Spesifikasi Hampir Serupa, Ini Dia Perbedaan Yamaha NMax dan Aerox 155VVA, Lebih Unggul Mana?

Honda memang menginisiasi peredaran skutik milik Jepang. Akan tetapi, Yamaha justru menghadirkan produk yang lebih menjanjikan.

Dua produk unggulan Yamaha yang tengah menjadi perbincangan saat ini adalah NMax dan Aerox 155 VVA.

Keduanya dirancang dengan bodi yang gambot tapi tetap memiliki tongkrongan yang gagah dengan sejumlah perbedaan karakter.

Keduanya membagi mesin yang sama persis.keduanya mengandalkan unit 115 cc serta fitur VVA yakni Variable Valve Actuation yang dapat memberikan pembakaran optimal pada putaran rendah maupun tinggi.

lebih bagus mana aerox atau nmax
Lebih Bagus Mana Yamaha Aerox 155VVA atau Nmax?

Persamaan Nmax dan Aerox 155 juga ada pada konfigurasi piston dan kapasitas silindernya. perbedaan Yamaha Nmax dan Aerox hanya ada pada output tenaga yang menyesuaikan bobot dari masing-masing motor.

Menurut Nicolas Caesar yakni Marketing promotion Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat disinggung tentang perbedaan antara NMax dan Aerox 155 VVA adalah pada segi karakter.

Yang mana NMax lebih sesuai untuk performa touring. Beda halnya dengan Aerox 155 VVA yang lebih menonjolkan show off dan speed-nya.

Lantas, sejauh mana perbedaan Yamaha NMax dan Aerox 155VVA secara spesifikasi teknis? Yuk, bahas lebih lanjut pada ulasan dari modifikasimotorz.com di bawah ini:

Power Puncak dan Torsi

Meski sama-sama memakai basis mesin 155 CC dengan VVA, tapi terdapat sejumlah perbedaan performa di antara keduanya.

Kedua skutik ini memiliki basis mesin yang sama yakni menggunakan teknologi VVA serta memiliki stroke dan ukuran bore yang serupa.

Akan tetapi, performa dari Yamaha NMax memiliki performa yang lebih tinggi dengan power puncak dan torsi 14,4 Nm.

Sedangkan Aerox ada di bawahnya dengan power pucak sebesar 11,0 kW serta memiliki torsi 13,8 Nm.

baca juga  Daftar Harga Motor Yamaha TERBARU DAN TERLENGKAP 2019

Nah, jika menilik lini performanya, Yamaha NMax tentu saja lebih unggul. Namun, jangan terburu, sebab, masih ada sejumlah perbedaan yang akan diulas pada poin selanjutnya.

Desain

Perbedaan Yamaha NMax dan Aerox 155VVA yang selanjutnya ada pada desainnya. Yang mana NMax dibuat dengan desain skutik besar dengan tampilan yang anggun.

Pada seluruh bodinya tidak ada satupun stiker maupun decal yang menempel. Melainkan sebuah emblem 3D dengan tulisan NMax pada samping bodi.

Hal ini juga didukung dengan lekuk agresif yang tidak ada satupun yang tergurat pada tubuhnya. Hal ini sengaja dilakukan untuk memberikan kesan mewah dan mahal.

Berbeda dengan yang diusung oleh NMax, Aerox 155VVA dirancang dengan desain yang lebih sporty. Tongkrongan besarnya tetap terasa meski akhirnya disajikan juga menggunakan struktur bodi yang agresif.

Nah, jika Anda masuk pada dealer Yamaha, maka bisa dilihat bahwa motor ini menjadi skutik yang memiliki tampilan paling sporty.

Terdapat lekukan ekstrem hampir pada segala sudutnya yang seolah memfokuskan pada aerodinamika.

Hal ini juga didukung dengan buntut yang tinggi sebagai hal yang paling kentara untuk mencerminkan kesan motor sport.

Riding Position

Pada bagian riding position atau posisi berkendara, ada perbedaan Yamaha NMax dan Aerox 155VVA NMax dibentuk dengan posisi berkendara yang cukup nyaman.

Punggung pengendara dapat berdiri tegak dengan tangan rilek pada atas stang. Posisi kaki pun akan tetap nyaman melakukan selonjoran ketika sedang berkendara.

Namun, yang mesti Anda perhatikan adalah ketika berkendara pada jarak yang jauh, posisi semacam ini tidak terlalu baik untuk bermanuver dengan sigap.

Untuk mengatasi hal tersebut, Yamaha pun membekali NMax dengan lapak untuk footstep pada dek bawah.

Sangat berbeda dengan yang disajikan oleh NMax, Aerox 155 VVA justru menyajikan posisi berkendara dengan lebih sportif, meski dalam format skutik. Hal ini disebabkan karena geometri yang unik.

baca juga  7 Daftar Harga Motor Yamaha Matic Terbaru 2019

Posisi tubuh sedikit tinggi dengan tangan yang rendah dalam mengendalikan stang. Nah, posisi sportif juga didapatkan oleh penumpang di mana pembonceng akan memiliki posisi yang lebih tinggi ketimbang riders.

Fitur

Perbedaan Yamaha NMax dan Aerox 155 VVA juga terletak pada fitur-fitur yang dimilikinya. Jika Anda merupakan pemburu dari fitur-fitur yang canggih pada motor, maka Aerox akan memberi banyak kelebihan ketimbang saudaranya NMax.

Salah satu bukti konkretnya ada pada varian tertingginya yakni S-Version yang mana baru tersemat pada NMax dengan harga yang lebih tinggi.

Terdapat pula kunci Smart Key yang canggih laiknya kunci mobil. Jadi, dengan menggunakan fitur ini, maka pemilik tidak perlu memakai anak kunci untuk mengoperasikan motornya. remote kunci pintar ini bisa Anda simpan di balik tubuh, Anda pun tinggal mengoperasikan kenob putar saja.

Fitur Smart Key dan soket listrik sebesar 12 Volt pada laci depan tidak terdapat pada NMax yang termahal sekalipun.

NMax lebih memfokuskan diri untuk merancang bodi yang akomodatif. Fitur yang paling canggih pada NMax hanya ada pada rem ABS yang dapat menjaga pengereman supaya roda tidak terkunci.

Fitur lain seperti LED pada depan dan belakang motor, panel indicator digital, serta bagasi yang luas telah dimiliki oleh Aerox 155 VVA.

Nah, pada bagasinya, bisa disimpan satu helm full face lengkap dengan perlengkapan hujan seperti jasa hujan dan sebagainya.

Dimensi Motor

Pada sisi dimensi, terdapat perbedaan Yamaha NMax dan Aerox 155 VVA yakni pada kapasitas bahan bakar NMax yang lebih banyak ketimbang Aerox.

NMax memiliki kapasitas hingga 6,6 liter, sedangkan Aerox hanya memiliki 4,6 liter saja.

Nah, pada segi berat motor, Yamaha Aerox memiliki bobot yang lebih ringan yaitu 118 kg. NMax beberapa kilogram lebih berat dengan bobot mencapai 127 kg.

baca juga  Tips Modifikasi Motor Alfa Dengan Gaya Klasik Modern

Sedangkan pada ukuran ban serta velg juga tidak terlalu jauh berbeda di mana NMax menggunakan velg 13 inci, sedangkan Aerox menggunakan velg dengan diameter mencapai 14 inci.

Ukuran profil ban belakangnya juga lebih besar pada Aerox yang mencapai 140/70.

Harga

Perbedaan Yamaha NMax dan Aerox 155 VVA yang terakhir ada pada harganya. Nah, pada NMax menyajikan dua varian dengan diferensiasi harga yang cukup jauh.

Padahal, jika Anda lebih teliti, perbedaannya hanya pada satu fitur saja yakni ketersediaan dari rem ABS. NMAx dengan rem tersebut dijual seharga Rp 29,6 juta (OTR-Jakarta). Untuk NMax tanpa ABS, maka harganya lebih murah yakni Rp 25,7 juta.

Sedangkan Aerox mempunyai portofolio yang lebih tebal. Versinya yang paling murah dengan fitur yang minim dijual seharga Rp 22,5 juta.

Untuk varian lainnya yakni R-Version dibanderol dengan harga Rp 24 juta. Untuk fitur yang lebih lengkap, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 16,9 juta.

Nah, jika Anda ingin varian R-Version Livery Yamaha Movistar MotoGP, maka silahkan siapkan dana sebesar Rp 24,25 juta.

Kesimpulan

Dari sekian banyak perbedaan Yamaha NMax dan Aerox VVA155, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa keunggulan dari masing-masing motor.

Pada Yamaha NMax, kelebihannya ada pada tampilan yang khas dan nyaman, terdapat warna yang atraktif, serta memiliki instrumen cluster LCD yang lebih jelas.

Sedangkan Aerox memiliki kelebihan berupa desain skuter yang paling sporty di pasaran, tenaga lebih mumpuni untuk berkendara sehari-hari, serta memiliki fitur yang lebih lengkap.

Untuk itu, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, dan budget. Jika lebih cenderung mempertimbangkan kenyamanan, maka NMax adalah pilihan terbaiknya. Sedangkan untuk kelengkapan fitur, jawabannya ada pada Aerox VVA155.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *