5 Cara Jitu Membuat Motor Hemat Bahan Bakar

Rate this post

Tips Motor Hemat Bahan Bakar Minyak – Memiliki motor sudah pasti membuat kita mau tidak mau harus menyediakan uang bulanan untuk membeli bahan bakar. Apalagi jika motor yang kita miliki adalah motor yang boros, wah butuh uang banyak tuh. Untuk pabrikan motor yang hingga saat ini terkenal irit dalam mengonsumsi bahan bakar, yakni Honda. Kemudian, untuk brand motor yang terkenal dengan desain dan look yang dinamis serta kekinian yaitu Yamaha.

Namun, pada dasarnya semua perusahaan motor pastinya selalu memberikan yang terbaik untuk konsumennya, dan juga setiap brand motor pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, kalian tinggal memilih motor yang akan kalian pilih nantinya tentunya yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian yah, sahabat modifikasimotorz. Tapi, pada dasarnya semua orang pasti mengidamkan motor yang sangat irit dalam mengonsumsi bahan bakar, sehingga kalian dapat menghemat biaya hidup.

Sebenarnya ada tips mudah untuk kalian yang ingin motor kalian hemat dalam mengonsumsi bahan bakar. Untuk mengetahui lebih lanjiut, silahkan simak tips jitu membuat motor hemat bahan bakar dari kami berikut ini.

Tips-Hemat-Bahan-Bakar-Minyak
Tips Hemat Bahan Bakar Minyak

1.Gunakan Oli Mesin Berkualitas

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan alasan mengapa harus menggunakan oli motor terbaik untuk motor. Yah, penggunaan oli mesin yang baik memang berdampak baik pada motor, termasuk menghemat pengonsumsian bahan bakar. Mengapa demikian? Sebab dengan oli motor berkualitas akan membuat gesekan-gesekan dalam mesin akan menjadi jauh lebih halus dan juga dapat meminimalisir suhu panas mesin. Hal ini membuat dapur pacu motor lebih ringan yang membuat motor mengonsumsi bahan bakar lebih hemat.

2.Kondisikan Perpindahan Gigi

baca juga  3 Cara Merawat Leher Knalpot Supaya Tidak Menguning

Jika kalian ingin  kendaraan kalian irit bahan bakar (mobil ataupun motor), maka kalian bisa melakukan tips kedua ini, yaitu mengkondisikan perpindahan gigi perseneling. Maksudnya yaitu, jangan asal memindahkan/ mengoper gigi seenaknya saja. Sebaiknya kalian memasukkan atau memindahkan gigi pada RPM rendah. Kemudian jangan membuat motor bergetar saat kalian memasukkan gigi, usahakan kalian memindahkan gigi dengan waktu yang tepat.

3.Hindari Menginjak Pedal Gas Secara Mendadak

Salah satu hal yang membuat motor kalian boros dalam mengonsumsi bahan bakar yaitu menginjak pedal gas secara mendadak. Seharusnya pedal gas di injak secara bertahap dan stabil. Apabila pedal gas di injak secara mendadak, maka secara otomatis bahan bakar motor uang terhisap keruang pembakaran pun semakin banyak. Sementara itu, putaran mesin rendah mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke ruang mesin pembakaran tidak semuanya terbakar. Nah, hal inilah yang membuat motor kalian boros, sebab bahan bakar tersebut tidak menghasilkan tenaga, melainkan terbuang sia-sia melalui knalpot.

4.Perbaiki Setelan Klep Motor

Bagi kalian yang mempunyai motor dengan mesin 4 tak, kalian bisa menggunakan cara ini untuk menghemat penggunaan bahan bakar motor kalian. Caranya yaitu dengan mengubah setelan klep motor yang berfungsi mengatur campuran dari bahan bakar dan juga udara yang masuk ke ruang pembakaran. Dengan merapatkan klep motor, maka secara otomatis membuat bukaan valve juga ikut menyempit. Hal ini dapat menyemburkan bahan bakar lebih sedikit (hemat).

5.Pasangi Motor Kalian Dengan Power Boster

Cara ini dapat digunakan untuk semua jenis motor, dimana pada tips kali ini yaitu dengan memperbesar sistem pengapian motor. Pembesaran tegangan atau pengapian ini dapat membuat motor lebih irit dalam mengonsumsi bahan bakar, sebab bahan yang di letupkan oleh busi yang berupa percikan api makin sempurna. Pengapian yang sempurna membuat pengendara tidak mengatur gas terlalu tinggi. Dengan pengapian besar juga membuat motor menghasilkan tenaga yang juga besar untuk laju motor. Lalu, bagaimanakah caranya? Caranya yaitu pasangi motor kalian dengan power booster yang bisa kalian temui dengan mudah di bengkel-bengkel terdekat kalian.

baca juga  Cara Memilih Oli Motor Yang Sesuai Dengan Kondisi Motor

Itulah 5 tips menghemat bahan bakar motor dari kami, jika kalian mempunyai tips tambahan dan ingin membagikannya ke sahabat modifikasimotorz lainnya, silahkan kalian share di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami, dan semoga tips ini dapat menjadi referensi bagi kalian semua dan bisa bermanfaat.

Tags: