Pilihan Gaya Modifikasi Sepeda Motor Terkeren

Memodikasi motor merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi penggila otomotif. Modifikasi Motor sendiri berarti merubah tampilan motor dari pabrikan sesuai dengan keinginan pemilik motor supaya terlihat unik dan berkarakter. Bila ditanya alasan tentu akan beraneka ragam mulai dari iseng karena penasaran, agar sesuai keinginan atau karakter pemilik motor, ikut-ikutan teman seklub motor, bahkan sampai untuk menaikan gengsi dan percaya diri pengendaranya.

Modifikasipun ternyata memiliki beberapa macam gaya mulai dari yang minimalis hingga modif total.  Sebelum memodifikasi motor Anda ada baiknya Anda memahamai terlebih dahulu style-style modifikasi motor supaya motor yang Anda bangun sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut sedikit informasi tentang 5 macam style modifikasi motor yang keren:

1. Cafe Racer

Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com

Ciri khas dari aliran ini terletak pada penggunaan stang jepit agar bisa menunduk saat menggeber motor. Selain stang signature dari aliran ini juga pada bagian tanki motor yang dibuat  lebih ramping dan memanjang agar memudahkan pengendara menjepit tangki dengan paha. Ciri khas lain motor modifikasi jenis aliran ini yaitu jok yang rendah dan bagian belakang terdapat buntut yang melengkung seperti buntut tawon.

2. Chopper

Sumber gambar: lh4.googleusercontent.com

Modifikasi dengan aliran chopper adalah modifikasi yang mempunyai ciri menonjol utama pada fork/garpu depan yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Lingkar ban depan juga dirubah cenderung lebih besar dibanding belakang selain jugabentuk setang yang tinggi.

3. Bobber

Sumber gambar: i.pinimg.com

Aliran modifikasi ini awalnya digunakan hanya untuk motor-motor Harley Davidson saja. Ciri utama dari aliran ini adalah melepas fender depan, memperpendek bagian belakang (wheelbase), stang rendah, menggunakan ban donut (profil gendut) untuk depan-belakang dan melepas semua kelebihan asesoris, sehingga terlihat lebih minimalis.

baca juga  Mau Modifikasi Motor NMAX Dengan Modal Irit? Begini Caranya!

Cut-down juga dilakukan pada frame (rangka) yang dibuat lebih rigid dengan membuat pipa diagonal dari ujung atas komstir sampai ke poros roda belakang, kemudian dudukan jok dipotong dan ganti dengan model single seater supaya menghasilkan ground clearence yang lebih rendah.

4. Jap Style

Sumber gambar: lh4.googleusercontent.com

Ciri khas paling menonjol dari aliran modifikasi ini terlihat pada penggunaan stang telanjang, lampu depan jenis bulat,jok pendek ,kemudian dimensi rangka yang pendek, tangki terlihat lebih kecil,serta jarak antara ban depan dengan ban belakang terlihat lebih panjang dari rangka selain itu terlihat detail manik terlihat lebih imut namun gahar.

5. Scrambler

Sumber gambar: melekotomotif.com

Aliran modifikasi ini cocok untuk Anda yang suka riding di alam bebas, berpetualang ke tempat yang kondisi jalannya jelek (off-road), scrambler ini bisa jadi salah satu aliran yang patut untuk Anda pertimbangkan. Penggunaan ban motif kotak (tahu), knalpot di samping body, serta ground clearence yang tinggi untuk memudahkan manuver di segala medan sesuai jiwa motor petualang.

Itu tadi 5 macam style modifikasi motor yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum mendandani roda dua Anda, selalu perhatikan keamanan dan kenyamanan dalam memodifikasi motor. Salam satu aspal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *