Ingin Aman? Ini Tips Berkendara Motor Pada Musim Hujan

Berbicara mengenai tips aman berkendara motor ketika musim penghujan, tentu sebagian orang sudah paham dengan kondisi tersebut.

Namun tidak sedikit pula yang acuh dengan tingkat keamanan berkendara, sehingga bisa saja mengancam keselamatan diri sendiri, atau bahkan pengendara lain di sekitarnya.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika kita selalu mawas diri. Tujuannya ialah untuk berjaga-jaga supaya kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Ingin Aman? Ini Tips Berkendara Motor Pada Musim Hujan

Ingin Aman? Ini Tips Berkendara Motor Pada Musim Hujan
Foto : Istimewa

Melansir dari berbagai sumber, ada hal sederhana yang sepatutnya anda pahami. Beberapa diantaranya sudah kami rangkum pada rincian dibawah ini.

1. Selalu Persiapkan Jas Hujan

Meski terbilang sederhana, namun aksesoris pemotor yang satu ini wajib ada didalam jok motor. Sebab secara tidak langsung, jas hujan sangat diperlukan, khususnya untuk mencegah tubuh menjadi basah karena air hujan.

Tips lanjutan untuk mempersiapkan, akan lebih baik jika anda memilih jas hujan yang terpisah antara atasan dan bawahan.

Sebab jika menggunakan jenis raincoat ponco, masih bisa menjadi penyebab dari kecelakaan.

2. Berhati-Hati Dalam Berkendara

Ketika hujan sedang turun, maka diusahakan anda lebih berhati-hati dalam berkendara. Khususnya tidak berhenti secara mendadak, mengendari motor dengan kecepatan sedang, dan pilih area berteduh untuk bisa mengenakan perlengkapan anti hujan.

Jika anda terlalu terburu-buru, serta melakukan pengereman secara mendadak. Maka hal tersebut bisa saja mengancam keselamatan anda sendiri.

Sebab dalam kondisi jalan yang basah, tentu aspal akan terasa lincin dan membuat ban selip (tergelincir). Atau bisa saja anda terpeleset jatuh dan berpotensi tertabrak oleh pengguna jalan lain di belakang.

baca juga  Penting! Warna Cat Motor Seperti Ini Ternyata Gampang Pudar

3. Jangan Berkendara Dengan Tidak Mengenakan Helm

Helm salah satu elemen penting dalam menjaga keselamatan berkendara. Dalam hal ini, sudah sangat pantas jika anda tidak mengebaikan anjuran pemerintah dengan mewajibkan pengguna jalan raya menggunakan alat tersebut.

Dalam hal ini, helm fullface sangat dianjurkan ketika musim hujan. Selain mencegah air masuk dan mengenai wajah, tentu anda juga tidak akan kedinginan.

Sebagai tips tambahannya, akan lebih baik pula jika menggunakan helm dengan kaca bening. Sebab sangat cocok dengan kondisi mendung atau jalanan yang gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *