Inilah 7 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tetap Prima (WAJIB TAHU)

Rate this post

Teknologi injeksi pada sepeda motor dapat dikatakan sebagai satu diantara sekian banyak wujud perkembangan yang membawa dampak positif bagi kehidupan manusia. Ya, jika dulu harus bersusah payah untuk bepergian, maka lain halnya dengan sekarang, dimana kemajuan teknologi akan selalu memudahkan Anda untuk menjangkau suatu tempat.

Nah, begitupun dengan terobosan baru injeksi yang menyuguhkan keistimewaan bagi penggunanya, yaitu penggunaan bahan bakar yang lebih irit ketimbang kendaraan bermotor yang belum menerapkan sistem injeksi. Eksistensi injeksi ini tentu tidak lepas dari kinerjanya yang profesional dalam mengontrol percampuran bahan bakar dan udara, serta proporsi komponen lainnya dalam mesin pembakaran dengan sangat apik.

Masalahnya, sedikit orang mengetahui bagaimana cara merawat motor injeksi yang benar. Padatnya jam kerja serta kesibukan sehari-hari tak jarang membuat mereka lupa bahwa kendaraan pun membutuhkan perawatan agar bisa melaju dengan prima, terutama pada bagian dalam mesinnya.

Meskipun begitu, patut menjadi catatan Anda bahwa motor tetap harus diperiksa secara berkala agar mesin motor matic tidak cepat rusak. Selain meminimalisir kemungkinan rusaknya komponen atau sistem, Anda juga dapat segera melakukan perbaikan atau membawanya ke bengkel apabila terjadi kerusakan pada komponen motor.

Agar tidak salah langkah, berikut ini modifikasimotorz.com berikan beberapa cara merawat motor injeksi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

7-Cara-Merawat-Motor-Injeksi-Agar-Tetap-Prima
7 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tetap Prima
  1. Cek Kondisi Aki

Aki menempati posisi yang signifikan dalam menentukan ketangguhan motor. Sebab pada komponen inilah prima atau tidaknya sebuah motor terlihat. Oleh sebab itu, Anda pun harus rajin memeriksa aki motor Anda. Pahami dengan benar kapan aki motor harus diganti dengan yang baru.

Di sisi lain, pilihan jenis aki, entah aki kering atau basah juga wajib Anda pertimbangkan dengan sejumlah nilai plus yang terdapat pada kedua jenis aki tersebut.

baca juga  2 Cara Mudah Meperbaiki Motor Injeksi Dengan Benar

Cara merawat motor injeksi ini tidak terlepas dari teknologi injeksi yang sangat bergantung pada aki saat mesin dihidupkan pada proses pembakaran. Pastikan Anda selalu siap dengan budget apabila aki sudah masanya untuk diganti.

  1. Busi

Komponen ini merupakan pemantik api yang penting saat proses pembakaran mesin. Untuk itu, mutlak bagi Anda agar Anda selalu memeriksa busi secara teratur, dengan tujuan proses pembakaran pada mesin bisa berjalan dengan optimal.

Apabila busi bermasalah, bukan saja pembakaran yang akan berakibat pada mesin motor Anda yang mesti Anda tanggung, namun juga performa mesin yang turun drastis dan membuat motor kesayangan Anda berpotensi mogok sewaktu-waktu.

Jika busi motor tidak bisa berjalan secara maksimal, maka bukan tidak mungkin Anda harus merogoh kocek untuk memperbaiki kerusakan atas kesalahan Anda ini. Cara merawat motor injeksi ini dapat Anda lakukan setiap satu bulan sekali.

  1. ECU (Engine Control Unit)

ECU adalah jeroan dari sistem injeksi pada motor. ECU mengatur keselutruhan unit injektor, baik pada jumlah bahan bakar yang diperlukan maupun buka tutup klep injektor. Komponen ini juga memegang kendali sebagai proteksi pada sistem, dimana saat terjadi kesalahan ECU akan menerima signal dan menonaktifkan sistem agar tidak terjadi kerusakan yang fatal.

Pengetahuan mengenai perawatan motor yang tepat sebenarnya juga berdampak pada stamina ECU yang apabila tidak dijaga dengan benar maka berpotensi membuat motor mogok. Jadi cara paling aman untuk mencegah mogoknya motor ialah dengan meluangkan waktu Anda menilik kondisi ECU pada motor Anda.

  1. Servis Secara Berkala

Tips yang selanjutnya ini juga tak kalah penting. Bahkan mengingat posisinya yang sangat berpengaruh terhadap ketangguhan motor, perusahaan bahkan dealer tempat Anda membeli motor sampai memberikan garansi servis motor sebanyak tiga kali.

baca juga  Cara Mengganti Oli Gardan Yang Baik dan Benar Untuk Motor Matic

Dengan rutin melakukan pengecekan ini, Anda bukan saja menyelamatkan motor Anda dari ketidaknormalan mesin bahkan sistem di dalamnya, namun juga menambah performa agar motor Anda dapat menenami aktivitas harian Anda.

Cara merawat motor injeksi ini dapat Anda lakukan tiap tiga bulan sekali. Usahakan untuk menservis motor Anda di bengkel resmi, selain pelayanannya yang lebih mumpuni, Anda pun tidak akan memperoleh sparepart abal-abal yang dapat mengacaukan kondisi motor Anda.

  1. Bahan Bakar

Harga membawa rupa. Benar sekali, peribahasa ini memang rasanya tidak menutup fakta bahwa sesuatu yang dibanderol dengan harga lebih mahal membawa dampak yang lebih baik juga. Hal ini tercermin dari penggunaan bahan bakar dengan kandungan oktan yang rendah. Sebagai solusinya, Anda dapat mengganti bahan bakar dengan oktan 90 ke atas atau pertamax.

Kadar oktan yang tinggi ini akan menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor. Sementara itu, menghindari bahan bakar dengan oktan yang rendah sebetulnya juga mengamankan motor Anda dari gangguan kerusakan yang berpotensi memicu kerusakan fatal hingga menurunkan performa mesin itu sendiri.

  1. Pelumas/Oli

Oli minimal diganti setiap kilometer atau 2 bulan sekali. Namun misalkan Anda belum menempuh jarak hingga 1000 km namun sudah waktunya ganti, maka Anda pun wajib mengganti pelumas untuk motor Anda.

Banyak sekali merk oli yang bisa Anda jumpai di pasaran, dengan banderol harga yang berbeda, Anda tentu harus mahir memilih tipe dan jenis oli seperti apa yang recomended untuk Anda jadikan sebagai cara merawat motor injeksi favorit Anda.

Tak hanya itu saja, pemahaman Anda mengenai mesin pun mutlak Anda perhitungkan mengingat oli akan bekerja melumasi mesin secara maksimal apabila sesuai dengan karakter mesinnya.

  1. Tangki Bahan Bakar

Langkah memastikan ketangguhan motor injeksi yang selanjutnya ialah mengecek tangki bahan bakar. Untuk trik yang satu ini mungkin bahkan luput sekali dari perhatian Anda, terutama jika dalam keseharian Anda disibukkan dengan segudang deadline yang mesti Anda selesaikan.

baca juga  5 Cara Jitu Membuat Motor Hemat Bahan Bakar

Namun pemeriksaan ini menduduki rating yang signifikan. Jangan sampai tangki pada motor injeksi kosong, karena kekosongan pada tangki ini dapat menyebabkan kotoran mudah terserap ke dalam injektor dan akan menghambat kinerja mesin.

Untuk melihat kondisi tangki, Anda dapat mengandalkan jarum bensin pada speedometermotor. Budayakan untuk mengisi bensin saat jarum sudah menunjukkan ketersediaan bahan bakar yang menipis.

Cara merawat motor injeksi ini sebetulnya tidak terlalu sulit, hanya saja Anda memang harus mengorbankan waktu dan tenaga. Cek lagi jadwal servis yang memang harus Anda lakukan dengan teratur. Rekomendasi bengkel resmi merupakan tempat yang patut Anda sambangi.

Selain mengutamakan pelayanan maksimal pada para pelanggannya, biasanya Anda juga akan memperoleh referensi mengenai program unggulan mereka hingga bagaimana langkah menjaga performa motor Anda.

Di samping lebih terjamin, Anda pun dapat memasukkan kritik Anda pada bagian kotak saran apabila Anda menjumpai service yang kurang berkenan di hati. Dengan begitu pihak dealer akan segera memperbaiki kesalahan mereka.

Jaminan mengenai spare part dengan mutu dan kualitas terbaik yang pas dengan mesin dan komponen motor matic pun dengan gampang Anda dapatkan. Itulah tujuh cara merawat motor matic injeksi agar selalu awet dan mudah untuk dilakukan. Selamat mengaplikasikan.

Tags: