Tips Agar Rantai Motor Tidak Berisik

Pada kondisi tertentu, terkadang rantai motor menimbulkan bunyi berisik yang terasa sangat mengganggu. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mencari tips supaya suara tersebut bisa dikurangi.

Nah seperti yang kita ketahui, rantai motor merupakan salah satu komponen penting untuk bisa menggerakkan roda. Sebab dengan tidak adanya elemen ini, tentu motor kita tidak akan bisa jalan.

Namun terkadang, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Rantai pada motor menimbulkan suara atau bunyi berisik lantaran sudah mulai aus.

Ketika masalah ini terjadi, mungkin langkah yang paling baik ialah dengan mengganti satu set rantai, gear depan dan belakang. Sebab umumnya komponen tersebut dijual dalam satu set.

Akan tetapi, siapa yang menyangka jika masalah tersebut masih bisa diakali. Sehingga anda tidak perlu buru-buru untuk mengganti rantai tersebut.

Tips Agar Rantai Motor Tidak Berisik

Tips Agar Rantai Motor Tidak Berisik

Sebelum beranjak pada tata cara mengatasi permasalahan rantai motor berbunyi, mungkin akan lebih baik jika anda paham juga penyebab dari kondisi tersebut.

Jika secara umum, rantai tersebut berbunyi lantaran kondisi rantai sedang kering (tidak diberi pelumas), atau memang jalannya rantai dengan gear tidak sejajar. Hal tersebut muncul lantaran gear depan sudah mulai aus (terkikis).

Jika anda bertanya pada bengkel, mungkin akan diberi tahu cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut. Kurang lebihnya supaya rantai motor tidak berisik diantaranya :

1. Membuat rantai lebih sejajar

Tips ini mungkin tampak sangat sederhana, namun memberikan efek yang sangat baik pada kinerja motor. Pertama ialah dengan men-standar tengah motor. Dan putar roda dengan mengamati rantai.

baca juga  7 TIPS Modifikasi Yamaha Jupiter MX Kamu Jadi Lebih NGEBUT!

Jika sedikit miring atau tidak sejajar, maka coba perbaiki sehingga jalannya rantai lebih lancar.

2. Membalik Gear Depan

Umumnya satu sisi gear depan akan tergerus dan menjadi penyebab dari berisiknya bunyi rantai. Jadi bongkar terlebih dahulu, dan balik posisinya.

Tips ini mungkin mempunyai daya tahan yang berbeda, bisa saja hingga 6 atau 8 bulan pemakaian normal.

3. Melumasi Rantai

Langkah termudah, dan bisa diterapkan jika kondisi rantai sudah stel (sejajar). Maka anda bisa memberi pelumas untuk meredam bunyi berisik tersebut.

Namun jangan dengan oli bekas, sebab bisa kotoran akan menempel. Bisa dengan oli baru atau setidaknya menggunakan minyak goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *