7 TIPS Modifikasi Yamaha Jupiter MX Kamu Jadi Lebih NGEBUT!

Rate this post

Tips Modifikasi Yamaha Jupiter MX– Motor bebek merupakan jenis sepeda motor yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Dapat kita lihat sendiri di seluruh penjuru tidak jarang ditemui para pengendara Jupiter MX baik dengan keadaan mesin normal maupun tampilan modifikasi yang unik dan keren. Angka penjualan motor Yamaha Jupiter MX juga semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Berbicara tentang modifikasi yamaha Jupiter MX, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menyulap motor tunggangan Anda ke dalam tampilan yang menarik dan keren. Sebenarnya banyak alasan yang menjadi daya tarik dari motor bebek ini. Salah satunya dari segi bentuk bodynya yang ramping, desain jok yang nyaman untuk duduk, serta tawaran harga yang tidak terlalu mahal serta mudah untuk dijadikan motor modifikasi ke berbagai bentuk.

Biasanya tujuan melakukan suatu modifikasi terhadap motor adalah untuk mendapatkan tampilan body yang terlihat unik dan berbeda dengan yang lain. Selain itu, bisa juga dilandasi alasan agar kendaraan roda dua tersebut menjadi sepeda motor yang dapat berlari dengan kencang dan gesit.

Berkaitan dengan tujuan tersebut, penting sekali untuk menyimak 7 tips modifikasi yamaha Jupiter MX yang baik dan benar agar dapat melaju dengan lebih cepat dan kencang.

7 Tips Modifikasi Jupiter MX Agar Lebih Ngebut dan Irit Bahan Bakar

Cara-Modifikasi-Motor-Jupiter-MX
Cara Modifikasi Motor Jupiter MX

1. Gunakan Bore-up Keluaran X1R

Pertama kali yang bisa Anda upayakan dalam melakukan modifikasi motor Yamaha Jupiter MX tersebut adalah dengan memodifikasi pada bagian mesin motor. Rekomendasi pertama adalah dengan menggunakan bore-up keluaran X1R dengan diameter piston 62 mm. Dengan hal ini akan meningkatkan volume ruang bahan bakar menjadi 175 cc. Pemasangan sudah pas tanpa ada penyesuaian lagi.

baca juga  Cara Merawat Motor Injeksi Yang Praktis dan Simple

bore-up-jupiter-mx-x1r

2. Gunakan Noken As Jupiter MX Berlabel CLD

Kemudian agar bagian torsinya menjadi lebih bertenaga Anda bisa menggunakan noken as yang berlabel CLD dengan durasi 270 derajat. Sedangkan untuk bagian per klepnya bisa menggunakan yang lebih keras merek CLD.

noken-as-jupiter-mx-cld-racing

3. Modifikasi Knalpot

Selain pada komponen mesin, komponen lain juga lebih baik jika Anda ganti seperti bagian knalpot motor. Sebab knalpot sendiri memiliki peran yang cukup penting dalam membuat Motor Jupiter Anda dapat melesat lebih kencang.

Pada sistem pembuangan Anda bisa mengganti knalpot dengan knalpot CLD tipe C-2 berbahan full stainless yang dinilai memiliki kualitas lebih baik daripada jenis knalpot pada umumnya. Selanjutnya karena masih menggunakan karburator standarnya, agar pengaturan lebih sesuai, naikkan pilot jet menjadi 2 step. Dari standar ukuran 17,5 dinaikkan menjadi ukuran 22,5.

Namun dalam mengganti knalpot juga tidak boleh sembarangan dilakukan. Pelajari dahulu bagaimana cara mengganti knalpot motor yang baik dan benar. Jika Anda merasa ragu untuk melakukannya sendiri maka akan lebih baik untuk meminta bantuan pada ahlinya saja yang memang sudah pengalaman dalam urusan ganti mengganti knalpot motor.

4. Mengganti Per Kopling

Setelah mesin knalpot sudah diganti, selanjutnya hal yang tidak kalah pentingnya dalam modifikasi Jupiter MX agar dapat berlari dengan lebih kencang adalah mengganti per kopling mesin. Masih pada rekomendasi merk yang sama, gunakanlah per kopling racing yang berlabel CLD. Hal ini dimaksudkan agar sentakan awal lebih cepat yang bermanfaat untuk meningkatkan proses akselerasi bawah mesin  jug semakin maksimal.

Namun bagi Anda yang belum terbiasa mengandarai motor berkecepatan tinggi pasti masih merasa asing dengan setiap tendangan hebat yang dihasilkan dari pergantian per kopling tersebut. Sebab mengganti per kopling dengan merk CLD dapat dipastikan Motor yamaha Jupiter MX Anda akan menghasilkan tendangan yang super duper fantastik.

baca juga  Harga Yamaha Fazer-250 dan Spesifikasi Paling Baru Juli 2018

5. Mengganti Bagian Busi Mesin

Jika step modifikasi Jupiter MX di atas sudah Anda lakukan dengan baik dan benar, tiba saatnya untuk menuju dapur pembakaran mesin. Salah satu komponen terpenting dalam dapur pembakaran sepeda motor adalah pada bagian busi motor.

Jangan sampai salah dalam memilih busi motor Anda, sebab hal ini sangat berpengaruh terhadap sistem pembakaran yang nantinya menjadi pemicu penting dalam kecepatan laju motor. Hendaknya busi motor diganti dengan tipe platinum atau bisa menggunakan tipe iridium yang memiliki ujung elektroda runcing dan kualitasnya lebih baik dari merk busi standar.

6. Mengganti CDI

Sebelum berbicara ke step modifikasi Jupiter MX selanjutnya, ada konsekuen nyata yang harus Anda ketahui dari memodifikasi sepeda motor agar dapat melaju dengan lebuh cepat. Sebut saja dari segi pemakaian bahan bakar mesin. Tidak dapat dipungkiri motor yang semakin kenceng larinya biasanya boros dari segi bahan bakar.

Hal ini sudah menjadi rahasia umum yang bagi pengendara sepeda motor terlebih bagi motor modifikasi yang sudah mendapat banyak perubahan dan pergantian berbagai komponen aslinya. Tentunya konsumsi bahan bakar yang diperlukan juga semakin meningkat dan boros. Namun ada satu solusi terbaik dala  mengantisipasi hal tersebut. Penasaran kan?.

CDI-XP-301-MC-Stage-2-jupiter-mx

Tenang motor modifikasi Jupiter MX yang kamu lakukan untuk meningkatnya kecepatan laju motor yang berpotensi membuat konsumsi bahan bakar lebih boros dapat Anda atasi dengan mengganti CDI mesin dengan CDI adjustable. Sebaiknya pilih produk CDI XP 301 MC Stage 2 Andrion Series Limited Edition (LE) 4 Power. CDI XP 301 MC Stage 2 Andrion Series Limited Edition (LE) 4 Power ini dapat mengasilkan output DC stabil di 350 volt.

baca juga  4 Cara Ampuh dan Mudah Dalam Merawat Motor Klasik

Dengan mengganti CDI XP 301 MC Stage 2 Andrion Series Limited Edition (LE) 4 Power tersebut, Anda bisa menentukan seberapa tinggi advancer yang akan bekerja pada RPM. Selain itu Anda juga bisa menggunakan CDI Chetaah Power (CP) yang memiliki kelebihan pada bagian penyetingan program output mulai dari ukuran 380 volt, 425 volt, 500 volt, hingga 700 volt.

Dengan mengganti coil dan CDI mesin racing, dapat membantu sistem konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat dan tidak boros meski sudah mendapat berbagai sentuhan modifikasi motor Jupiter MX dengan pergantian berbagai komponen mesin ataupun mengganti ukuran kinerja dari elemen-elemen mesin tersebut.  Tetapi tetap memberikan akselerasi mesin yang jauh lebih cepat dari sepeda Motor Jupiter MX standar.

7. Mengganti Bahan Bakar

Setelah step-step diatas sudah Anda lakukan masih ada satu hal lagi yang wajib Anda ketahui sebagai upaya dalam cara modifikasi yamaha Jupiter MX menjadi sepeda motor yang melaju dengan kencang dan cepat, yaitu pada pemilihan bahan bakar yang digunakan.

Motor Jupiter MX memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi dibandingkan jenis motor yang lain yaitu mencapai 1:10,0 yang jika Anda menggunakan bensin premium maka tarikan mesin akan terasa begitu berat meski sudah dimodifikasi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda bisa mengganti bahan bakar mesin dengan bahan bakar octane 95 seperti Pertamax Plus. Hal ini akan membantu tarikan pada mesin menjadi lebih ringan daripada menggunakan jenis bahan bakar premium.

Lengkap dan mudah bukan tips dan cara modifikasi yamaha Jupiter MX agar dapat berlari dengan lebih cepat seperti motor balap?. Dengan motor modifikasi yang berlari lebih kencang tentu saja akan membuat Anda merasa lebih percaya diri saat mengendarainya.

Tags: