FAKTA Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing dan Jari Jari Motor

Rate this post

Keunggulan dan Kelemahan Velg Racing dan Jari-Jari ~ Saat ini para pengguna sepeda motor semakin suka melakukan modifikasi motor kesayangannya, baik yang menggunakan velg racing atau velg jari jari.

Masing-masing dari velg tersebut memiliki ciri khas tersendiri dan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Setiap pilihan dari velg racing atau jari jari tentunya berdasarkan selera pemilik sepeda motor dan juga desain yang ditawarkan agar cocok dengan motor yang dimiliki oleh pemiliknya.

Sebagai contoh, pengguna motor Yamaha Vixion biasanya lebih suka modif motor menggunankan velg racing lebar dengan velg bagian belakang berukuran 4.5 inci dan velg depan menggunakan ukuran 3.0 inci.

Adapun ban yang ingin dipasang di bagian belakang berupa Corsa Platinum 150/60–17, sedangkan untuk ban bagian depan berupa Corsa Platinum (110/60/17).

Saat ini velg yang dijual di pasaran Indonesia terdiri dari 2 jenis yaitu velg racing /palang atau cast wheel dan velg jari-jari atau ruji atau istilah lainya yaitu spoke wheel.

Kelebihan-dan-Kekurangan-Velg-Racing-dan-Jari-Jari
Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing dan Jari Jari

Agar pemahaman kita terhadap 2 jenis velg ini semakin bagus, maka pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan kedua velg tersebut.

Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari kedua jenis velg tersebut jika ditinjau dari segi fisiknya, meskipun fungsinya masih sama yaitu sebagai penahan berat beban keseluruhan body dan mesin motor.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini saya akan mendetailkan perbedaan kedua jenis vel tersebut secara singkat.

  1. Velg Spoke Wheel / Ruji / Jari-Jari

Kelebihan-dan-Kekurangan-Velg-Jari-Jari

Velg jari jari atau ruji memiliki bagian utama sehingga bisa digunakan diantaranya yaitu velg, ruji /jari jari dan tromol. Untuk velg jenis ini umumnya digunakan oleh pabrikan untuk motor yang masih mengusung mesin 110 cc dan 125 cc atau di tahun 2009an.

baca juga  4 Cara Ampuh dan Mudah Dalam Merawat Motor Klasik

Kelebihan Menggunakan Velg Jari jari /Ruji

  • Velg jauh lebih ringan
  • Velg jauh lebih luat
  • Dalam membeli bisa diecer, misalnya membeli rujinya , velgnya atau tromolnya saja.
  • Harganya cukup terjangkau alias murahBisa disetel ulang jika terjadi kerusakan misalnya bengkok

Kekurangan Menggunakan velg Jari jari /Ruji

  • Kurang stabil
  • Tampilan kurang keren alias stylenya kurang sporty
  • Rawan terjadi karatan apa bila tidak benar benar bersih dalam melakukan perawatan velg jari jari ini
  • Kekurangan yang lain yaitu susah dalam melakukan pencucian atau membersihkan velg jari jari ini.

Daya tahan velg ruji atau jari jari ini lumayan kuat untuk menerjang jalan yang tidak rata atau jalan yang banyak lubang.

Karena kekuatan velg yang tinggi maka velg jenis ini juga banyak digunakan untuk balapan road race, off road dan juga motocross.

Untuk motor cross memang kebanyakan menggunakan velg jari jari dikarenakan medan yang banyak dilalui umumnya berupa bebatuan, lumpur, bebatuan dan sebagainya sehingga dibutuhkan velg yang kokoh dan kuat.

Jika terjadi benturan keras dengan lubang yang cukup besar ketika berkendara, kemungkinan besar velg tersebut hanya bengkok saja pada bagian velgnya, tidak sampai patah.

Meskipun demikian, ada juga yang patah tapi tergantung bahan pada velg yang digunakan. Ya walaupun bengkok tapi masih bisa diperbaiki yaitu dengan di press ulang menggunakan mesin ,maupun diganti velg dengan yang baru.

Selain kuat, velg jari-jari ini juga memiliki bobot yang cukup ringan dari velg racing. Itulah sebabnya mengapa beberapa pembalap road race lebih meemilih menggunakan velg jari jari.

Terlebih lagi di ajang balapan trek lurus (drag race), di mana kebutuhan akan motor yang kencang dan enteng untuk dipacu di lintasan jalan yang lurus sangatlah penting.

baca juga  2 Cara Mudah Meperbaiki Motor Injeksi Dengan Benar

Sedangkan jika Anda ingin memasang ban tubeless di velg jari-jari maka tidak bisa langsung dipasang melainkan Anda harus memodifikasi /diakali terlebih dahulu agar bisa dipasang.

Sebagian pengguna motor ada juga yang kurang sreg dengan model tersebut dikarenakan  kurang keren dan juga memiliki kekurangan yaitu susah untuk dicuci karena membutuhkan kesabaran dalam membersihkan setiap ruji satu persatu, kalau ada yang terlewat tentunya bisa terjadi karat (apa lagi musim hujan).

Sedangkan jika ingin mengganti maka harus mengganti satu set dan harus disetel ulang agar bisa digunakan. Hal ini tentunya lumayan cukup memakan waktu,

Untuk velg jenis spoke wheel ini kurang stabil jika terjadi hard breaking maupun digunakan untuk selap selip/zig zag/ manuver selain itu juga pada bagian bearing (laher ,laker) lebih cepat obal.

  1. Velg Cast Wheel / Velg Racing

Kelebihan-dan-Kekurangan-Velg-Racing

Velg racing saat ini sudah semakin digunakan oleh produk-produk motor semua pabrikan motor. Velg ini banyak digunakan karena praktis, untuk yang menggunakan velg jari jari pun lebih mudah kalau mengganti dengan yang baru karena gak serepot dengan velg jari jari.

Anda cukup membeli unit velg maka sudah bisa langsung di pasang di motor , sedangkan untuk velg jari jari anda harus membeli ruji, tromol dan velgnya itu sendiri.

Kelebihan Velg Racing  / Cast Wheel

  • Tampilannya lebih keren
  • Bisa langsung dipasangi ban tubeless
  • Lebih stabil
  • Mudah dalam pemasangan
  • Mudah dalam melakukan perawatan
  • Lebih tahan dan tidak cepat rusak di bagian bearing

Kekurangan Velg Racing / Cast Wheel

  • Harga velg cukup mahal
  • Bobot velg lebh berat
  • Tidak bisa diecer alias kalau rusak beli satu set velg
  • Rentan penyok jika terkena lubang
  • Penyok besar maka tidak bisa di press
baca juga  2 Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mati Dengan Mudah

Velg Cast wheel tidak mudah aus di dalam bagian bearing, sehingga lebih awet. Belum lagi ditambah dengan velg racing jenis ini lebih stabil jika digunakan untuk bermanuver dan digunakan untuk hard breaking.

Selain stabil velg jenis ini juga memiliki tampilan yang cukup keren dan lebih mudah dalam perawatannya misalnya dalam mencuci velgnya.

Karena kestabilan yang lebih baik sehingga velg jenis ini banyak digunakan untuk ajang balap road race, dan sirkuit.

Sedangkan jika anda ingin menggunakan ban tubeless maka tidak perlu mengakali lagi karena tinggal pasang saja.

Namun velg jenis ini biasanya memiliki harga yang lumayan cukup mahal dibandingkan dengan velg jari jari. Dari segi kekuatan, velg racing ini masih di bawah velg jari jari, itu artinya kekuatannya masih bagusan velg jari jari.

Nah pernahkan anda melihat velg racing hancur saat terjadi crash (walaupun hancur tersebut disebabkan karena benturan yang keras)?

Jika mengalami kerusakan pada velg racing maka tidak bisa diperbaiki lagi dan harus membeli yang baru.

Tapi jika mengalami kerusakan ringan maka masih bisa di press. Selian itu juga velg racing ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan velg jari jari.

Nah demikianlah artikel tentang kelebihan dan kekurangan velg racing dan velg jenis jari jari yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Jika Anda memiliki referensi atau pengalaman bisa share di kotak komentar dibawah ini .

Tags: