FATAL! 6 Kesalahan Ini Bikin Mesin Motor Matic Cepat Rusak!

Rate this post

Kesalahan Pengendara Motor Matic Yang Bikin Mesin Cepat Rusak ~ Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini orang-orang di Indonesia lebih dominan memilih motor matic dibandingkan jenis motor lainnya. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), telah tercatat bahwa motor matic yang terjual mulai bulan Januari hingga November 2017 mencapai 4.509.154 unit.

Motor matic sangat nyaman dan mudah digunakan tanpa perlu memikirkan untuk gonta ganti gigi seperti ketika menggunakan motor kopling atau motor dengan transmisi manual. Tak heran jika umumnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk belajar mengendarai motor jenis yang satu ini.

6-Kesalahan-Mengendarai-Motor-Matic
6 Kesalahan Mengendarai Motor Matic

Akan tetapi, dibalik penggunaannya yang mudah, rupanya banyak pengendendara motor matic yang seringkali melakukan kesalahan sehingga selain berdampak pada menurunnya performa mesin, juga dapat menyebabkan beberapa sparepart motor matic cepat rusak dan tidak awet.

Untuk menjaga agar motor matic tidak cepat rusak, sebaiknya mulai sekarang hindari beberapa kesalahan saat mengendari motor matic yang modifikasimotorz.com rangkum berikut ini.

1. Tidak Mengganti Oli Gardan Secara Berkala

akibat-lalai-ganti-oli-gardan-motor-matic

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan oleh pengendara motor matic ialah lalai dalam mengganti Oli transmisi (oli gardan) secara berkala. Berdasarkan penuturan beberapa montir bengkel yang berpengalaman, kebanyakan orang hanya rutin mengganti oli mesin setiap sebulan sekali, sedangkan untuk oli gardan terkadang diganti hanya 2 atau 3 bulan sekali.

Padahal sangat dianjurkan untuk mengganti oli gardan motor matic apabila pemakaiannya telah mencapai 8000 km guna mempertahankan kinerja komponen transmisi agar tetap optimal dan melindunginya dari gesekan.

2. Membiarkan Filter Udara dan Busi Kotor

efek-buruk-filter-udara-motor-matic-kotor

Untuk menjaga tarikan gas tetap ringan, pengguna motor matic wajib untuk memperhatikan busi dan filter udara agar tetap bersih. Hal ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang, umumnya pemilik motor baru atau yang masih awam mengenai masalah perawatan motor dan hanya mengganti oli mesin dan oli gardan saja ketika melakukan servis rutin.

baca juga  Cara Mengganti Oli Gardan Yang Baik dan Benar Untuk Motor Matic

Apabila saat melakukan servis rutin pada bagian saringan udara dan busi terlihat sangat kotor, daripada hanya dibersihkan sangat dianjurkan untuk segera diganti. Terlebih harga busi maupun saringan udara tergolong cukup murah dan terjangkau.

3. Menggunakan BBM Beroktan Rendah

motor-matic-isi-bahan-bakar-oktan-rendah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa motor matic memiliki teknologi yang lebih tinggi dibandingkan motor bebek dalam hal desain body maupun mesinnya. Sehingga agar mampu menghasilkan performa kinerja mesin yang maksimal, dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar yang minimal memiliki oktan 90. Akan tetapi, kebanyakan pengguna motor matic di Indonesia malah mengisi bahan bakar motor matic miliknya dengan bahan bakar yang memiliki oktan rendah.

4. Mencuci Motor Ketika Mesin Dalam Keadaan Masih Panas

cuci-motor-matic-keadaan-mesin-panas

Siapa sangka bahwa hal sepele yang satu ini dapat berpengaruh pada usia motor matic yang kita miliki? Perlu kalian ketahui bahwa apabila logam yang dalam keadaan panas disiram air maka bentuknya dapat berubah yang berbeda dari bentuk awalnya. Begitu pula dengan komponen-komponen mesin motor matic yang sebagian besar berbahan logam. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menunggu mesin motor dalam keadaan dingin terlebih dahulu sebelum dicuci.

5. Menarik Tuas Rem Sambil Menahan Gas

Menarik-Tuas-Rem-Sambil-Menahan-Gas

Tak dapat dipungkiri bahwa umumnya pengguna motor matic sering melakukan kebiasaan yang satu ini, khususnya saat menunggu lampu merah. Padahal kebiasaan yang satu ini dapat menyebabkan kampas kopling pada motor matic menjadi cepat aus. Jadi, sebagai pengendara motor matic yang cerdas harap hindari kebiasaan yang satu ini.

6. Ngegas Motor Kemudian Rem Mendadak

Ngegas-Motor-Matic-Dan-Rem-Mendadak - Copy

Dan hal yang terakhir ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengguna motor matic dan menjadi penyebab motor matic cepat rusak. Dibandingkan motor bebek yang menggunakan transmisi manual, motor matic sangat mudah dan sederhana karena kita hanya perlu ngegas untuk berjalan tanpa memikirkan perpindahan transmisi.

baca juga  4 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh (TOURING)

Disamping itu tuas rem depan dan belakang pun berada dibagian setir motor yang memudahkan untuk dijangkau. Walau memiliki desain yang demikian, bukan berarti kita dapat memacu motor matic dengan kecepatan tinggi dan ngerem secara mendadak. Karena hal tersebut dapat menyebabkan motor matic kita menjadi tidak awet alias cepat rusak. Maka dari itu umumnya montir bengkel ataupun orang yang mengerti tentang motor seringkali menyarankan untuk menghindari kebiasaan tersebut. Walaupun pada kenyataannya masih banyak orang yang sering melakukan hal tersebut terhadap motor matic mereka.

Itulah tadi 6 kebiasan buruk pengguna motor matic yang sering menyebabkan komponen mesin motor menjadi cepat rusak dan tidak awet. Semoga dengan informasi yang kami berikan ini dapat membuat Anda lebih menyayangi motor matic yang kalian miliki.

Tags: