahan pemasangan, maka besar kemungkinan akan terjadi hal yang tentu saja tak kalian harapkan.

baca juga  Mau Modifikasi Yamaha Jupiter Z Yang Mudah? Begini Caranya!

Demikianlah informasi singkat dari kami, semoga tips dari kami dapat bermanfaat untuk sahabat modifikasimotorz. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Tags: