Harga Suzuki GSX 250R dan Spesifikasi Terbaru Juli 2018 [REVIEW]

Rate this post

Suzuki akhirnya resmi mengeluarkan motor sport 250 cc yang dinamai Suzuki GSX-250R. Motor ini diperkenalkan untuk pertama kali yaitu di negara China dan siap menyaingi keunggulan Kawasaki, Yamaha, dan Honda yang juga merupakan pabrik motor sport 250cc ternama di dunia.

motor-suzuki-GSX-250R
Motor Suzuki GSX 250R

Agar dapat menarik minat konsumen, telah disediakan berbagai fitur pada motor ini yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan untuk bersaing dan mengalahkan pesaing-pesaingnya yang telah lebih dulu dipasarkan dengan harga fantastis, yaitu di atas 50 juta rupiah. Terdengar kabar bahwa akan ada dua varian yang berbeda, yakni ABS (Suzuki GSX-250R) dan non ABS (standar). Untuk masalah harga, setiap versinya sudah pasti berbeda. Hal ini karena perbedaan yang signifikan pada kemampuan sistem pengeremannya.

Semoga harga jual Suzuki GSX 250R  lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Honda CBR250RR ABS atau Yamaha R25 ABS yang diperjual belikan di Indonesia dengan harga yang lebih dari 60 juta rupiah. Terlepas dari hal ini, harga Suzuki GSX 250R ini sudah dipastikan akan melebihi angka 50 juta, mengapa demikian? Hal ini karena Suzuki GSX 250R mempunyai spesifikasi serta teknologi terbaik dan juga dibekali dengan fitur-fitur canggih.

Suzuki GSX-250R dengan desain full fairing membuat motor ini tampil sporty dan dilengkapi fitur-fitur canggih yang disediakan untuk memanjakan pengendaranya. Motor ini bahkan mempunyai sistem keamanan yang tidak kalah dari pesaing-pesaingnya, bahkan bisa dikatakan lebih bagus karena terdapat fitur immobilizer yang dapat mencegah terjadinya kejadian yang sangat rawan terjadi, yaitu pencurian motor. LCD Full Digital juga disediakan Suzuki untuk memberikan informasi yang akurat untuk pengendaranya.

Jika dibandingkan dengan motor Kawasaki Ninja 250-FI, motor Suzuki GSX 250R ini body-nya lebih ramping. Tampilan luarnya juga terlihat sporty apalagi ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih oleh pengendaranya. Dan masih ada banyak lagi kelebihan dan fitur canggih lainnya yang tersedia di motor ini. Untuk mengetahui lebih banyak tentang kelebihan motor ini, silahkan simak ulasan yang akan kami bahas berikut ini.

Daftar Spesifikasi Suzuki GSX-250R

Mesin:

  • Volume Silinder: 248cc
  • Stroke x Bore (mm): 55,2mm x 535mm
  • Tipe: 2 silinder, liquid cooled, 4 stroke, DOHC
  • Power Max: 24,6 dk/8000 rpm
  • System Bahan Bakar: Fuel-Injection
  • Starter Type: Electric
  • Torsi Max: 23,4 Nm/6500rpm
  • Rasio Kompresi: 11,5 : 1
  • Transmisi Type: 6 speed
baca juga  Suzuki GSX R150 Spesifikasi dan Harga Terbaru Juli 2018

Dimensi:

  • L: 2.085mm, W: 740mm, H: 1.110mm (L x W x H)
  • Bobot: 178 kg
  • Wheelbase: 1.430mm
  • Tinggi Jok: 790mm
  • Tank Capacity: 15liter

Rangka:

  • Suspensi Bagian Depan: Coil Spiring, Oil Dampaded, Telescopic
  • Supensi Bagian Belakang: Coil Spring, Oil Damped, Link Type
  • Size Ban Depan: 110/ 80-17, tubeless
  • Size Ban Belakang: 140/ 70-17, tubeless
  • Rem Depan: 290 mm cakram kembar caliper piston
  • Rem Belakang: 240 mm cakram tunggal caliper piston

Suzuki GSX 250R mungkin akan dipasarkan di Indonesia dengan nama GSX-250R. Motor yang pertama kali diperkenalkan di China ini dilengkapi dengan mesin 2 silinder berkapasitas 250cc. Hal ini dapat membuat motor ini dapat menandingi pesaing-pesaingnya. Persaingan motor sport dikelas 250cc ini pasti semakin ketat dengan hadirnya motor sport satu ini, karena masing-masing motor menawarkan mesin 2 silinder yang mempunyai raungan mesin yang lebih gahar jika dibandingkan dengan motor sport 250cc satu silinder.

1. Performa Mesin

Suzuki GSX 250R mungkin akan segera dipasarkan di Indonesia. Motor yang pertama kali diperkenalkan di China ini dilengkapi dengan mesin denga 2 silinder yang berkapasitas 250cc. Hal ini membuat motor ini dapat menandingi pesaing-pesaingnya. Persaingan motor sport dikelas 250cc ini pasti semakin ketat dengan hadirnya motor sport satu ini, karena masing-masing motor menawarkan mesin dengan  2 silinder yang mempunyai raungan mesin yang lebih gahar apabila dibandingkan dengan motor sport 250cc yang hanya menggunakan satu silinder.

Suzuki GSX 250R menggunakan mesin yang tak lain adalah pengembangan dari Suzuki Inazuma yang katanya dapat menghasilkan tenaga maksimal yang mencapai 23,4 Nm yang dapat diraih pada putaran 8.000rpm. Meski tenaga yang dihasilkan lebih kecil dari motor sport 250cc sejenisnya, akan tetapi Suzuki GSX 250R menawarkan torsi berimbang, karena dapat mencapai 23.4 Nm diputaran 6.500 rpm. Mesin ini diangkat dari teknologi DOHC dengan 2 silinder  yang mempunyai kubikasi 248cc serta didukung oleh sistem transmisi manual 6 speed (percepatan).

2. Desain

review-motor-suzuki-G-S-X-250R
Review Motor Suzuki GSX 250R

Selain mesinnya, desain yang dimiliki motor Suzuki GSX 250R ini juga dapat bersaing dengan motor sport 250cc dengan mesin 2 silinder lainnya. Dapat dilihat dibagian depan yang sudah terpasang headlamp yang ukurannya lumayan besar dan tak terpisah dengan lampu seinnya. Lampu utama tampak hampir sama dengan Suzuki GSX 1000, hanya saja lampunya masih menggunakan bohlam H4 yang berdaya 55/ 60W.

baca juga  Harga Motor Suzuki Terbaru dan Bekas Juli 2018 [UPDATE]

Tapi tidak perlu berkecil hati, karena hal ini dapat diakali dengan mengambil langkah modifikasi motor bagian lampu dan mengubah lampu standar menjadi lampu LED Projector, lampu jenis ini sekarang menjadi trend modifikasi loh, kawan-kawan. Beda halnya pada bagian depan, GSX 250R ini mengadopsi stop lamp yang menggunakan  lampu LED 12 yang pastinya akan membuat tampilannya lebih indah saat dilihat dari belakang. Selain itu, ada fender yang menggantung yang merupakan ciri khas motor gede.

Untuk bagian body, Suzuki GSX 250R ini menerapkan desain full fairing. Hal ini akan mebuat motor ini nampak lebih sporty, hanya saja jika dibandingkan dengan desain motor Honda CBR20RR yang lebih dulu dirilis ke pasaran. Dengan adanya kekurangan-kekurangan ini, diharapkan dapat membuat harga motor Suzuki GSX 250R ini menjadi lebih terjangkau. Hehehe. Amin.

Untuk keseluruhan, motor ini memiliki dimensi dengan panjang 2.085mm, lebar 740mm, dan tinggi 1.110mm. Bobotnya hanya 178 kg dan  jarak sumbunya 1.430mm. Bagian depan sudah dipasangi tangki yang mampu menampung 15 liter bahan bakar dan ketinggian jok berukuran 790mm. Untuk ban, motor ini menggunakan ban depan yang berukuran 110/ 80-17 dan ban belakang berukuran 140/ 70-17.

3. Kaki-kaki dan Fitur

review-motor-suzuki-GSX-250R
Review Motor Suzuki GSX

Meskipun harga motor Suzuki GSX 250R ini diperkirakan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan motor 250cc sejenisnya, tetapi tidak berpengaruh pada teknologi yang sudah ada didalamnya. Tapi yang disayangkan, Suzuki GSX 250R ini masih menggunakan teleskopik pad suspensi bagian depan. Sedangkan, saat CBR250RR dirilis, motor Honda ini sudah menggunakan suspensi up side down.

Bahkan terdengar kabar bahwa Susuki dan Yamaha akan melakukan penyegaran terhadap Ninja 250FI dan R25dengan mengangkat suspensi Up Side Down. Hal ini tentu telah menjadi kekurangan motor satu ini, dan lagi-lagi kita berharap semoga hal ini membuat harga motor Suzuki GSX 250R ini makin terjangkau.

Untuk suspense bagian belakang Suzuki GSX 250R mengunakan suspensi monoshock yang diletakkan dilengan ayun/ swing arm yang bentuknya kotak. Lalu untuk sistem pengeremannya, rem depan cakram dengan ukuran 290mm dua buah kaliper dari Nissin, dan bagian belakang menggunakan rem cakram dengan ukuran 240mm satu piston kaliper. Terdengar kabar bahwa Suzuki segera memasarkan jenis  ABS yang secara otomatis menjadikan harga motor Suzuki GSX 250R versi ABS ini diperkirakan lebih mahal dari Suzuki GSX 250R versi non ABS (standar).

baca juga  Harga Motor Suzuki Terbaru dan Bekas Juli 2018 [UPDATE]

Selain kekurangan dari motor ini, tentu ada juga kelebihan-kelebihannya. Suzuki GSX 250R ini dilengkapi fitur speedometer full digital yang akan memberikan informasi yang akurat, detail, dan secara canggih. Ini merupakan modal utama untuk mengungguli Ninja 250 FI dan juga Yamaha R25 yang hingga saat ini masih menggunakan speedometer  analog yanf didalamnya masih memakai panel instrument digital. Motor Suzuki GSX 250R ini juga mempunyai sistem kunci  immobilizer yang menjamin mesin motor tidak akan hidup jika memakai kunci palsu, karena sudah dilengkapi chip khusus yang tersambung langsung pada anak kunci dan juga rumah kunci.

Motor Suzuki GSX 250R ini diharapkan bisa menyaingi pesaing-pesaingnya dengan bermodalkan kelebihan-kelebihannya yang lumayan menjadi daya tarik untuk calon konsumen. Hanya saja yang disayangkan, kami belum bisa memberikan informasi harga pasti dari motor ini, karena belum dipasarkan di Indonesia, jadi belum bisa dipastikan harga pasar yang sesungguhnya jika di Indonesia.

Tapi untuk bisa memiliki motor ini, kalian sudah bisa mempersiapkan uang 50 juta ke atas, karena sudah dipastikan bahwa harga motor ini berkisar antara 50 hingga 60 juta rupiah. Harga yang lumayan fantastis bukan? Tapi hal ini sesuai dengan spesifikasinya, jadi tidak masalah.

Jika dilihat dari desainnya, Suzuki GSX 250R ini memang tidak sehebat Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250 FI. Tetapi motor ini memberikan fitur speedometer full digital dan juga sistem kunci immobilizer yang tentunya lebih keren dan lebih canggih dari pesaingnya.

Nah, bagaimana kawan, keren kan? Kita berdoa saja agar harganya tidak terlalu mahal agar kita semua bisa memiliki motor ini dengan kecanggihannya. Dan semoga motor ini bisa lalu lalang di negeri kita tercinta ini, Indonesia raya. Demikian informasi dari kami tentang spesifikasi Suzuki GSX 250R, semoga bermanfaat untuk kawan-kawan sekalian.

 

Tags: