Ini Cara Merawat Agar Mika Lampu Tidak Cepat Menguning

Pada motor atau juga mobil bekas yang sudah berumur, salah satu masalah yang sering terjadi ialah terkait dengan mika lampu yang semakin menguning.

Hal tersebut tidak luput beberapa hal yang menjadi penyabab, yakni faktor usia, kotoran, atau hal lain yang memicu adanya perubahan warna pada mika lampu.

Oleh karena itu, supaya hal tersebut tidak terjadi. Maka sebenarnya ada tips sederhana untuk mencegah supaya mika lampu tidak kusam dan menguning, sehingga kaca tersebut tetap bening.

Ini Cara Merawat Agar Mika Lampu Tidak Cepat Menguning

Ini Cara Merawat Agar Mika Lampu Tidak Cepat Menguning

Menurut dari penjelasan Stefanus Yoga, selaku pemilik dari workshop detailing Detailworks Motospa. Masalah utama yang menyebabkan mika lampu tampak kusam ialah adanya kotoran dan kondisi basah.

“Yang pasti kalau permukaan mika lampu ada kotoran atau basah, harus langsung dibersihkan,” jelas Stefanus Yoga.

Sebagai tujuannya, ialah untuk mencegah kotoran tersebut, khususnya yang menempel pada mika, tidak mengering dan menjadi kerak pada lapisan permukaan.

Karena jika dibiarkan dalam waktu lama, maka kerak tersebut bisa berubah menjadi flek yang menyerap pada lapisan coating mika lampu, serta akan membuat mika menjadi kusam dan menguning.

Hal tersebut juga berkaitan dengan air yang menggenang pada permukaan mika lampu yang datar. Khususnya pada bagian atas.

Apabila motor dalam keadaan sudah dicuci, atau basah karena terkena air hujan. Maka akan lebih baik jika segera dikeringkan.

Pengeringan pun tidak bisa dilakukan sembarangan, menurut yang dianjurkan ialah mengeringkan dengan lap chamois atau kain microfiber.

baca juga  Tips Naik Motor Matic Di Tanjakan Dan Turunan

Tujuannya ialah supaya bisa menyerap air dan mencegah lecet, sehingga pengeringan akan memperoleh hasil maksimal.

“Kalau air dibiarkan, kotoran debu bisa nempel dan kalau mengering bakal menjadi bercak jamur,” jelas Yoga.

Terlepas dari itu, akan lebih baik jika menghindari pemasangan sticker pada bagian mika lampu. Hal tersebut lantaran hanya akan merusak lapisan coating ketika sticker sudah dilepas.

“Kalau lapisan coatingnya keangkat, mika lampu lebih cepat kusam saat terkena panas,” tegas Wandy Darmansyah, selaku pemilik bengkel Graphic Factory Sticker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *