Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Kinclong

Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Kinclong pada dasarnya sangatlah mudah jika diterapkan dengan benar. Meski hanya sebuah benda, ternyata motor juga membutuhkan kasih sayang, supaya kondisinya tetapt awet dan terawat.

Nah dalam langkah merawat cat atau body motor, bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah dan murah. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, khususnya jika hanya ingin membuat tampilan motor tetap kinclong.

Akan tetapi meski terbilang murah, namun tidak sedikit pula pemilik motor yang merasa malas untuk melakukan perawatan. Dengan demikian, banyak motor baru dengan usia cukup muda, sudah tampak kotor dan kusam.

Sedangkan dari sisi pandangan, cat merupakan poin penting untuk dirawat apabila menginginkan motor selalu mengkilap. Oleh karena itu, disini kami akan berbagi tentang cara menjaga motor agar selalu tampak seperti baru.

Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Kinclong

Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Kinclong
Merawat Cat Motor / Foto : foto: motorcycle-central.com

Langkah yang paling penting ialah dengan menjaga kebersihan, memilih tempat parkir yang tepat, memanfaatkan pengkilap, dan juga menghindarkan body motor dari bahan kimia berbahaya. Lebih lengkapnya bisa simak pada rincian dibawah.

1. Menjaga Kebersihan Dengan Lebih Rutin Mencuci Motor

Menjaga kondisi motor tetap bersih, setidaknya dengan mencuci satu minggu sekali, maka debu beserta kotoran yang menempel akan lebih mudah dihilangkan. Begitupun sebaliknya, jika tidak dibersihkan, maka kotoran akan melekat sempurna pada cat yang pada akhirnya susah dihilangkan.

Tambahan tips sebelum mencuci motor, usahakan menggunakan gabus dan sabun khusus untutk motor. Tujuannya ialah untuk mencegah body motor tergores atau sejenisnya.

baca juga  8 Tips TERBAIK Merawat Mesin Motor Matic Injeksi Jadi AWET!

2. Memilih Tempat Parkir Yang Teduh

Paparan sinar matahari secara langsung, akan membuat cat body motor cepat buram (pudar). Oleh karena itu, akan lebih baik jika memilih tempat parkir yang teduh.

Apabila memang terpaksa, maka jangan lupa untuk menggunakan penutup (pelindung) dari paparan sinar matahari.

3. Manfaatkan Pengkilap Khusus Cat Motor

Penggunaan pengkilap cat motor, merupakan langkah yang sangat direkomendasukan. Sama halnya seperti pelembab, pengkilap ini juga berperan sebagai pelindung dari body motor.

Namun penggunaan secara terus-menerus, mungkin juga perlu dihindari. Pasanya bisa saja bahan yang digunakan mengikis ketebalan cat, yang pada akhirnya berdampak buruk.

4. Jangan Menggunakan Zat Kimia Berbahaya

Tidak sedikit pengguna motor yang belum sadar bahwa mereka menerapkan cairan yang salah pada body motor. Seperti halnya senyawa asam atau pewarna yang tidak dianjurkan untuk dioleskan langsung.

Meski mempunyai niat untuk merawat, justru dengan langkah yang salah justru membuat body motor semakin rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *