Kenali Nama Aksesoris Motor Matic Ini Sebelum Belajar Modif

Rate this post

Daftar Nama Aksesoris Motor Matic Yang Lengkap – Ada berbagai jenis sepeda motor yang di Indonesia, seperti jenis motor gede, motor balap hingga motor matic yang kini semakin banyak memikat pengguna sepeda motor karena memiliki berbagai kelebihan yang tidak ada pada jenis motor lain. Motor matic memiliki desain yang menarik dan ringan sehingga muda untuk dikendarai. Selain itu motor matic juga mempunyai tempat yang lebih luas untuk membawa berbagai benda yang diperlukan.

Berbicara tentang motor matic, perlu sobat pecinta modif motor ketahui bahwa kendaraan roda dua ini memiliki beberapa nama-nama aksesoris motor matic yang terkadang membutuhkan perhatian yang berbeda. Seperti yang Anda ketahui, motor matic ini pada dasarnya merupakan motor yang dikhususkan untuk digunakan pada jalan yang halus dan memiliki tingkat kesulitan rendah. Jenis sepeda motor seperti ini cocok sebagai kendaraan santai yang tidak memerlukan tendangan berat serta rute jalur ekstrim.

Berbagai varian motor matic pada umumnya lebih menarik perhatian kaum hawa. Karena pada dasarnya motor ini merupakan motor cantik dan juga cocok untuk digunakan oleh wanita-wanita feminin yang ingin lebih terlihat cantik saat duduk mengendarai kendaraan roda duanya. Namun kurangnya perhatian dalam merawat motor tersebut, terkadang motor matic juga bisa bermasalah dan mogok serta diperlukan beberapa reparasi untuk menyembuhkannya. Sehingga Anda harus kenali nama-nama aksesoris motor matic yang membutuhkan perhatian lebih dari Anda.

Nama-Nama Aksesoris Motor Matic yang Mudah Galau dan Membutuhkan Perhatian Khusus

Daftar-Nama-Aksesoris-Motor-Matic
Daftar Nama Aksesoris Motor Matic

Drive Belt

Nama-nama aksesoris motor matic yang pertama kita menuju pada drive belt matic. Drive matic merupakan salah satu nama komponen motor matic yang memiliki tingkat kelemahan tinggi. Pasalnya komponen motor matic yang satu ini dibebani tugas yansg cukup penting dan vital dalam susunan tubuh matic.

baca juga  5 Cara Pasang Headlamp Yamaha New Vixion Yang Baik dan Benar

Drive belt memiliki tugas untuk menghubungkan mesin dengan bagian penggerak roda. Untuk menjaga keselamatan pengendara, Anda harus selalu rutin mengecek keamanan sabuk ini pada setiap jarak kilometer tertentu.

Jika drive belt tersebut sudah putus, akan sangat berbahaya bagi keselamatan pengendara. Bukan hanya membuat motor tidak bisa berjalan lagi, tetapi harga untuk setiap belt matic ini juga ditawarkan dengan kisaran harga yang cukup mahal. Sehingga dari berbagai nama-nama aksesoris motor matic yang ada, belt matic merupakan salah satu komponen yang memang benar-benar membutuhkan tingkat perhatian yang super tinggi kalau tidak ingin komponen ini bermasalah dan rusak.

Ban Matic

Di antara nama-nama aksesoris motor matic selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah pada bagian ban. Seperti yang Anda ketahui, ban matic memiliki ukuran yang berbeda dengan motor-motor lain pada umumnya.

Ban matic memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ban sepeda motor lainnya. Sehingga setiap putaran ban memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi daripada jenis ban sepeda motor lain.

Dengan putarannya yang semakin banyak pada ban matic menyebabkan tingkat keausan mesin yang semakin cepat pula. Sehingga kalau Anda tidak ingin membuat motor kesayangan menjadi rusak dengan berbagai kendala maka salah satu upaya yang wajib dilakukan adalah peka terhadap nama-nama aksesoris motor matic yang vital dan membutuhkan perhatian lebih termasuk pada bagian ban matic ini.

Periksalah keamanan ban matic secara rutin untuk mencegah terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan. Apabila penggunaan ban suda mendekati jatuh tempo alias ban matic sudah tipis, maka segerahlah ganti dengan ban matic yang baru jangan menunggu rusak baru mau menggantinya.

Apalagi baru menunggu terpeleset saat mengendara baru sadar harus menggantinya. Karena ban matic yang sudah tipis dan gundul akan rawan sekali menyebabkan motor terpeleset terlebih saat motor melewati jalan yang licin atau basah.

baca juga  5 Komponen Motor Trail Off Road Yang WAJIB Dipasang

Kampas Rem

Hal yang cukup berbahaya dari mengendarai sepeda motor adalah ketika driver melaju dengan kecepatan tinggi dan tidak bisa mengendalikan rem mesin baik keseimbangan rem depan maupun rem belakang.

Apalagi kalau rem sampai blong dan motor tidak bisa berhenti alias bablas menabrak apapun yang ada di depannya. Tentu hal tersebut sangat berbahaya baik bagi pengendara maupun lawan arah dan berbagai hal yang ada di sekitar jalur tersebut. Bisa-bisa semua hal ludes tertabrak tanpa ampun.

Sehingga Anda harus memastikan rem motor kesayangan masih pakem alias masih baik dalam mengendalikan pengantian laju motor. Keadaan rem yang seperti ini selain nyaman untuk digunakan juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi pengendara. Apalagi motor matic yang semua rem baik rem depan maupun rem belakang dikendalikan di tangan semua. Jika tangan lengah maka tamatlah sudah.

Mengingat hal itu maka rem merupakan salah satu nama-nama aksesoris motor matic yang super penting untuk mendapat perawatan dengan baik. Berbicara tentang kepakeman rem maka erat hubungannya dengan kampas rem. Jika kampas rem semakin menipis maka kepakeman daya rem juga akan semakin kecil alias sudah di rem tetapi terasa tidak mau berhenti-berhenti. Terlebih saat Anda melewati jalan turun yang membutuhkan pengereman ekstra.

Sehingga wajib hukumnya memperhatikan semua nama-nama aksesoris motor matic termasuk kampas rem ini agar tetap menjaga keselamatan pengendara. Bagi sebagian pengendara, ada yang memang cenderung terbiasa dan memilih tetap menekan tuas rem meski motor sedang berjalan dalam keadaan normal. Dengan alasan hal ini lebih praktis dan lebih muda dilakukan daripada harus mengurangi kecepatan gas motor.

Tanpa disadari hal seperti inilah yang menyebabkan kampas rem akan cepat habis dan secara otomatis Anda akan lebih sering menggantinya dengan yang baru. Jika dilogika hal ini cenderung membuat perawatan sepeda motor semakin boros saja. Kampas rem yang sebenarnya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama justru akan habis secara premature sebelum waktunya.

baca juga  Harga Aksesoris Motor Modifikasi dan Variasi Terbaru 2019 [REFERENSI]

Kopling

Komponen selanjutnya dalam rangkaian dalam nama-nama aksesoris motor matic yang perlu mendapat perhatian lebih adalah pada bagian kopling matic. Mungkin terdengar aneh bagi Anda karena sebagian besar orang tahunya motor matic umumnya tidak memiliki kopling.

Jangan salah bukan hanya motor besar saja yang memiliki kopling motor, motor matic juga sebenarnya memiliki kopling yang juga membutuhkan perawatan dengan baik dari penggunanya. Namun bedanya di sini, kopling motor matic tidak terlihat langsung di bagian luar motor. Kopling matic suda terpasang secara otomatis di dalam mesin.

Karena sistem dan karakteristik motor matic berbeda dengan jenis motor lainnya, yaitu berbanding lurus dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai dari mangkuk kopling, per, rem, dan sebagainya.

jika Anda tidak rajin untuk memeriksanya secara rutin dan berkala, maka siap-siap untuk mengeluarkan dana cadangan perbaikan sepeda motor matic tersebut. Jika sudah seperti itu tentunya Anda harus rela mengurangi sedikit uang saku yang sebelumnya direncanakan untuk digunakan dalam keperluan lainnya.

Dengan mengetahui nama-nama aksesoris motor matic yang memiliki tingkat kegalauan tinggi maka Anda akan lebih pandai dalam merawat sepeda motor matic  kesayangan supaya tidak cepat rusak dan tidak boros dalam mengeluarkan dana perbaikan. Pengetahuan positif ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi Anda, selain hemat juga sangat bermanfaat untuk menjaga keselamatan Anda dalam mengendarai sepeda motor matic tersebut.

Tags: