Cara Mudah Merawat Motor Injeksi

Motor injeksi mempunyai kelebihan dari sisi menggunakan bahan bakar yang lebih irit serta emisi gas buang yang sangat rendah bila disbanding dengan kendaraan yang tidak injeksi. Walaupun demikian, masih sangat banyak pengguna motor injeksi yang tidak mengetahui atau tidak memperhatikan dengan teliti kondisi motor yang mereka miliki.

Dengan perkembangan dunia otomotif yang semakin pesat Anda mesti tau cara-cara untuk merawat motor yang Anda miliki. Berikut terdapat beberapa tips untuk merawat motor injeksi kesayangan Anda.

Tips Mudah Merawat Motor Injeksi

Sumber Gambar : http://3.bp.blogspot.com/

1. Meriksa kondsi busi dan aki

Memeriksa kondisi aki dan busi juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan untuk merawat kendaraan Anda. Apabila kondisi busi dan aki sudah tidak layak digunakan, segera ganti sparepart sesuai standar motor Anda.

2. Memanaskan mesin motor

Memanaskan mesin motor di pagi hari atau sebelum digunakan merupakan hal yang wajib Anda lakukan, sebab oli butuh waktu untuk bisa menyebar keseluruh mesin motor agar motor yang Anda gunakan tetap berada di performa terbaiknya. Disarankan ketika akan memanaskan motor nyalakanlah motor Anda dengan kick starter dan jangan menggunakan electric starter.

3. Jangan sampai tank bahan bakar kosong

Bagi kendaraan injeksi sangat wajib diperhatikan di bagian ini, sebab jika tanki bahan bakar sampai kosong akan sangat mempengaruhi mesin nya terutama bagian injeksi nya, kemungkinan terburuknya bisa mengalami kerusakan parah.

4. Kendarai secara bijak

Menggunakan kendaraan dengan bijaksana sangat membantu Anda dalam merawat motor kesayangan Anda, jika di gunakan ugal-ugalan selain membahayakan orang lain dan diri Anda sendiri, motor injeksi Anda pun akan cepat mengalami kerusakan. Maka dari itu kendarailah motor Anda dengan bijak agar motor Anda tetap enak digunakan dan tahan lama.

baca juga  Ini Tips Agar Motor Matic Kuat Di Tanjakan

5. Ganti Oli secara rutin

Tidak hanya bahan bakar saja, pergantian oli pun menjadi sangat penting. Setidaknya setiap 5000 km jarak tempuh motor harus di ganti oli yang baru. Jika tidak, kondisi tersebut bisa dirasakan sendiri oleh pemilik kendaraan, biasanya tarikan motor sudah mulai terasa sedikit berat atau mesin kendaraan yang mengelurkan bunyi sedikit lebih kasar dari biasanya, berarti oli sudah minta diganti dengan yang baru.

6. Servis rutin

Motor yang memiliki injeksi akan sangat terawatt jika dibawa ke servis dengan rutin yakni bengkel resmi produk motor tersebut. Disana motor Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat dengan mekanik yang sudah terbiasa menghadapi motor injeksi seperti yang Anda miliki. Disarankan untuk setidaknya membawa motor Anda ke servis resmi setiap 2 bulan sekali.

Itulah tips mudah merawat kendaraan injeksi, semoga artikel ini dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin merawat motor injeksi kesayangan Anda di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *