7 Nama Spare Part Motor dan Fungsinya yang WAJIB Anda Ketahui

Rate this post

Daftar Nama Spare Part Motor Yang Lengkap – Bagi Anda yang mengaku sebagai pecinta kendaraan roda dua, sudah seharusnya mengetahui tentang berbagai nama spare part motor dan fungsinya. Namun kenyataannya tidak semua pecinta motor mengetahui bagian bagian spare motor yang ditungganginya. Tentunya status pecinta kendaraan roda dua belum sempurna ya dengan kurangnya pengetahuan akan hal-hal ini?.

Dalam artikel ini akan dikumpas tuntas mengenai nama spare part motor dan fungsinya yang wajib diketahui oleh pecinta sepeda motor. Pengetahuan akan hal ini sangat penting bagi Anda terutama ketika memiliki hasrat untuk melakukan modifikasi terhadap kendaraan kesayangan ini. Mengetahui nama spare part motor dan fungsinya sangat membantu Anda sebagai pertimbangan langkah awal modifikasi motor dan perbaikan ketika terjadi sedikit kerusakan pada motor Anda.

Simak baik-baik ya pembahasan ini, berikut nama spare part motor dan fungsinya yang terkupas secara tuntas dan terperinci dan pastinya akan sangat bermanfaat bagi Anda khususnya para pengguna kendaraan roda dua ini.

Inilah 7 Nama Spare Part Motor dan Fungsinya yang WAJIB Anda Ketahui

Daftar-Nama-Spare-Part-Motor-dan-Fungsinya
Daftar Nama Spare Part Motor dan Fungsinya

Ban Motor

Ban merupakan salah satu nama spare part motor yang paling banyak dikenal orang. Bentuknya yang bulat serta berada di luar membuat orang lebih mudah mengenalinya. Ban sendiri memiliki fungsi sebagai titik tumpu dari sebuah sepeda motor. Sepeda motor tidak akan dapat berjalan tanpa adanya komponen ban ini.

Berbicara tentang ban Anda harus paham nih, ada dua jenis ban yang dijual di pasaran atau toko otomotif yang ada yaitu ban biasa dan yang kedua adalah ban tubles. Ban dengan kualitas yang bagus dapat digunakan dalam jangka waktu sekitar 1,2 tahun pemakaian.

Namun untuk ban low quality tentu saja hanya bisa digunakan dalam jangka waktu pemakaian yang lebih sebentar dari ban yang kualitasnya tinggi.

baca juga  10 Knalpot Racing Motor Terbaik dan Terlaris di Indonesia 2018

Setelah ban mampu bertahan sampai kisaran waktu tersebut maka sangat direkomendasikan untuk segera mengganti ban lama dengan ban yang baru. Sebab jika penggunaan ban motor melewati waktu sekitar 1,2 tahun tadi dan tetap dipaksakan untuk tidak segera menggantinya dapat berisiko membahayakan keselamatan pengendara motor tersebut dan pengguna jalan lainnya.

Sehingga akan lebih aman jika ban sudah melewati batas maksimal waktu pemakaian untuk segera menggantinya dengan yang baru. Sepert itu juga saat terjadi kebocoran pada ban motor Anda, maka gantilah dengan ban yang baru saja supaya meminimalisir tingkat kecelakaan akibat mengendarai sepeda motor tersebut.

Aki Motor

Nama spare part motor dan fungsinya yang kedua adalah aki motor. Aki motor juga merupakan bagian yang penting bagi sepeda motor Anda dan harus mendapat perhatian khusus serta pandai-pandai dalam merawatnya. Untuk mencegah resiko terjadinya kerusakan pada aki motor tersebut, hendaklah melakukan pengecekan terhadap aki motor Anda secara berkala dan rutin.

Fungsi dari aki motor sendiri adalah sebagai penyalur daya atau komponen utama yang berfungsi untuk menghidupkan motor serta sebagai cadangan tenaga untuk keperluan lainnya pada sepeda motor seperti keperluan aksesoris kelistrikan dan mesin pada sepeda motor Anda.

Oli Motor

Selain ban dan aki, nama spare part motor dan fungsinya yang wajib Anda ketahui selanjutnya adalah yang kita kenal dengan nama oli motor. Seperti yang Anda tahu, oli berfungsi sebagai pelumas mesin agar dapat bekerja dengan lebih gesit dan ringan.

Gunakanlah oli motor dengan kualitas yang bagus dan layak pakai. Jangan tergiur dengan tawaran oli motor yang murah tetapi dari segi kualitas kurang baik untuk digunakan sebagai pelumas rantai dan mesin motor Anda. Apabila menggunakan oli yang kurang layak pakai dapat berisiko menimbulkan kerusakan pada mesin sepeda motor.

baca juga  Nama Komponen Mesin Sepeda Motor Beserta Fungsinya Yang Lengkap

Terlebih saat sepeda motor akan digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh, maka menggunakan oli secara sembarangan berbahaya sekali bagi keselamatan Anda selama perjalanan. Sehingga untuk mengutamakan keselamatan berkendara sebaiknya utamakan terlebih dahulu kualitas dari penggunaan spare part sepeda motor Anda.

Kampas dan Tali Rem Motor

Pembahasan selanjutnya tentang nama spare part motor dan fungsinya adalah menuju pada komponen kampas motor dan rem. Sebelumnya kita uraikan satu per satu ya dari spare part tersebut. Rem merupakan spare part sepeda motor yang bisa dikatakan bernilai vital bagi keselamatan pengendara.

Fungsi dari rem tersebut adalah untuk mengendalikan laju kendaraan dan menghentikannya. Jika sepeda motor yang Anda gunakan tidak menggunakan rem yang berkualitas baik maka akan sangat berisiko terhadap keselamatan Anda bahkan berpotensi terjadi sebuah kecelakaan. Sehingga penting sekali untuk memberikan perhatian lebih terhadap bagaimana kinerja rem sepeda motor Anda.

Kampas sendiri memiki fungsi kerjasama dengan rem sepeda motor. Jika kampas habis maka kualitas kepakeman rem juga akan berkurang. Terutama saat Anda melintasi jalan turun dengan tikungan yang cukup tajam. Maka harus sangat berhati-hati supaya tetap dapat aman mengendarai sepeda motor. Sering-seringlah untuk melakukan servis mesin jika sudah dirasa kurangnya kenyamanan dalam mengendarai sepeda motor Anda.

Lampu Motor

Nama spare part motor dan fungsinya yang ke lima adalah lampu sepeda motor Anda. Keadaan lampu sepeda motor yang sehat dan terang sangatlah penting terutama saat Anda berkendara pada malam hari yang gelap. Tanpa adanya lampu motor yang dapat menerangi perjalanan Anda tentu saja akan berbahaya baik bagi pengendara maupun bagi orang lain.

Apalagi menurut peraturan yang berlaku saat ini, wajib hukumnya untuk menyalakan lampu motor saat berkendara. Nama spare part motor dan fungsinya yang satu ini terhubung langsung dengan aki motor. Apabila penerangan lampu bagus maka sudah dapat dipastikan aki motor pada kondisi yang baik. Sebaliknya jika lampu menyala dengan redup dan kurang terang maka Anda perlu memeriksa keadaan aki motor.

baca juga  5 Daftar Harga Oli Terbaik & Paling Pas Untuk Satria-FU Terbaru Januari 2018 [REKOMENDASI]

Rantai Motor

Rantai tidak kalah pentingnya untuk mendapat perhatian dari pengguna sepeda motor ini. Jika rantai yang digunakan tidak berfungsi dengan baik maka roda tidak akan dapat berputar dengan baik pula. Hal ini juga berkaitan dengan merk oli yang digunakan sebagai pelumas rantai motor. Sehingga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, sering-seringlah periksa keadaan rantai sepeda motor Anda.

Busi Motor

Sama halnya dengan nama spare part motor dan fungsinya lainnya, busi juga tidak kalah pentingnya dalam mendukung penggunaan kendaraan roda dua tersebut. Tanpa busi sepeda motor juga tidak dapat dijalankan. Fungsi dari busi motor sendiri adalah sebagai pemantik api dan melakukan pembakaran bahan bakar pada mesin sepeda motor. Untuk mengantisipasi terjadinya masalah terhadap sepeda motor Anda maka sebaiknya sediakan cadangan busi motor.

Selain nama spare part motor yang telah dibahas di atas masih ada komponen lain yang tidak kalah pentingnya dari segi fungsi dan kegunaan seperti karburator motor, tali gas dan sebagainya. Dengan mengerti secara lebih mendalam tentang nama spare part motor dan fungsinya, dapat memberi wawasan bagi Anda terkait keadaan sepeda motor kesayangan yang berkelanjutan bagi kenyamanan dan keselamatan mengendarai sepeda motor tersebut.

Tags: