Sering Dianggap Sepele, Ternyata Lampu Sein Tidaklah Murah

Seperti kebanyakan pengguna motor lain, tidak sedikit dari mereka yang menyepelekan kondisi lampu sein motor yang sudah mati.

Bahkan mereka tidak segera mengganti, meski sudah tahu jika lampu tersebut tidak mempunyai fungsi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, dengan peranan yang cukup penting. Sudah sepatutnya jika anda menjaga lampu sein tersebut, sehingga ketika dibutuhkan, khususnya ketika ingin berbelok.

Tidak ada dampak bahaya yang bisa saja muncul. Baik dari sisi pribadi, ataupun pengguna jalan lain yang ada disekitar anda.

Sering Dianggap Sepele, Ternyata Lampu Sein Tidaklah Murah

Sering Dianggap Sepele, Ternyata Lampu Sein Tidaklah Murah
Honda CB150R Streetfire / Dok. AHM

Untuk saat ini, penggunaan lampu sein LED (light emiting diode) sudah umum diterapkan pada motor keluaran terbaru. Tidak terkecuali Honda selaku penguasa pasaran di Indonesia dalam kategori motor sport.

Selain dipercaya bisa tahan lama (awet), lampu LED juga terbilang hemat listrik. Akan tetapi, hal tersebut tidak harus anda anggap sepele, lantaran harga lampu sein Honda tersebut tidaklah murah.

Salah satu yang paling kentara dari motor Honda terkait dengan penerapan lampu sein LED ialah pada motor All New CBR150R Streetfire, dan lain-lainnya.

Bahkan beberapa motor matic Honda pun juga sudah ada yang menerapkan lampu sein terpisah, selayaknya motor sport. Sebagai contoh ialah New Vario 150 dan New Vario 125.

Melihat dari daftar harga suku cadang motor Honda, dari laman beberapa dealer resmi, harga untuk lampu sein LED tersebut berada pada kisaran Rp 101.000,- hingga Rp 117.000,-

Uniknya, harga tersebut bukan untuk satu pasang lampu sein LED, namun hanya satu unit saja.

baca juga  Tips Agar Rantai Motor Tidak Berisik

Oleh karena itu, anda harus merawat secara maksimal. Pasalnya caranya pun tidaklah sulit. Cukup dengan menjaga kondisi listrik tetap stabil.

Sehingga pemicu dari rusaknya LED, seperti tegangan listrik yang tidak normal, bisa dicegah dan lampu tersebut akan tetap awet.

Lampu sein mempunyai fungsi (kegunaan) untuk berbelok jalan, sehingga bisa terbaca atau terlihat oleh pengguna jalan lain. Baik yang ada didepan ataupun belakang anda.

Apabila lampu sein rusak, maka bisa saja pengendara tersebut dikenai tilang oleh petugas kepolisian.

Pasalnya, penggunaan lampu sein juga sudah diatur pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 112 ayat 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *