Inilah Kelebihan dan Kekurangan Memakai Footstep Underbone Racing!

Rate this post

Keunggulan dan Kelemahan Footstep Underbone ~ Kita semua tentu sudah tahu kalau fungsi footstep pada sepeda motor sebagai tempat untuk pijakan kaki pada mengendarai sepeda motor. Ditinjau dari fungsinya sendiri, tentu sudah bisa dipahami kalau komponen motor yang satu ini sangat berpengaruh besar terhadap kenyamanan ketika mengendarai motor.

Oleh karena itu, posisi sebuah footstep underbone ini harus benar benar sangat ideal dengan posisi duduk Anda ketika mengendarai sepeda motor baik, baik ketika berkendaraan jarak dekat maupun jarak jauh, agar kaki tidak mudah merasa pegal.

Kelebihan-dan-Kekurangan-Menggunakan-Footstep-Underbone-Racing-Motor
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Footstep Underbone Racing Motor

Saat ini sepeda motor jenis footstep yang dijual dipasaran ada 2 jenis, yaitu footstep standard bawaan pabrikan dan footstep racing atau yang sering disebut dengan footstep underbone. Untuk jenis footstep standar atau bawaan pabrikan tentunya dipasang dalam motor dengan posisi yang sangat ideal dan sudah dilakukan test uji coba kenyamanan berdasarkan hitungan dan riset.

Tentunya hal ini berbeda dengan footstep jenis underbone, karena footstep jenis ini memiliki perbedaan bentuk dan jenis antara merk satu dengan merek lainya sehingga dengan begitu jelas terdapat perbedaan dari merek, bentuk ,jenis ,bahan dan footstep jenis underbone ini, sehingga masing-masing memiliki  kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan-Menggunakan-Footstep-Underbone

Dalam dunia balap atau road race yang ada di Indonesia, mungkin Anda sudah sering melihat atau mungkin timbul sebuah pertanyaan yang cukup mengganjal di benak Anda mengenai alasan penggunaan footstep underbone  pada setiap motor yang digunakan untuk balapan.

Jawabannya, karena hal ini berlaku untuk setiap motor balap yaitu harus memenuhi persyaratan keamanan dan juga kenyamanan si pengendara. Oleh karean itu, setiap motor yang akan digunakan di arena balap wajib menggunakan footstep underbone.

baca juga  2 Cara Mudah Meperbaiki Motor Injeksi Dengan Benar

Untuk lebih jelasnya, perlu diketahui bahwa penyebab rasa aman dan nyaman menggunakan underbone dikarenakan si pembalap atau si rider mendapatkan posisi yang optimal ketika berada di arena balap (jalan yang digunakan untuk balapan).

Kekurangan-Menggunakan-Footstep-Underbone

Dengan mengganti footstep standard dengan menggunakan footstep racing underbone maka posisi duduk si pengendara pun akan berubah jadi agak sedikit geser ke belakang.

Dengan pergantian footstep underbone, posisi stang pada motor juga harus mengalami penyesuaian agar lebih rendah dari posisi standard. Nah, itulah salah satu alasan mengapa para pembalap merasa nyaman ketika berada di atas motor balapnya.

Setiap part atau komponen motor diatas yaitu footstep underbone tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Karenanya, sebelum Anda berniat untuk mengganti footstep standard dengan footstep racing atau footstep underbone, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan menggunakan footstep underbone ini.

Kelebihan Menggunakan Footstep Underbone

Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa kelebihan yang bisa dirasakan ketika menggunakan Footstep Underbone, yaitu :

  • Tampilan motor jadi lebih sporty.
  • Posisi duduk lebih nyaman jika dibandingkan dengan yang standard. Ini tentu tergantung selera masing-masing .
  • Merasa lebih percaya diri ketika melewat jalan yang memiliki banyak tikungan,saat merabah tidak takut footstep nyangkut aspal atau gasruk aspal.
  • Saat kita harus menggeber motor kesayangan kita di jalan yang lurus, maka penggunaan footstep akan semakin memudahkan kita untuk ketukan gigi transmisinya karena kakinya menekuk sehingga posisi kaki tidak sering mendapatkan terpaan angina.

Kekurangan Menggunakan Footstep Underbone

Selain kelebihan menggunakan Footstep Underbone, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, yaitu :

  • Rem kurang melekat (jika menggunakan rem tromol).
  • Kaki cepat terasa pegal, karenanya penggunaan footstep underbone tidak cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh, dikarenakan posisi kaki terlalu menekuk dan badan terlalu membungkuk.
  • Part mudah patah jika mengalami kecelakaan atau jatuh, ini tentu saja tergantung dari bahan dan kualitas dari footstep underbone tersebut.
baca juga  Cara Merawat Motor Injeksi Yang Praktis dan Simple

Demikianlah penjelasan seputar kelebihan dan kekurangan menggunakan Footstep Underbone racing yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga artikel kali ini bisa memberikan tambahan informasi seputar masalah ini.

Tags: