Ini Tips Agar Motor Matic Kuat Di Tanjakan

Pada dasarnya, motor matic didesain untuk alat transportasi di daerah perkotaan. Khususnya pada kondisi jalan yang cenderung datar. Hal tersebut dipicu dengan sistem transmisi CVT (Continuous Variable Transmision), yang memang sesuai untuk jalanan datar.

Akan tetapi, seiring bergulirnya pengguna motor roda gigi ke motor matic, menjadikan kendaraan jenis ini semakin tersebar luas. Tidak terkecuali di daerah pegunungan.

Seperti yang dijelaskan oleh Senaponda, punggawa padepokan Motorsport di Depok, Jabar. Khusus daerah perbukitan, skutik memerlukan torsi besar pada putaran tengah.

Hal tersebut lantaran umumnya ketika berakselerasi di tanjakan, putaran mesin lebih cenderung pada putaran tersebut. Bahkan hal ini berlaku untuk semua jenis motor jenis skutik.

“Untuk meningkatkan torsi di putaran tengah tersebut bisa dilakukan dengan cara mengganti roller dengan yang bobotnya lebih ringan 2 gr dari standar bawaan motor secara merata,” papar Sena.

Untuk itu, jangan sampai iselang-seling, sebab akan cenderung menimbulkan vibrasi.

Sedangkan untuk hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu terkait dengan cara menarik gas. Sena pun menyarakan unutk menggunakan metode partial opening throtle.

“Pakai metode partial opening throttle alias grip gas diurut,” lanjut Sena.

Ini Tips Agar Motor Matic Kuat Di Tanjakan

Ini Tips Agar Motor Matic Kuat Di Tanjakan

Sebagai tips lanjutan, berikut beberapa hal yang mungkin bisa diperhatikan. Dengan demikian, pengguna bisa tahu betul langkah selanjutnya yang bisa diambil.

  1. Cara yang paling sederhana untuk mengakali torsi pada putaran tengah, khususnya untuk motor standar, ialah dengan mengganti roller menggunakan yang bobotnya lebih ringan 2 gram. Hal ini bisa diganti secara merata.
  2. Sebaiknya celah klep agak dilonggarkan sedikit, setidaknya 0,01 hingga 0,02 mm. Semua tergantung selera dan kebutuhan.
  3. Tindakan ketika membuka gas, akan lebih baik diurut hingga putaran tengah, selanjutnya bisa dipelintir lebih dalam.
  4. Ukuran spuyer, khususnya main jet, akan lebih baik dinaikkan satu step guna menghindari mesin cepat overheat lantaran keseringan nanjak ekstrim.
  5. Cara yang paling seimbang ialah dengan upgrade performa mesin. Termasuk juga bore-up kapasitas silinder supaya tenaga dan torsi lebih meningkat. Dalam hal ini, otomatis mesin akan lebih kuat melintasi jalan menanjak.
baca juga  7 Tips PENTING Sebelum Modifikasi Motor Beat Kesayangan Kalian!

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami bahas, semoga bisa membantu dan memberikan tambahan referensi bagi yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *