Tips Cek Motor Bekas Yang Paling Mudah Dilakukan

Pada kondisi tertentu, melakukan pengecekan pada motor bekas yang ingin dibeli sangatlah penting. Sebab hal tersebut bisa mencegah adanya salah beli, atau memperoleh kondisi motor yang sangat buruk.

Oleh karena itu, Tips Cek Motor Bekas yang kami berikan bisa menjadi solusi yang paling mudah. Sehingga secara tidak langsung, bisa dijadikan pengalaman sekaligus mengetahui tata cara memilih motor bekas yang benar.

Nah, yang menjadi pertanyaan ialah, Bagaimana cara mengecek kondisi motor bekas? Untuk jawaban yang lebih detail, anda bisa menyimak rincian yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Tips Cek Motor Bekas Yang Paling Mudah Dilakukan

Tips Cek Motor Bekas Yang Paling Mudah Dilakukan

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika hendak membeli motor bekas. Namun dari sisi yang paling penting, tips dibawah ini akan sangat membantu. Beberapa diantaranya ialah :

1. Mencocokkan Surat Kendaraan

Meski terbilang sederhana, namun cara ini sangat ampuh untuk memastikan bahwa motor yang ingin anda beli bukanlah jenis bodong (motor curian).

Cara mengecek ialah dengan mengecek nomor yang ada pada STNK dan BPKB. Yakni dengan melihat sekaligus nomor pada rangka dan mesin. Apakah sesuai dengan yang ada di STNK atau tidak.

2. Cek Kondisi Mesin

Langkah ini bisa dilakukan secara seksama. Namun hal yang paling mencolok, ialah dengan melihat kondisi dari cat mesin, baut, atau yang lainnya.

Jika kondisi fisik mesin masih bagus, maka bisa jadi jika motor masih belum melalui tahap turun mesin atau sejenisnya. Sehingga bisa dilanjutkan pada langkah selanjutnya.

baca juga  4 Cara Ampuh Membuat Rem Tromol Menjadi Pakem

3. Cek Suara Mesin

Dalam hal ini, anda bisa melakukan pengecakan kondisi motor dengan cara menghidupkan mesin. Kemudian lubang knalpot ditutup untuk mendengarkan suara mesin.

Jika dalam kondisi baik, tentu mesin tidak akan menimbulkan suara berisik atau masih terdengar halus. Begitupun sebaliknya. Apabila mesin sudah bobrok, tentu akan menimbulkan suara berisik.

Terlebih lagi jika knalpot mengeluarkan asap yang mengebul (mesin 4-tak), maka sudah dipastikan mesin rusak parah. Tapi asap ini tidak berlaku bagi (2-tak), sebab sistem pembakarannya beda.

Sedangkan untuk cara lain, bisa diamati dengan sekilas pandang. Entah itu kondisi cat, body modif, dan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *