Ini Dia Tips Agar Kopling Motor Empuk

Pada dasarnya mempunyai motor dengan kopling merupakan suatu kebanggan tersendiri ketika mengendarainya. Namun tidak sedikit pula yang mengeluh lantaran tuasnya terasa sangat keras.

Oleh karena itu, sangat diperlukan langkah sederhana untuk mengatasi tuas kopling yang kaku tersebut. Namun bagaimana langkah yang perlu diterapkan? Simak tutorial sederhana berikut ini.

Sebelumnya, anda harus tahu terlebih dahulu penyebab dari kerasnya kopling pada motor. Sehingga untuk lebih lanjut, anda bisa menerapkan langkah yang dibutuhkan.

Jika melansir dari beberapa sumber, kopling mengeras lantaran disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya mencakup tentang kabel yang terlipat (tertekuk), kawat mengalami korosi (karat), Bagian tuas bermasalah, dan juga suatu dampak dari modifikasi kopling.

Ini Dia Tips Agar Kopling Motor Empuk

Ini Dia Tips Agar Kopling Motor Empuk

Bagaimana cara mengatasi kopling supaya lebih empuk dan enak dioperasikan? Dibawah ini kami sudah merangkum cara-cara sederhana. Seperti apa? mari kita simak sama-sama hingga tuntas.

1. Periksa Alur Kawat Kopling

Memeriksa kawat ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada lekukan tajam atau sejenisnya. Sehingga jika memang ada, maka bisa dilakukan pelurusan kembali.

Caranya ialah dengan melepas kawat (kabel) kopling dan usahakan selurus mungkin.

2. Lepas Kawat Dan Beri Pelumas

Dalam hal ini, mencopot / melepas kawat kopling sangatlah mudah. Jika sudah dicek adanya lekukan, maka selanjutnya kawat dilumasi dengan oli.

Dianjurkan untuk menggunakan oli dengan SAE yang tinggi atau lebih encer. Sehingga pelumas bisa masuk pada seluruh ruang yang ada pada kabel kopling.

3. Beri Pelumas Pada Bagian Engsel

Mungkin tampak begitu sederhana, namun dengan memberi pelumas pada bagian engsel, tentu kinerja akan kembali lebih maksimal.

baca juga  Cara Mudah Merawat Motor Injeksi

Tidak hanya pada bagian tuas saja, melainkan juga bisa diterapkan pada bak kopling.

4. Ganti Pegas Kopling

Jika dengan mengikuti beberapa langkah diatas masih terasa keras, maka anda bisa mengganti pegas kopling dengan yang lebih ringan.

Sebab dengan seringnya pemakaian, tentu kinerja akan berubah, atau bahkan membuat berkendara merasa tidak nyaman.

Jadi penggantian pegas ini bisa meringankan kembali tarikan tuas kopling.

Sebagai penutup, jika kopling terasa ringan, tentu sensasi berkendara juga tidak membuat lebih cepat capek atau sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *