Cara Modifikasi Motor Yamaha RX-King Untuk Keseharian dan Road Race [RECOMENDED]

Rate this post

Modifikasi Motor Yamaha RX-King– Sekarang sedang marak yang namanya modifikasi motor. Nah, pada  esempatan kali kami akan mengulas sedikit informasi tentang tekhnik modifikasi motor RX-King. Motor RX-King yang merupakan satu dari beberapa motor legenda ini masih sangat diminati hingga saat ini. Motor yang saat ini produksinya sudah discontinue ini tercatat sebagai salah satu motor 2 tak terbaik di sejarah otomotif tanah air. Jadi, meski saat ini motor RX-King ini tak lagi diproduksi, namun jumlah peminatnya  masih sangat banyak.

Motor-Yamaha-RX-King
Motor Yamaha RX-King

Jika berbicara tentang modifikasi motor, sebenarnya tidak terlepas dari hubungan antara motor dan pemiliknya. Modifikasi motor sebenarnya tidak selamanya harus ribet, namun biasanya akan kembali ke pemilik motor. Ketika kalian ingin memodif motor kalian, maka kalian sendirilah yang harus menentukan segalanya, sesuaikan dengan apa yang kalian inginkan. Karena sesungguhnya modifikasi motor adalah masalah kalian dengan motor kalian.

Jika kalian ingin memodif motor RX-King kalian, tidak ada peraturan terikat yang harus kalian ikuti. Kalian bebas ingin melakukan apa terhadap motor kesayangan kalian, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kalian juga memerlukan contoh yang mungkin memang sebelum kalian memilih untuk memodif motor RX-King kalian, kalian sudah memiliki contoh yang ingin kalian ikuti. Karena saat ini memang sudah sangat banyak jenis dan tekhnik modifikasi motor yang sedang trend, jadi untuk mengikuti trend kalian harus mencari referensinya sendiri.

Untuk membantu kalian mencari referensi, seperti yang telah kami tulis di atas, maka kami akan memberikan sedikit informasi mengenai modifikasi motor RX-King. kami akan menyajikan yang menurut pengamatan kami adalah yang paling banyak digunakan oleh pecinta otomotif yang sering melakukan modifikasi terhadap motor RX-King-nya. Setelah membaca artikel kami kali ini, kali bisa langsung menerapkannya jika kalian suka.

baca juga  51 Gambar Terbaik Modifikasi Yamaha Aerox 155 Terbaru 2018

Berbicara soal modifikasi, baik untuk motor ataupun mobil, mau gaya klasik atau pun modern, semua akan terbagi menjadi 3 bagian. Yaitu ada modifikasi dibagian bodi, modifikasi dibagian mesin, dan juga modifikasi dibagian kaki-kaki. Kami akan memberikan masukan dan beberapa contoh mengenai cara modif motor RX-King kalian yang bisa kalian jadikan sebagai patokan untuk kegiatan modifikasi motor RX-King brada sekalian.

Modifikasi-Motor-RX-King
Modifikasi Motor RX-King

-Body

Pada bagian bodi motor RX-King kalian, sebenarnya hanya sedikit bagian atau sector yang bisa diberi sentuhan-sentuhan modifikasi. Meskipun demikian, sector inilah yang nantinya akan membawa pengarih besar pada penampilan motor RX-King kalian secara keseluruhan. Pada bagian ini kalian bisa memodifikasi hanya dibagian tangki, sector tempat duduk  dan juga dop dibagian samping.

Khusus pada bagian bodi terdapat 2 pilihan yang dapat kalian ikuti, yakni jenis modif minimalis/  modifikasi standar dan pilihan kedua yaitu jenis modifikasi ekstream. Untuk modifikasi standar, kami sarankan kepada kalian untuk tidak melakukan perubahan yang berlebihan pada komposisi tangki , tempat duduk (jok) dan tutup dop dibagian samping. Sedangkan untuk jenis modifikasi ekstream kalian bisa melakukan perubahan yang tidak biasa, seperti menanggalkan dop bagian samping, mengganti tngki bawaan motor dengan tangki yang menurut kalian lebih bagus dan lebih trendi. Intinya, jika kalian memilih modifikasi ekstream ini, kalian bisa melakukan perubahan sesuka hati kalian sesuai dengan selera kalian masing-masing.

Setelah melakukan kegiatan perubahan pada bagian bodi motor kalian, ada baiknya kalian melakukan pemberian warna atau pengecatan pada bagian bodi agar terlihat lebih apik. Kalian bisa mengcat dengan dua pilihan, boleh memberikan cat polos dan boleh juga melakukan pengecatan bermotif.

-Mesin

Sekarang kita beralih ke pembahasan mesin motor,  untuk melakukan tindakan modifikasi pada bagian ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Pada bagian ini kalian hanya perlu menentukan pilihan, apakah kalian ingin membiarkan mesin kalian tetap standard , ingin diubah sedikit untuk keseharian, atau bahkan diubah secara maksimal untuk road race.

baca juga  Ingin Modifikasi Motor Mio Agar Tampak Keren? Coba Deh 7 Tips Ini!

Pada umunya, aktivitas memodifikasi motor RX-King  dapat dilakukan dengan menggunakan tekhnik yang sangat sederhana, yakni membuat ukuran diameter pistor sedikit lebih besar (perubahan pada ukuran), membuat perubahan pada sistem pengapian, pengabutam pada bahan bakar dengan menggunakan part aftermarket atau part khusus guna keperluan balap, melakukan pembesaran diruang bakar dan juga melakukan perubahan dibagian rasio gigi.

Pada intinya brada-brada sekalian, semua kembai pada pilihan kalian masing-masing. Jika kalian ingin motor RX-King kesayangan dan kebanggaan kalian memiliki power yang gahar, maka kalian bisa menggunakan tekhnik modifikasi ekstream dengan melakukan over-size-piston maksimal, yakni over size 200, mengubah ukuran pada bagian sector ruang bakar dan fokur pada bagian ruang bakar, memperbesar sector pengabutan (konsekuensi: motor akan boros dalam mengonsumsi bahan bakar), mengganti bagian pengapian dengan pengapian khusus road race, sampai mengubah rasio gigi speed sesuai kebutuhan.

-Kaki-kaki

Pada bagian ini terdapat beberapa bagian atau sector yang dapat diberi sentuhan, yakni bagian velg, ban, shock breker, arm dan juga standar kaki. Untuk bagian ban dan velg, kalian dapat memadukan velg jenis jeruji 17 yang berukuran 140 dan ban yang beurukuran 250 atau 80/90 dibagian belakang. Pada bagian tromolnya, kami merekomendasikan untuk kalian agar menggunakan tromol standar untuk bagian belakang dan untuk bagian depan menggunakan tromol Kawasaki Ninja-SS Custom Drag. Namun jika ingin menggunakan tromol milik Kawasaki ini kalian harus mengambil konsekuensi dengan mengubah tapak caliper rem cakram bagian depan. Dengan perpaduan tromol bagian depan dan belakang ini akan membuat motor RX-King kesayangan kalian terlihat lebih gagah dan juga memiliki keseimbangan motor bagian depan belakang.

Selanjutnya kita membahas tentang arm dan shock breker, kalian bisa memilih arm dan shock breker standard dibagian depan . Untuk shock breker bagian belakang, kami menyarankan agar kalian menggunakan shock breker produk YSS atau Kayaba yang merupakan dua mek shock breker yang paling recommended. Khusus bagian arm, kalian bisa menggunakan arm custom yang bentuknya hampir sama dengan arm Ninja-150 KRR. Untuk menghasilkan kesan yang rapi dan bersih untuk bagian kaki-kaki motor, kalian bisa memberikan  sentuhan krom pada standar samping dan juga tengah, di arm, tabung sok bagian depan, nap gir bagian belakang dan dudukan pada tapak sepatu rem motor.

baca juga  Mau Modifikasi Yamaha Jupiter Z Yang Mudah? Begini Caranya!

Namun perlu kami ingatkan kepada kalian, bahwa kalian ingin melakukan aktivitas modifikasi terhadap motor kalian untuk seluruh sector mesin yang telah dituliskan di atas bahwa kalian harus menyiapkan biaya yang lumayan  besar. Sebenarnya, tanpa melakukan modifikasi pun, motor RX-King dalam keadaan standar pun sebenarnya sudah cukup gahar dan buas. Namun, jika kalian memang ingin modifikasi untuk keseharian saja, sebaiknya kalian memilih teknik modifikasi standar saja. Kecuali jika kalian ingin menggunakannya balapan, maka kalian bisa memilih modifikasi ekstream.

Demikianlah informasi singkat dari kami mengenai modifikasi motor RX-King Untuk Keseharian dan Road Race. Semoga dapat menambah wawasan brada and sista sekalian, dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua.

Tags: