Punya Motor Matic? Beginilah Cara Mudah Merawatnya

Motor matic hingga saat ini masih menjadi motor favorit masyarakat umum dan menjadi pilihan utama ketika ingin membeli motor. Beberapa mereka yang memilih engine matic beralasan bahwa motor matic tidak terlalu susah untuk digunakan bila dibandingkan dengan engine manual. Lebih dari itu, jenis motor satu ini juga cenderung mudah untuk digunakan apalagi untuk orang yang baru belajar mengendarai motor.

Sebagai pembeli, tentu tidak hanya membelinya saja bukan? Lebih dari itu, melakukan perawatan merupakan hal yang tidka boleh diabaikan. Mengenai perawatannya juga tidak sulit. Berikut ini,   beberapa tips merawat kendaraan matic Anda dari modifikasimotorz.com yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Tips Mudah Merawat Motor Matic

Sumber Gambar: cdn.idntimes.com

1. Panaskan Mesin

Memanaskan mesin di pagi hari atau sesaat sebelum digunakan merupakan hal yang sepele namun berdampak baik untuk mesin itu sendiri. Kondisi tersebut dilakukan agar compositions pembakaran pada mesin dapat berjalan sempurna sebelum Anda kendarai.

Selain dari itu, memanaskan mesin juga agar oli pada mesin bergerak menyiram mesin yang ada di dalam supaya temperature mesin kendaraan Anda tetap normal.

2. Perhatikan Cara Mengendarai Engine Matic

Tips satu ini lebih ke cara menjaga mesin pada pemakaian. Dalam menggunakan engine matic para pengendara diharapakan tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi kemudian mengerem dengan tiba-tiba dan kembali melaju dengan kecepatan tinggi dan terus sebaliknya.

3. Lakukan Pengecekan Bahan Bakar

Untuk pengguna kendaraan engine matic diharapkan untuk selalu mengecek bahan bakar yang ada di dalam tengki. Mengingat kendaraan dengan engine matic kemudian tangki bahan bakar sampai dalam kondisi kosong, injeksi pada mesin akan mengalami kerusakan. Sebagai pengguna, tentu tidak ingin kan kendaraannya mengalami kerusakan karena lali mengisi bahan bakar?

baca juga  Mau Motor Matic Touring Yang NYAMAN? 5 Tips Modif ini Wajib Kamu Coba!

4. Lakukan Pergantian Oli secara Rutin

Melakukan pergantian oli secara rutin merupakan hal yang tidka boleh dilewatkan. Untuk itu, selalu rawat kendaraan Anda dengan selalu mengganti oli dengan rutin sesuai dengan buku panduan. Umumnya pergantian oli dilakukan ketika jarak tempuh sekitar 1500-2000 km. Jika diabaikan, jangan kaget apabila mesin Anda bisa terbakar.

5. Periksa aki dan busi

Kesehatan motor matic Anda juga di support dengan bagian penting seperti aki dan busi. Selalu memperhatikan kondisi busi dan aki akan begitu diperlukan agar dapat menjaga performa engine matic Anda supaya selalu bertenaga dan powerful.

6. Memeriksa kondisi v-belt dan roller

Sebagai komponen penghantar gerak dari mesin ke roda motor, v-belt serta roller menjadikan salalh satu komponen yang sering mengalami kerusakan karena pemakaian atau kotoran yang ada di dalam tranmisinya.

7. Memeriksa kondisi shockbreaker

Terakhir adalah perawatan yang sering diabaikan oleh para pengguna engine matic yakni shockbreaker. Biasanya engine matic memakai single shockbreaker yang harus Anda periksa olinya dan juga cara kerjanya.

Jika semua hal di atas diaplikasikan secara rutin, kemungkinan motor matic mengalami kerusakan sangat kecil sekali. Jadi, masih juga bermalas-malasan dalam merawat motor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *