Tips Modifikasi Motor untuk Pecinta Touring

Riding ke tempat-tempat baru dengan jarak puluhan kilometer bersama teman atau sendiri tentu  merupakan kegiatan yang digemari banyak biker. Tak ayal kegiatan touring ini sudah menjadi agenda wajib bagi para pencinta sepeda motor. Touring biasanya dilakukan oleh komunitas sepeda motor untuk mengisi kegiatan dan mempererat persaudaraan antar anggota. Namun tak sedikit pula bikers yang lebih suka bersolo touring. Untuk memperlancar kegiatan touring Anda, ada beberapa tips agar motor Anda tidak rewel saat diajak touring.

Untuk memastikan aktivitas perjalanan berjalan lancar, motor yang Anda kendaraipun perlu dimodifikasi sesuai kebutuhan perjalanan. Berikut ini beberapa trik dan tips modifikasi motor touring dari modifikasimotorz yang bisa Anda terapkan pada tunggangan kesayangan Anda.

Tips Mudah Modifikasi Motor Touring

Sumber Gambar: http://otoracing.org/

1. Mengganti Ban Motor

Ban merupakan salah satu bagian terpenting dari motor, demi kenyamanan touring Anda ada  baiknya ban motor Anda diganti dengan ban yang memang proper untuk perjalanan jauh dan medan berat. Karena perjalanan jarak jauh yang ditempuh memerlukan kondisi ban yang prima.

Sehingga mengganti ban hal terpenting yang mesti diprioritaskan. Usahakan memilih ban yang lebih besar agar semua medan perjalanan dapat dilalui dengan mudah. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan kestabilan sewaktu berkendara.

2. Memasang Box Pada Motor

Kekurangan tempat penympanan seringkali menjadi masalah selama touring. Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya pasang ekstra box. Ada dua model box yang bisa Anda pasang di motor touring Anda, yaitu box model top dan side. Model box top ini dipasang pada bagian belakang motor, sedangkan model side dipasang pada sisi kiri dan kanan motor. Dalam memilih box, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan porsi kendaraan agar motor Anda tetap terlihat proposional.

baca juga  Mau Motor Matic Touring Yang NYAMAN? 5 Tips Modif ini Wajib Kamu Coba!

3. Tambah Busa Jok Motor

Menambah busa pada jok kendaraan Anda menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan. Kenyamanan posisi duduk ketika berkendara menggunakan bantalan jok yang empuk membuat perjalanan jauh terasa tidak melelahkan. Jika hal ini tak dilakukan, tentu saja berkendara terasa pegal dan Anda pun akan mudah merasa lelah karena posisi duduk yang tidak nyaman.

4. Ganti Velg Motor

Mengganti velg motor harus disesuaikan dengan kebutuhan pada motor. Pakailah velg yang memiliki kerangka kuat dan mampu mengimbangi roda kendaraan tersebut agar perjalanan Anda lancar tanpa gangguan.

5. Gunakan Wiendshield

Windshield memiliki funsi utama untuk melindungi Anda dari kencangnya terpaan angin. Hal ini dilakukan supaya perjalanan menjadi lebih aman dan kenyamanan berkendara semakin terjamin karena tidak terganggu dengan kencangnya angin.

Biasanya penambahan windshield juga bisa dilakukan bagi Anda yang touring menjelajahi tempat-tempat yang berlumpur atau becek untuk mencegah cipratan lumpur dari kendaraan yang ada di depan secara langsung ke bagian badan sehingga tubuh tetap terlindungi.

Itu tadi 5 tips memodifikasi motor untuk Anda yang doyan touring. Jadi catatan Anda memodifikasi sepeda motor sah-sah saja, asal selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Semoga tips ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *